Sabtu, 04 Desember 2021

Peserta KSM Sulawesi Tenggara Jalani Pemusatan Latihan, Ini Pesan Kakanwil

  • Selasa, 19 Oktober 2021 20:12 WIB

Kendari, (Humas Sultra) --- Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara, melalui Bidang Pendidikan Madrasah mulai mempersiapkan para juara Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Provinsi untuk berlomba di ajang KSM di tingkat Nasional.

Pemusatan Latihan Peserta KSM tingkat Nasional Tahun 2021 lingkup Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara ini, dibuka secara resmi oleh Kakanwil Kemenag Sultra, H. Zainal Mustamin, selasa, (19/10).

Kakanwil Kemenag Sultra, H. Zainal Mustamin dalam arahannya mengatakan bahwa menghadapi KSM Tingkat Nasional Tahun 2021 yang akan segera berlangsung, harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

Dirinya menjelaskan persiapan KSM yang hari ini dilakukan, merupakan salah satu cara kita untuk bisa mendapatkan prestasi pada kompetisi tersebut, karenanya prestasi adalah suatu citra diri bagi seseorang. 

"Apa yang kita lakukan itu harus terukur, karena sesuatu yang terukur bisa dievaluasi, dari evaluasi bisa ditingkatkan, dan sesuatu yang bisa ditingkatkan itu menunjung kemajuan, khususnya di dunia pendidikan," ungkap Kakanwil. 

Kakanwil juga menjelaskan bahwa prestasi bukan sekedar pada capaiannya saja, namun lebih jauh diungkapkan Kakanwil yaitu tentang bagaimana menciptakan iklim prestasi pada setiap individu dan dilingkungan sekolah. 

"Iklim tersebut harus diciptakan dan dibentuk agar supaya sistem yang sudah dibangun dengan sendirinya akan terus berkomitmen untuk melahirkan prestasi," ungkap Kakanwil. 

Untuknya itu, Kakanwil mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan momentum mempersiapkan diri secara maksimal, karena proses yang baik, akan menghasilkan hasil yang baik pula. 

Kakanwil kemudian berpesan kepada peserta KSM Sultra yang akan melaju pada tingkat Nasional nantinya agar mempersiapkan diri mulai pada kesiapan mental, kesiapan kompetensi, juga kesiapan psikologi. 

Dijelaskan Kakanwil bahwa KSM hanya sebagai wadah atau tujuan antara bagi peserta, namun tujuan utamanya yaitu adanya budaya belajar yang kuat yang terus mengembangkan bakat dan keterampilan.
 
"Saya yakin KSM asal Sultra bisa mengharumkan nama Prov. Sultra, tampilah  maksimal, jika ikhtiar sudah kita lakukan maka bertawakalah kepada Allah untuk hasil terbaik," pesan Kakanwil.

Sementara itu, Kepada Bidan Penmad Kanwil Kemenag Sultra, H. Muhammad Saleh menjabarkan bahwa peserta peserta KSM Sultra yang akan melaju ditingkat nasional yakni sebanyak 11 orang.

"Dengan rincian pada jenjang MI sebanyak 2 orang, MTs 3 orang, dan MA 6 Orang," jelas Muhammad Saleh.

Muhammad Saleh memaparkan terkait pelaksanaan KSM Tingkat Nasional Tahun 2021 bahwa pembukaan KSM Tingkat Nasional Tahun 2021 akan dilakukan uji coba yang dilanjutkan dengan pembukaan dipusatkan di Aula Kanwil Kemenag Sultra pada tanggal 23 Oktober 2021, dan untuk pelaksanaan KSM Tahun 2021 akan dialokasikan di MAN 1 Kendari tanggal 24 s.d 25 Oktober 2021.

Kegiatan persiapan KSM Tingkat Nasional tersebut, dijelaskan Muhammad Saleh akan dibantu dan dibimbing oleh para dosen dari Universitas Halu Oleo Kendari.

Sumber : -
Penulis : Nisa Nurhayati. S. IK
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 154 kali