Rabu, 20 Oktober 2021

Siswa MAN 1 Baubau Siap Wakili Sultra di Ajang KSM Tingkat Nasional

  • Sabtu, 25 September 2021 10:18 WIB
Foto: Wa Desmawati (BerkerudungPutih), Juara I KSM Ekonomi Terintegrasi Tk. Prov. Sultra Bersama Guru Pembina (Dra. Indriati, M.Pd.)

Baubau (Humas Sultra) --- Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan angenda tahunan Kementerian Agama RI melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK).  Kegiatan KSM tahun 2021 ini digelar dengan sistem daring secara berjenjang mulai dari tingkat satuan pendidikan yaitu Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs),  dan Madrasah Aliyah (MA) baik swasta maupun negeri.  Siswa yang telah lolos seleksi pada tingkat satuan pendidikan masing-masing akan berkompertisi pada tingkat Kabupaten/Kota sampai pada tingkat Nasional.  

Adapun  mata pelajaran yang dikompetisikan untuk tingkat MA adalah Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Kimia Terintergrasi, Fisika Terintegrasi,  Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terinegrasi. Dalam hal ini semua mata pelajaran yang menjadi materi kompetisi  terintegrasi dengan materi  pendidikan Islam yaitu Alqur’an,  Al-Hadits, Fiqih,  Aqidah Akhlak,  Sejarah Kebudyaan Islam, dan Bahasa Arab.

Untuk siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN)  1 Baubau telah melalui tahap seleksi   tingkat satuan pendidikan menuju seleksi tingkat Kabupaten/Kota pada tanggal 21 Agustus 2021 yang lalu.  Pada Tingkat Kabupaten, siswa MAN 1 Baubau pun lolos seleksi semua mata pelajaran yang dikompetisikan. Untuk itu, enam mata pelajaran untuk tingkat provinsi Sultra telah  diikuti oleh siswa Wa Desmawati (Ekonomi Terintergrasi), Nur Aisyah (Geografi Terintegrasi), Aisyah Khumairah (Matematika Terintegrasi), Ahmad Ahsanul Insan (Biologi Terintegrasi), Nur Aqidah (Kimia Terintegrasi), dan Jelli Marisa (Fisika Terintegrasi)  pada 20 September 2021 yang lalu.

Berdasarkan hasil penilaian, pada seleksi KSM Tingkat Prov. Sultra, yang disampaikan secara daring pada hari ini, Sabtu, 25 Septrember 2021, bahwa siswa perwakilan MAN 1 Baubau berhasil  meraih peringkat pertama untuk mata pelajaran ekonomi terintegrasi (Wa desmawat), Peringkat II Mata Pelajaran Biologi Terintegrasi (Ahmad Ahsanul Insan), Peringkat III Mata Pelajaran Fisika Terintergrasi (Jelli Marisa), dan Peringkat IV Mata Pelajaran Kimia Terintegrasi (Nur Akidah). Jika merujuk pada Panduan Pelaksanaan KSM Tahun 2021 bahwa perwakilan setiap Provinsi untuk ke Tingkat Nasional adalah Peringkat pertama setiap mata pelajaran dari hasil seleksi tingkat provinsi. Dengan demikian,  siswa MAN 1 Baubau (Wa Desmawati) akan mewakili Prov. Sultra ke tingkat Nasional untuk Mata Pelajaran Ekonomi Terinegrasi pada 23 sampai dengan 24 Oktober 2021 mendatang.

Kepala MAN 1 Baubau, La Marihi, S.Pd.,M.Pd. sangat mengapresiasi keberhasilan siswa dan para guru pembina mata pelajaran.

“Alhamdulillah saya sangat bangga dengan prestasi yang kita peroleh hingga MAN 1 Baubau bisa mengambil bagian untuk mewakili Prov. Sultra ke Tingkat Nasional.  Untuk itu, saya menyampaikan selamat dan terima kasih kepada siswa peserta KSM dan para Guru pembina. Terkhusus pembina Mata Pelajaran Ekonomi Terintegrasi, Drs. La Ihu, M.M.Pd., Dra. Indriati, M.Pd., Kiki Rizki salma Aim, S.E., Sry Fuan, S.Pd., dan Nursiati,S.Pd.,”  Ungkap La Marihi melalui media WhatsApnya.

Dirinya pun menyampaikan kepada peserta dan guru pembina yang belum berhasil mencapai prestasi sampai ke tingkat nasional agar bersabar,  tetap semangat,  dan jangan berputus asa.

Uapaya yang maksimal untuk mengantarkan siswa hingga ke tingkat nasional telah dilaksanakan. “Kami telah membentuk kepanitiaan persiapan KSM ini mulai dari tingkat satuan pendidikan hingga persiapan ke tingkat provinsi. Bersama panitia dan guru pembina kami sepakat untuk melaksanakan karantina siswa di Asrama MAN 1 Baubau selama lebih kurang satu bulan. Selama masa karantina, para guru pembina   memanfaatkan semua sarana yang ada seperti  laboratorium terpadu, Perpustakaan, dan jaringan Wifi madrasah. Selama karantina, secara terjadwal guru mata pelajaran terkait memberikan pembinaan kepada siswa peserta KSM,”  Papar La Marihi saat dikonfirmasi.

Salah satu Guru Pembina Mata Pelajaran Ekonomi Terintegrasi, Drs. La Ihu, M.M.Pd. mengungkapkan kesyukurannya atas keberhasilan siswa. Dirinya mengatakan bahwa kekompakkan kami  sebagai pembina dalam hal pembinaan siswa dan antusias siswa untuk belajar merupakan penentu keberhasilan kami.

“Kami akan siap lebih memaksimalkan pembinaan siswa sebagai persiapan berkompetisi di tingkat Nasional,” Ungkap La Ihu penuh semangat.

Akhirnya, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sultra, H. Muh. Saleh, S.Ag.,M.Pd.I. pun menyampaikan, yang kami kutip melalui  media aplikasi zoom.

"Selamat kepada para siswa/i Madrasah peraih Juara/Peringkat I KSM-P. yang Insya Allah akan mewakili Madrsah Prov. Sultra ke Tingkat Nasional. Terima kasih atas segala dukungan dan kerja samanya, semoga kita bisa meraih hasil pada tahap selanjutnya. #Madrasah Mandiri Berprestasi#."

Sumber : -
Penulis : Dra. Wine Mulhamah, S.Pd/MAN 1 Bau Bau
Editor : Syech
Dibaca : 186 kali