Rabu, 20 Oktober 2021

Plt. Kakanwil Kemenag Sultra Tatap Muka dengan Jajaran Madrasah di Konawe Selatan

  • Selasa, 14 September 2021 10:33 WIB

Konsel (Humas Sultra) --- Plt. Kakanwil Kemenag Sultra Fesal Musaad, melalui Kabid Pendidikan Madrasah selaku Plh. Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara, H. Muhammad Saleh, berkesempatan bersilaturrahmi dan bertatap muka langsung dengan jajaran Madrasah di Konawe Selatan, Senin, (13/9/2021).

Mengawali arahannya, Muhammad Saleh menekankan perlunya memanfaatkan Workshop seperti ini sebagai sarana untuk meningkatkan kompetensi para guru, mengingat pandemi covid-19 begitu mempengaruhi proses pembelajaran dilingkungan madrasah.

Dikatakannya, dimasa pandemi Covid-19 saat ini, tenaga pendidik dan kependidikan harus mampu beradaptasi dengan kondisi yang dihadapi saat ini. Hal ini tentunya mendorong seluruh guru untuk meningkatkan kompetensi dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai proses mentransfer ilmu pengetahuan selama pandemi.

“Kita patut bersyukur dapat mengikuti kegiatan workshop ini. Hal ini Karena tidak semua satker Madrasah di tahun anggaran 2021 bisa melaksanakan kegiatan workshop dengan adanya recofusing anggaran dimasa pandemic covid-19. Kami berharap guru bisa mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Maka dari itu, lanjutnya, Kemenag mendorong program digitalisasi madrasah. Program peningkatan kompetensi digital merupakan salah satu program unggulan Menag, untuk itu kegiatan seperti ini harus terus didukung guna meningkatkan kompetensi guru menjadi lebih baik, Kompentensi guru yang dimaksud yaitu kompetensi kepribadian, Sosial, Pedagogik, dan profesional.

Muhammad Saleh juga menerangkan bahwa guru tidak hanya melakukan proses belajar mengajar, tapi seorang guru memiliki kewajiban untuk mendidik sikap dan karakter siswa menjadi lebih baik sebagai generasi unggul dimasa depan.

Ia pun meminta kepada seluruh kepala Madrasah di Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk mempercepat pembangunan pojok literasi dalam rangka meningkatkan minat baca para siswa- siswi Madrasah. Karena menurutnya, pojok literasi merupakan salah satu sarana dan prasarana pembelajaran guna membangun literasi baca kepada seluruh siswa-siswi Madrasah dengan suasana tempat yang nyaman didukung dengan berbagai referensi bacaan yang bisa menambah pengetahuan siswa Madrasah.

“Berdasarkan penelitian, didapatkan jika  literasi baca dikalangan madrasah masih sangat rendah. Karena hal ini, menjadi penting bagi seluruh madrasah khususnya di Sultra untuk menyediakan pojok literasi dengan berbagai referensi buku bacaan sebagai program peningkatan literasi baca di seluruh Madrasah termasuk guru, tenaga kependidikan, serta para siswa siswi Madrasah," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut juga, Muhammad Saleh menyinggung tentang Surat Edaran Dirjen Pendis Kementerian Agama tentang tindak lanjut dari Instruksi Presiden tahun 2021 mengenai pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada lingkup sekolah dan madrasah. Ia mengingatkan bahwa pada surat edaran tersebut seluruh madrasah khususnya Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk mengisi catatan  kesiapan belajar pada aplikasi yang telah di siapkan pada aplikasi digital.

Sementara itu, dijabarkan Plh. Kakanwil bahwa tenaga pendidik Madrasah hampir 70 persen diisi oleh para guru honorer se Sultra. Dengan kondisi tersebut, dirinya mengungkapkan bahwa ditahun 2021 ini, Kanwil Kemenag Sultra mendapatkan alokasi PPPK sebanyak 465 orang se Sultra. Hal ini merupakan salah satu bentuk peningkatan kompetensi anak, dimana  ketersediaan tenaga pendidik di lingkungan madrasah harus terus perhatikan," ungkap Muhammad Saleh.

Lanjut dikatakannya, terkait hal yang perlu implementasikan Terutama bagi warga kementerian agama yaitu moderasi beragama.

"Moderasi beragama yang dimaksud adalah cara pandang kita dalam beragama. Bukan ajaran agama yang mau dimoderasi, sehingga Menteri Agama menerapkan konsep gerakan moderasi beragama. Yang harus dipahami Moderasi beragama merupakan Ajaran Wasatiyah, tidak ke kanan dan ke kiri tetapi berada ditengah-tengah," pungkasnya.

Sumber : -
Penulis : Waliullah. S. IP
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 49 kali