Sabtu, 04 Desember 2021

Wujudkan Pelayanan Mudah dan Cepat, Kemenag Baubau Siapkan Pembayaran Nikah Berbasis Digital

  • Sabtu, 16 Oktober 2021 04:47 WIB
H. Rahman Ngkaali (tengah) sebagai pembicara saat FGD Revitalisasi KUA dan Peningkatan Capacity Building Penghulu di Baubau

Baubau (Humas Sultra)--- Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Baubau sedang menelusuri, mempelajari untuk menyiapkan kemungkinan pembayaran biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) peristiwa Nikah di KUA Kecamatan Se- Kota Baubau menggunakan transaksi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Penulusuran transaksi melalui QRIS untuk memastikan, mewujudkan pelayanan yang lebih mudah dan cepat seiring dengan berkembangnya teknologi transaksi berbasis digital.

Metode pembayaran berbasis digital ini menggunakan sistem barcode yaitu Quick Response Code Indonesian Standard atau disingkat QRIS.

Insya Allah prosesnya lebih cepat dan aman, kata, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Baubau, H. Rahman Ngkaali, didampingi Kasi Bimas Islam saat Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Revitalisasi KUA dan Peningkatan Capacity Building Penghulu, dihadiri Pimpinan Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Baubau serta para Kepala KUA Kecamatan dan Penghulu Se_Kota Baubau bersama sejumlah ASN/JfU di KUA Kec. Wolio, Kamis, (14/10/2021).

Menurutnya, penulusuran untuk mempersiapkan Kantor Urusan Agama Kecamatan di Kota Baubau menerapkan inovasi transaksi QRIS dalam pelayanan pembayaran PNBP nikah.

"Penerapan transaksi QRIS tersebut untuk mewujudkan pelayanan yang lebih mudah dan cepat seiring dengan berkembangnya teknologi, transaksi berbasis digital, ungkapnya.

Melalui aplikasi digital calon pengantin dapat melakukan transaksi tanpa menggunakan uang tunai dan tidak mengantri  berlama-lama di Bank penerima PNBP atau Kantor Pos, terang, Rahman Ngkaali.

"QR Code untuk pembayaran digital melalui aplikasi pembayaran secara elektronik berbasis server, dompet digital, atau mobile banking. 

Dengan sistem ini calon pengantin hanya melakukan pemindaian barcode yang sudah disiapkan di KUA kemudian melakukan transaksi melalui aplikasi di Smartphone, ungkapnya.

"Dengan hanya melalui Smartphone, calon pengantin sudah bisa melakukan pembayaran PNBP nikah melalui transaksi QRIS.

Lebih lanjut, Rahman Ngkaali, juga menjelaskan, jenis transaksi ini menjadi perhatian serius dalam mewujudkan program prioritas Kementerian Agama untuk melakukan Revitalisasi KUA dan penyelenggaraan pemerintah secara digital.

"Penggunaan layanan berbasis digital tersebut sejalan dengan KMA Nomor 788 tahun 2021 tentang Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Kementerian Agama, beber, Rahman Ngkaali.

Digitalisasi transaksi tersebut dilaksanakan untuk peningkatan efisiensi dan efektifitas layanan publik.

Sumber : Humas Kemenag Baubau_Juma
Penulis : Yumardin Kedang, S.Sos.I/Kemenag Kota Baubau
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 161 kali