Rabu, 20 Oktober 2021

MAN Insan Cendekia Kota Kendari Mengikutsertakan 19 Delegasi Berlaga pada KSN Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2021

  • Rabu, 22 September 2021 14:51 WIB
Foto: Peserta KSN-P bersama Para Siswa saat Pengarahan oleh Wakamad Kurikulum terkait Pelaksanaan Kegiatan Kompetisi Sains Nasional Tingkat Provinsi

Kendari (Humas Sultra) --- 19 Siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari mengikuti Kegiatan  KSN Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2021.

Kompetisi Sains Nasional (KSN) merupakan salah satu kegiatan rutin yang diselanggarakan setiap tahun oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Pelaksanaan kegiatan KSN dimaksudkan untuk mendorong semangat dan daya juang peserta didik, memfasilitasi bakat dan minat dalam mencapai prestasi terbaik peserta didik di bidang sains dan juga ditujukan untuk melakukan penjaringan dan pembinaan kepada calon peserta Kompetisi Tingkat Internasional. Selain itu, KSN diharapkan mampu membentuk peserta didik yang memiliki prestasi yang dilandasi dengan nilai-nilai kejujuran, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh, cinta tanah air, dan berkarakter.

Pada tahun 2021, pelaksanaan kegiatan KSN Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara yang telah berlangsung secara serentak di seluruh wilayah Kabupaten/Kota se- Provinsi Sulawesi Tenggara sejak tanggal 13 s/d 16 September 2021 mengusung tema sentral "Sains Pulihkan Negeri", MAN Insan Cendekia Kota Kendari mengikutsertakan 19 (Sembilan Belas) Delegasi yang berlaga dalam 9 (Sembian) bidang lomba meliputi; bidang Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Ke-19 siswa yang telah mengikuti kegiatan pada pelaksanaan KSN Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara antara lain:

1.  Bidang Biologi: Arif Eka Surya, Khairil Mikdar, dan Muhammad Ilham Jumaris;

2.  Bidang Kimia: Nurul Rihhadatul ‘Aisy dan Tribuana Tungga Dewi W. W.;

3.  Bidang Matematika: Amaliyah Rizky Khairunnisa S.

4.  Bidang Fisika: Laode rafiq Zandik Badarun, Atikah Rifdah Ansyari, dan Jahfal Junarin;

5.  Bidang Astronomi: La Ode Muh. Rayyib Rasya T.;

6.  Bidang Kebumian: Tegar Zaki, Qema Moh. Syawal, dan Auliya Sasabila;

7.  Bidang Geogarfi: Muhammad Farisman Anshor dan Aulhia Putri Ramadhani

8.  Bidang Ekonomi: Nayla Lutfia Syach, Muhammad Syafa’at Ashan, dan Muhammad Fajar Surya;

9.  Bidang Informatika/Komputer: Umar Jihad.

Seluruh peserta KSN-P yang berasal dari MAN Insan Cendekia Kota Kendari mengikuti kegiatan Seleksi di Ruang Laboratorium Komputer MAN Insan Cendekia Kota Kendari yang jadwal pelaksanaan kegiatan seleksi berdasarkan ketentuan dalam Juknis dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Mengawali pelaksanaan kegiatan seleksi, Wakamad Kurikulum, Tini Kaimudin yang saat itu bertindak selaku Plh. Kepala MAN IC Kota Kendari, memberikan pengarahan dan motivasi kepada seluruh peserta terkait pelaksanaan KSN Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2021 di Aula MAN Insan Cendekia Kota Kendari. Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh seluruh dewan guru dan siswa kelas XII yang hari itu merupakan hari pertama untuk memulai Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas di masa Pandemi Covid- 19.

Melalui arahannya, Tini Kaimudin menyampaikan bahwa menjadi peserta KSN P tahun 2021 ini membutuhkan kerja keras dan kemandirian yang tinggi. Mempersiapkan diri di rumah dengan minim pembimbing menjadikan kalian menjadi pembelajar sejati. Madrasah sangat mengapresiasi prestasi yang telah diraih dan sekarang saatnya untuk membuktikan kemampuan diri sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Tini Kaimudin menekankan bahwa menjadi juara memang penting, tapi jauh lebih penting adalah menjadi diri sendiri. Bekerja dengan jujur dan penuh keyakinan merupakan salah satu  hal yang paling utama. Selesaikanlah soal dengan baik dan penuh percaya diri. Semua doa dan dukungan terbaik untuk kalian, semoga dapat memperoleh hasil yang maksimal, tutupnya.

Sumber : Humas MAN Insan Cendekia Kota Kendari
Penulis : Asni. S. Sos., M. Pd/MAN IC Kota Kendari
Editor : Syech
Dibaca : 216 kali