Rabu, 20 Oktober 2021

Lima Delegasi MAN Insan Cendekia Kota Kendari Mengikuti Kegiatan KSM Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2021

  • Selasa, 21 September 2021 17:40 WIB
Foto: Peserta KSM Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2021 bersama Kepala Madrasah dan Wakamad Kesiswaan Usai Mengikuti Acara Pembukaani

Kendari (Humas Sultra) --- Lima Siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari mengikuti kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2021.

Kegiatan Kompetisi Sains Madrasah atau KSM Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara telah digelar secara serentak di seluruh Kabupaten/Kota di daerah Provinsi Sulawesi Tenggara sejak tanggal 19 s/d 20 September 2021. Kegiatan KSM ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan sebagai wahana untuk membangun jiwa kompetisi sains di kalangan siswa madrasah mulai dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga Madrasah Aliyah (MA).

Seluruh peserta KSM Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara yang berasal dari lingkup Kemenag Kota Kendari mengikuti acara pembukaan secara virtual dan terpusat di Ruang Komputer Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kendari. Pelaksanaan kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara, Fesal Musaad secara daring, di Jakarta.

Dari seluruh peserta KSM Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara lingkup Kemenag Kota Kendari, sebanyak 5 (Lima) peserta berasal dari MAN Insan Cendekia Kota Kendari. Kelima siswa yang ikut pada KSM tingkat provinsi antara lain: Arif Eka Surya Bidang Biologi Terintegrasi; Nurul Rihhadatul ‘Aisy Bidang Kimia Terintegrasi; Muhammad Farisman Anshor Bidang Geografi Terintegrasi; Atikah Rifdah Ansyari Bidang Fisika Terintegrasi; dan Muhammad Syafa’at Ashan Bidang Ekonomi Terintegrasi.

Melalui sambutannya, Plt. Ka Kanwil Kemenag Provinsi Sultra, Fesal Musaad menyampaikan bahwa pelaksanaan KSM Tingkat Provinsi Tahun 2021 merupakan momentum strategis dalam menyiapkan generasi emas, ilmuwan, agamawan, dan cendikiawan yang unggul serta bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Selanjutnya, Fesal Musaad menitipkan 4 (empat) harapan terhadap penyelenggaraan KSM Tingkat Provinsi Tahun 2021. Pertama, bahwa penyelenggaraan KSM harus berorientasi dalam mendorong terbentuknya generasi yang dapat menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta memiiki Iman dan Taqwa secara seimbang dan profesional, sehingga bidang yang dikompetesikan pada KSM ini tidak hanya mata pelajaran sains, tetapi juga diintegrasikan dengan materi pendidikan Agama Islam, dan inilah yang menjadi pembeda dari kompetisi lainnya, ungkapnya.

Kedua, bahwa melalui pelaksanaan KSM ini, juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas ketersediaan lulusan madrasah dalam berbagai perguruan tinggi favorit di Indonesia, termasuk sektor profesi guna memberikan sumbangsih yang nyata terhadap pembangunan SDM secara kompetitif.

Ketiga, bahwa para peserta yang berasal dari madrasah dapat menjadi benteng pertahanan terkait penyebaran virus, penyalahgunaan narkoba, pornografi, tawuran, dan berbagai perilaku menyimpang lainnya. Anak-anak madrasah harus tumbuh menjadi benteng pertahanan NKRI, sekaligus menjadi benteng keislaman dan ke Indonesiaan, lanjutnya.

Keempat, bahwa pada pelaksanaan KSM Tingkat Provinsi Tahun 2021 diharapkan dapat menciptakan siswa siswa madrasah yang cerdas dan memiliki pengetahuan IT yang tinggi, serta dapat bermanfaat bagi orang lain dan lingkungannya. Oleh karena itu, Fesal Musaad berharap agar seluruh peserta mampu menunjukkan potensi dan kemampuan terbaiknya dalam berkompetisi serta menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai kejujuran.

Sumber : Humas MAN Insan Cendekia Kota Kendari
Penulis : Asni. S. Sos., M. Pd/MAN IC Kota Kendari
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 321 kali