Rabu, 20 Oktober 2021

Kepala Kemenag Muna, Hadiri dan Lepas Enumerator Survei Indeks KUB

  • Rabu, 22 September 2021 20:15 WIB
Foto Bersama Usai Bimbingan Survei Indeks KUB, Rabu, 22 September 2021, di Aula Kantor Kemenag Kab. Muna.

Raha (Humas Sultra) --- Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten (Kab) Muna, Drs. H. Kammarudin, M.Si, Rabu (22/9) menghadiri Bimbingan Pelaksanaan Survei Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB), oleh Peneliti Balai Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Agama Makassar, Dr. Sabara Nurudin, M.Fil, bersama Kepala Sub Bagian Organisasi Tata Laksana dan Kerukuan Umat Beragama (Ortala dan KUB) Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi (Prov) Sulawesi Tenggara (Sultra), Dr. Abdul Rahman Jaya, M.Pd, didampingi Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kantor Kemenag Kab. Muna, La Ode Abdul Syukur S.Ag dan Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kantor Kemenag Kab. Muna, H. Muhammad Yusuf Panay, S.Ag, M.Pd.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Kab. Muna, diikuti Penyuluh Agama Islam Fungsional dan Penyuluh Agama Islam Non PNS sejumlah kurang lebih 10 orang, sebagai Enumerator dan pendamping, yang bertugas melakukan survei Indeks Kerukunan Umat Beragama Prov. Sultra.

Dalam sambutannya, H. Kammarudin mengatakan bahwa, saya mengapresiasi kehadiran Peneliti dari Balai Litbang Agama Makassar, yang telah mengamanatkan Penyuluh Agama Islam untuk mengemban tugas sebagai Enumerator. Tugas Enumerator adalah mengumpulkan, mencacat, dan mentranskripsikan informasi dan survei untuk keperluan analisis, dan penyaringan hasil. Mengenali dan memberi penjelasan mengenai masalah yang akan ditemui dalam peoses memperoleh data.

"Tugas ini merupakan tugas tambahan yang diemban oleh para Penyuluh. Tugas ini adalah mulia, dan bagi mereka yang melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya, akan diberikan Reward berupa sertifikat oleh Balitbang, karena sudah membantu mengumpulkan data indeks Kerukunan umat beragama," ungkapnya.

"Penyuluh yang diberi tugas ini kita anggap sudah bisa menyumbangkan tenaga dan pikirannya, untuk membantu Balitbang secara nasional. Saya juga mengapresiasi para Penyuluh untuk melaksanakan tugas survei ini," ujarnya.

"Sebagai Kepala Kemenag, saya menilai bapak dan ibu Penyuluh yang melaksanakan tugas mulia ini, lebih dari yang lainnya, karena ini merupakan amal dan nilai tambah bagi bapak dan ibu, baik terhadap Allah SWT, maupun terhadap pimpinan," lanjutnya.

Lebih lanjut, H. Kammarudin mengatakan kepada para Enumerator bahwa, jangan mengharapkan imbalan jasa. Karena ini merupakan tugas negara, dan tambahan tugas kita, maka kita hanya mengharapkan keridhaan Allah SWT.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, kita diberi keselamatan, kesehatan, kekuatan, keimanan, dan dibukakan pintu rahmat dan hidayah oleh Allah SWT," tutupnya.

Usai arahan Kepala Kemenag, dilanjutkan dengan bimbingan survei indeks kerukunan umat beragama, oleh Peneliti dari Balai Litbang Makassar, Dr. Sabara Nurudin, M.Fil.

Ditemui usai melakukan bimbingan, Sabara Nurudin mengatakan bahwa kegiatan ini adalah Survei Indeks Kerukunan Umat Beragama, hasil kerja sama Kanwil Kemenag Sultra dengan Balai Litbang Agama Makassar.

"Perjanjian kerja sama sudah ditandatangani bulan Mei 2021, dan ditindak lanjuti dalam bentuk Survei, yang bertujuan untuk mengukur indeks kerukunan umat beragama di Prov Sultra, pada 17 Kabupaten/Kota," ungkapnya.

"Karena 4 Kabupaten/Kota sudah terlebih dahulu di survei, melalui survei Nasional, yaitu Kota Kendari, Kota Bau-Bau, Kab. Konawe, dan Kab. Konawe Selatan (Konsel), maka yang tersisa dalam kegiatan ini tinggal 13 Kabupaten," lanjutnya.

Lebih lanjut Sabara Nurudin mengatakan bahwa, yang diukur adalah indeks KUB Sultra, sekaligus perbandingan indeks KUB per Kabupaten, baik relasi internal, eksternal, dan kebangsaan, sesuai dengan amanat Tri Kerukunan Umat Beragama, yaitu kerukunan internal umat seagama, kerukunan antar umat berbeda agama, dan kerukunan  antar umat beragama dengan pemerintah.

"Kalau hubungan antar umat beragama, penajamannya pada 3 aspek, yaitu toleransi, kesetaraan, dan kerja sama," sambungnya.

"Kegiatan ini juga untuk memenuhi salah satu tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Kemenag, tentang Kerukunan Umat Beragama, berdasarkan kepada basis data ilmiah tentang berapa indeks kerukunan umat beragama di Sultra dan 17 Kabupaten/Kota yang ada di Sultra," tambahnya.

"Saya berharap kepada Enumerator bisa membantu tugas ini dengan sebaik-baiknya, sehingga akurasi dan validasi Survei Indeks KUB ini dapat terwujud sesuai dengan harapan kita semua," pungkasnya.

Usai bimbingan, Kepala Kemenag Muna, melepas para Enumerator dari para Penyuluh Agama yang akan melakukan Survei Indeks Kerukunan Umat Beragama ke tempat tugas masing-masing.

Sumber : -
Penulis : Drs. La Ode Yadi/Kemenag Kab. Muna
Editor : Syech
Dibaca : 117 kali