Sabtu, 04 Desember 2021

MAN IC Kota Kendari Laksanakan Asesmen Nasional tahun 2021

  • Rabu, 29 September 2021 13:32 WIB
Foto saat Pelaksanaan Asesmen Nasional MAN Insan Cendekia Kota Kendari Tahun 2021

Kendari (Humas Sultra) --- MAN Insan Cendekia Kota Kendari laksanakan Asesmen Nasional  tahun 2021.

Asesmen Nasional merupakan suatu bentuk evaluasi yang dirancang sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sekaligus penanda perubahan paradigma evaluasi pendidikan nasional. Asesmen Nasional dilaksanakan untuk memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil melalui serangkaian tahapan. Sementara itu, hasil dari pelaksanaan kegiatan Asesmen Nasional tidak digunakan untuk melakukan pemeringkatan sekolah, melainkan untuk perbaikan kualitas belajar pada tingkat satuan pendidikan yang diikuti sebanyak 45 (Empat Puluh Lima) siswa sebagai peserta utama ditambah dengan 5 (Lima) siswa sebagai peserta cadangan yang dipilih oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) secara acak melalui sistem.

Berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) mengenai Asesmen Nasional Tahun 2021 bahwa konsep dari pelaksanaan Asesmen Nasional tahun 2021 terbagi ke dalam 3 (Tiga) bentuk instrumen. Pertama, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar terkait yang kecakapan berpikir logis-sistematis, kemampuan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari, dan keterampilan memilah dan mengolah informasi yang diukur melalui penguasaan kompetensi literasi dan kompetensi numerasi.

Kedua, Survei Karakter yang dikerjakan oleh siswa untuk mendapatkan informasi hasil belajar sosial-emosional dengan mengukur 6 aspek pelajar pancasila, yaitu berakhlak mulia dengan beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Ketiga, Survei Lingkungan Belajar yang diikuti oleh kepala madrasah dan guru secara mandiri tanpa pengawasan. Survei lingkungan belajar sebagai merupakan instrumen dalam Asesmen Nasional yang dilakukan untuk mengukur kualitas pembelajaran dan iklim keamanan serta inklusivitas sekolah/madrasah yang menunjang pembelajaran. Selain itu, survei lingkungan belajar juga menjadi refeksi bagi guru dan menjadi tolok ukur perbaikan praktik pengajaran serta mengetahui latar belakang keluarga siswa.

Pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021 di MAN Insan Cendekia Kota Kendari dipusatkan di ruang Laboratorium Komputer. Pelaksanaan Asesmen Nasional tersebut telah berangsung sejak tanggal 27 s/d 28 September 2021. Sebanyak 45 siswa telah mengikuti dan menyelesaikan dua bentuk instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter. Sementara, untuk pelaksanaan Survei Lingkungan Belajar diikuti oleh kepala madrasah bersama 16 (Enam Belas) orang guru yang juga ditetapkan secara acak oleh Kemendikbud-Ristek.

Baik pelaksanaan Asesmen Nasional yang diikuti oleh siswa maupun pelaksanaan Survei Lingkungan Belajar yang diikuti oleh guru di MAN Insan Cendekia Kota Kendari dilakukan dengan menjalankan protokol kesehatan baik sebelum pelaksanaan maupun saat pelaksanaan.

Melalui sambutannya saat pelaksanaan apel pagi bersama di halaman Gedung Pusat Pembelajaran Siswa, kepala madrasah, H. Muhammad Naim menyampaikan bahwa pada dasarnya pelaksanaan kegiatan Asesmen Nasional merupakan strategi yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam rangka penguatan penjaminan mutu pendidikan khususnya dalam mendorong penilaian formatif pendidikan untuk memonitor hasil pembelajaran dan menyediakan informasi diagnostik bagi guru, sekolah, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan lainnya, bukan untuk mengukur kualitas atau mutu individual siswa. Oleh karena itu, siswa diharapkan dapat mengikuti dan melaksanakan kegiatan asesmen tersebut dengan baik tanpa harus dibebani dengan pemikiran bahwa asesemen tersebut akan berpengaruh pada diri siswa secara pribadi.

Melaui pelaksanaan kegiatan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang dilakukan dalam bentuk soal Literasi dan Numerasi maupun pelaksanaan survey karakter, diharapkan dapat menghasilkan potret komprehensif yang berguna bagi madrasah dalam melakukan evaluasi diri dan perencanaan perbaikan mutu pendidikan khususnya di MAN Insan Cendekia Kota Kendari, tutupnya.

Sumber : Humas MAN Insan Cendekia Kota Kendari
Penulis : Asni. S. Sos., M. Pd/MAN IC Kota Kendari
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 154 kali