Sabtu, 04 Desember 2021

Hari Terakhir Lomba, Kemenag Muna Gelar Final Fahmil Qur'an

  • Selasa, 19 Oktober 2021 10:11 WIB
Final Lomba Fahmil Qur'an Dalam Rangka Hari Santri Nasional Tahun 2021, di Aula Kantor Kemenag Kab. Muna, Senin, 18 Oktober 2021.

Raha (Humas Sultra) --- Musabaqah Fahmil Qur'an adalah jenis lomba pemahaman atau pendalaman Al Qur'an dengan penekanan pada pengungkapan ilmu Al Qur'an dan pemahaman kandungan ayat dalam bentuk cerdas cermat. Materi disajikan dalam bentuk soal yang terdiri atas dua macam, yaitu soal regu dan soal lontaran (rebutan).

Hari Senin (18/10), adalah hari terakhir pelaksanaan lomba keagamaan bernuansa Islami dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2021, yang digelar  Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten (Kab) Muna, melalui Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD dan Pontren), sejak hari Selasa, 12 Oktober hingga Senin18 Oktober 2021 di Aula Kantor Kemenag Kab. Muna.

Kegiatan terakhir yang dilaksanakan adalah Final Lomba Fahmil Qur'an, yang mempertemukan regu-regu yang memperoleh nilai tertinggi dari para peserta sejumlah 51 regu,  yang terdiri dari 23 regu Putra dan 28 regu putri.

Adapun regu-regu yang mendapatkan juara adalah sebagai berikut:

- Regu Putri yaitu:
1. Madrasah Aliyah (MA) Subulussalam, Desa Ghonsume, jumlah nilai 1550,
2. Pondok Pesantren (PP) Subulussalam, Desa Ghonsume, jumlah nilai 1025, dan
3. PP Al Ikhlas Raha, Desa Labunti, dengan perolehan nilai 800.

- Regu Putra, yaitu:
1. PP Ibnu Abbas, jumlah nilai 900,
2. Sekolah Menengah Atas Negeri  (SMAN) 1 Raha, jumlah nilai 750, dan
3. SMA Swasta Ibnu Abbas Raha, jumlah nilai 625.

Dikonfirmasi usai lomba, Kepala Seksi PD dan Pontren, selaku penanggung jawab kegiatan lomba, Drs. Hasan Singku, M.Si, mengatakan bahwa, pada hari ke 7 pelaksanaan lomba, telah berlangsung babak Final cabang Fahmil Qur'an.

"Dibabak final ini, para peserta telah memperlihatkan kemampuan masing-masing, baik pada saat soal regu maupun pada saat soal lontaran/rebutan.
Dari 10 soal regu yang disiapkan panitia, hampir semua dijawab oleh para finalis. demikian pula dengan soal lontaran/rebutan," ungkapnya.

Selaku penanggung jawab, Hasan Singku merasa bangga melihat penampilan peserta yang telah menguasai materi 90%, padahal materi atau paket soal Fahmil Al Qur an yang disiapkan berjumlah 114 halaman, dengan waktu kurang lebih 1 bulan.

"Semoga ilmu yang didapat lewat kegiatan ini dapat bermanfaat buat diri peserta khususnya dalam rangka peningkatan kualitas iman dan takwa," lanjutnya.

"Untuk itu saya berharap kepada seluruh pembina untuk selalu menfasilitasi, mendorong dan memotivasi anak didik/santri, dan siswanya untuk selalu belajar, dan berlatih agar mereka  tetap menguasai dan memahami materi Cerdas Cermat Isi kandungan Al Qur'an," tambahnya.

"Begitu pula buat anak-anakku sekalian, janganlah berhenti untuk belajar, dan berlatih karena apa yang kita pelajari pada materi Fahmil Qur'an ini  manfaatnya tidak sedikit, disamping untuk mendapatkan ilmu, juga in syaa Allah, kita akan mendapatkan pahala dari Allah SWT," pungkasnya.

Bertindak sebagai Dewan Hakim, Drs. Hasan Singku, M.Si, La Ode Kode, S.Ag, M.Pd, Wa Ode Sitti Sahriah, S.Ag, M.Pd, Naspawati, S.Pd I, M.Pd, Novisantri Dwistika Aris, S.Kom, dan Muhammad Ramadhan, A.Ma, Pd I.

Sumber : -
Penulis : Drs. La Ode Yadi/Kemenag Kab. Muna
Editor : Syech
Dibaca : 122 kali