Sabtu, 04 Desember 2021

Kakanwil Kemenag Sultra Pimpin Upacara Hari Guru Nasional Ke 76

  • Kamis, 25 November 2021 10:10 WIB

Kendari (Humas Sultra) --- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Prov. Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Zainal Mustamin memimpin upacara Hari Guru Nasional (HGN) ke 76 Tahun 2021, Kamis (25/11/2021).

Dipusatkan di Pelataran MAN 1 Kendari, upacara tersebut dihadiri oleh para pejabat administrator Kanwil Kemenag Sultra, Plt.Kankemenag Kota Kendari, para Pengawas Madrasah,  para JFU dan JFT Kanwil Kemenag Sultra, serta Kepala Madrasah dan RA di Kota Kendari.

Dalam sambutannya, Kakanwil menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada semua guru, tenaga kependidikan, pemerintah daerah, para pemangku kepentingan pendidikan yang telah menciptakan perubahan dan inovasi yang sangat luar biasa karena semangat juang yang tinggi dan kesabaran para guru semua, pembelajaran bisa terus berjalanan meski dengan segala keterbatasannya. 

Kakanwil mengungkapkan bahwa hampir dua tahun terakhir wajah pendidikan khususnya madrasah dan RA sedikit kusam dan lebih mengerut daripada tahun-tahun sebelumnya, karena imbas pandemi Covid 19 yang melanda Indonesia dan seluruh dunia. 

Kondisi ini diungkapkan Kakanwil membuat para guru harus terus berupaya untuk beradaptasi dengan situasi, kondisi, serta sistem belajar mengajar guna membantu  dan mengantar siswa ke gerbang pintu masa depan dengan ilmu pendidikan yang bermanfaat, hal tersebut menciptakan lahirnya pembelajaran daring, sistem pembelajaran jarak jauh, hingga pembelajaran tatap muka terbatas, namun tidak mematahkan semangat para guru untuk bisa terus mengabdi pada negara.

" Karena Guru Indonesia giat dan dan aktif mencari solusi terbaik demi berlangsungnya pembelajaran di masa pandemi dengan sikap positif dan semangat pantang menyerah ," ungkap Kakanwil

Lebih lanjut, H Zainal Mustamin berharap dengan karakter yang sabar dan pantang menyerah dalam pendidikan, membawa guru untuk bergerak memberikan energi positif, menjadi pribadi yang baik, berpengetahuan, dan punya keterampilan yang dapat diandalkan dalam kehidupan sehari-hari juga menjadi keteladanan untuk anak-anak penerus bangsa. 

Melalui peringatan Hari Guru Nasional yang jatuh pada tanggal 25 November, Kakanwil juga menyerukan untuk selalu menggaungkan semangat  kepedulian dengan balutan sikap optimis untuk kembali memulihkan negeri sesuai tema HGN tahun ini "Guru Peduli Cerdaskan Anak Negeri."

Tema tersebut menurut Kakanwil akan terus digaungkan oleh Kanwil Kemenag Sultra melalui gerakan "Kemenag Sultra Bersahabat" dalam rajutan bingkai 3B, Bersama, Bersatu, Bersaudara. 

"Mari kita bergandengan tangan bergerak bersama-sama untuk memulihkan kembali pendidikan Madrasah di Bumi Anoa yang kita cintai ini," pungkasnya. 

Sumber : -
Penulis : Nisa Nurhayati. S. IK
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 179 kali