Sabtu, 04 Desember 2021

Beri Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Bagi Remaja, Kakanwil:  Persiapkan Ilmunya, Menikah pada Waktunya

  • Kamis, 25 November 2021 15:45 WIB

Tirawuta (Humas Sultra) --- Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sultra, H. Zainal Mustamin mengatakan pentingnya diadakan kegiatan bimbingan pra nikah bagi remaja agar memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang pernikahan yang baik sesuai dengan syariat Islam dan undang-undang pernikahan yang berlaku.

Dihadapan siswa SMKN 1 Tirawuta Kolaka Timur, Kakanwil mengungkapkan data membuktikan dari 100 pernikahan, terdapat 40 persen perceraian yang sebagian diantaranya adalah mereka yang melakukan pernikahan dini.

"Maka persiapkan dulu ilmunya dan menikahlah pada saatnya, maka kalian akan menikmati pernikahan yang penuh kebahagiaan," terang Kakanwil pada kegiatan Bimbingan perkawinan pra nikah bagi remaja tingkat kab. Kolaka Timur, Kamis (25/11), bertempat Aula SMKN 1 Tirawuta. 

Kakanwil mengingatkan tugas remaja sebagai calon pemimpin masa depan untuk 
terus mempersiapkan diri dengan belajar sungguh-sungguh. Remaja memiliki banyak tantangan dan cobaan yang harus hadapi,  karena orang besar lahir dari tantangan, jika tidak  menyukai tantangan dan cobaan, tidak akan menjadi pemimpin masa depan," terangnya. 

Karena itu, Kakanwil menitip harapan kepada para remaja untuk menjadi pribadi yang sabar dan santun, jadi pribadi baik.

"Sayangi orang tua anda, keluarga anda, dari sekarang pertahankan semua itu, menjadi anak anak yang saleh, memiliki  pribadi yang baik sebagai contoh pimpinan dimasa depan," sambungnya.

Olehnya itu, Kakanwil berharap kepada peserta agar kedepan sebelum menuju perkawinan sudah menjadi pribadi yang mandiri sebagaimana Rasulullah SAW yang memiliki penghasilan sendiri, bisa menghasilkan rejeki dengan jalan yang halal.

"Jangan terjerat dengan narkoba karena narkoba merusak diri juga mematikan akal, dan haram hukumnya di dalam agama orang yang merusak dirinya," harap Kakanwil.

Hadir pada Kesempatan ini, Ketua Dewan Pakar BP4 Prov. Sultra, KH. Muslim, dan Ketua BP4 Prov. Sultra, KH. Ryha Madi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kolaka Timur, Ahmad Lita Rendelangi, Kabid Penmad Kemenag Sultra, H. Muhammad Saleh dan segenap pejabat eselon IV lingkup Kemenag Sultra.

Sumber : -
Penulis : Nisa Nurhayati. S. IK
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 87 kali