Sabtu, 04 Desember 2021

Keluarga Besar Nahdlatul Ulama Sultra bersama Kemenag Sultra Gelar Bakti Sosial dan Anjangsana Memperingati Hari Santri Nasional 2021

  • Selasa, 19 Oktober 2021 15:40 WIB

Kendari, (Humas Sultra) --- Keluarga Besar Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara (Sultra), bersama Kanwil Kementerian Agama Prov. Sultra melakukan Bakti Sosial dan Anjangsana dalam rangka Peringatan hari Santri Nasional 2021, selasa, (19/10).

Pada kesempatan tersebut, tim relawan berkesempatan menyerahkan bantuan sembako ke sejumlah pondok pesantren di wilayah Kota Kendari, antara lain Ponpes Ulumul Qur'an, Ponpes Mambaus Sholihin dan Ponpes Darul Mukhlisin Kota Kendari.

Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Prov. Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Zainal Mustamin sekaligus sebagai Khatib Syuriah Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Sulawesi Tenggara (Sultra) turut hadir mengikuti anjangsana ini. 

Kakanwil Kemenag Sultra, H. Zainal Mustamin menjelaskan bahwa bakti sosial dan anjangsana tersebut merupakan bentuk silahturahmi juga komitmen bersama  Kanwil Kemenag Sultra dan PCNU berkenaan pada peringatan Hari Santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2021.  

Dikatakan Kakanwil bahwa para santri memiliki peran besar dalam meraih kemerdekaan Republik Indonesia pada masanya. Hal ini menjelaskan bahwa kegiatan ini juga dimaknai guna mengenang perjuangan para santri dalam mempertahankan kemerdekaan.

Kepada para santri, Kakanwil mengungkapkan bahwa bentuk perjuangan  para santri hari ini dalam mengisi kemerdekaan adalah dengan giat belajar dan mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin masa depan. 

Dikatakan Kakanwil bahwa para santri harus menjadi pribadi yang kokoh, kuat, giat belajar, disiplin, agar menjadi penerus dan pemimpin masa depan yang memiliki keseimbangan ilmu agama dan ilmu pengetahuan lainnya.

Untuknya itu, Kakanwil berharap kepada para santri untuk  istiqomah menjadi santri-santri terbaik.

"Jadilah kebanggaan orang tua, sekaligus menjadi kebangsaan bagi bangsa dan negara," jelas Kakanwil.

Sementara itu, Ketua PNCU Kota Kendari, H.Muhammad Saleh mengungkapkan bahwa bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian Kanwil Kemenag Sultra bersama dengan PCNU Kota kendari untuk berbagi sekaligus memperingati hari Santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2021.

Dirinya berharap bahwa bantuan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi para  santri.

Kesempatan berbahagia ini kehadiran tim ini disambut masing masing pengasuh Pondok Pesantren. Untuk Ponpes Ulumul Qur'an Kendari, diterima oleh KH. Djakri Nappu, untuk Ponpes Mambaus Sholihin Kendari, diterima oleh KH. Fachrul Rozi dan Ponpes Darul Muklisin Kota Kendari, diterima oleh Kyai Djamaluddin.

Sumber : -
Penulis : Waliullah. S. IP
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 174 kali