Sabtu, 04 Desember 2021

Momentum HSN 2021: Lomba Fahmil Qur'an Digelar Hari Keenam

  • Minggu, 17 Oktober 2021 22:03 WIB
Pelaksanaan Lomba Fahmil Qur'an Sesi Pertama Dalam Rangka Menyemarakkan HSN 2021, di Aula Kantor Kemenag Kab. Muna, Ahad, 17 Oktober 2021.

Raha (Humas Sultra) --- Lomba Fahmil Qur'an dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2021, sesi pertama digelar pada hari keenam (6) dalam pelaksanaan lomba bernuansa Islami yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten (Kab) Muna, melalui Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD dan Pontren), Ahad (17/10) di Aula Kantor Kemenag Kab Muna.

Lomba Fahmil Qur'an ini dibuka
Kepala Seksi (Kasi) PD dan Pontren Kantor Kemenag Kab. Muna, selaku penanggung jawab kegiatan, Drs. Hasan Singku, M.Si.

Dikonfirmasi usai kegiatan lomba, Hasan Singku mengatakan bahwa, pada hari ke 6 ini, kita memperlombakan Cabang Fahmil Qur'an atau yang biasa disebut dengan lomba Cerdas Cermat Isi Kandungan Al Qur'an, dengan peserta Putra 23 Regu dan Putri sebanyak 30 regu. 

"Cabang Fahmil Qur'an adalah salah satu jenis lomba pemahaman atau pendalaman Al Qur'an dengan penekanan, pengungkapan ilmu Al Qur'an dan pemahaman kandungan ayat dalam bentuk Cerdas Cermat," ujarnya.

Adapun tujuan dilaksanakan lomba Cabang Fahmil Qur'an ini ungkap Hasan Singku, adalah:
1. Meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan kandungan Al Qur'an.
2. Meningkatkan ukhuwah Islamiyah antar peserta se Kab. Muna.
3. Melestarikan seni dan budaya Qur'ani bangsa Indonesia.

"Selanjutnya  saya mengajak kepada seluruh peserta, untuk banyak bersyukur kepada Allah SWT. karena telah banyak memberikan nikmat kepada kita semua sehingga masih bisa mengikuti kegiatan ini," lanjutnya.

"Oleh karena itu mari kita manfaatkan momentum ini dengan niat yang tulus agar kita selalu mendapatkan pahala dari Allah SWT, karena kegiatan atau ibadah apa saja yang kita kerjakan didunia ini, tanpa dibarengi dengan niat yang ikhlas maka ibadah kita akan menjadi sia-sia," pungkasnya.

Kepala Kemenag Muna, Drs. H. Kammarudin, M.Si, sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini.

"Semangat dan antusias peserta, official/pembimbing, dan orang tua santri, bak semangat jihad para pejuang-pejuang bangsa kita pada saat itu dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari para penjajah," ujarnya.

Ucapan terima kasih kepada para peserta, official/pembimbing, panitia, dewan hakim, dan terkhusus kepada Kasi PD dan Pontren, yang tidak mengenal lelah, dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab ini, dalam rangka menyemarakkan HSN Tahun 2021," pungkasnya.

Sumber : -
Penulis : Drs. La Ode Yadi/Kemenag Kab. Muna
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 48 kali