Sabtu, 04 Desember 2021

Kepala Kemenag Kolaka : Hati-Hati Travel Paket Umroh Murah

  • Senin, 23 Agustus 2021 12:29 WIB
Kepala Kemenag Kolaka menyerahkan SK Izin operasional PPIU

Kolaka (Humas Sultra) --- Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Kolaka, Drs. H. Baharuddin, M.Si didampingi Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Alimuddin, S.Ag serahkan Surat Keputusan Kepala Kanwil Prov. Sulawesi Tenggara tentang Pengesahan Kantor Cabang PT. Nur Rahma Aljami dan Kantor Cabang PT Nur Assyfa Berkah Tahun 2021, Senin, (23/08/2021) di ruang kerja kepala Kemenag Kolaka.

 

Surat keputusan ini diberikan setelah dilakukan penelitian administrasi dan peninjauan lapangan terhadap kelengkapan dokumen Kantor Cabang PT. Nur Rahma Aljami dan Kantor Cabang PT Nur Assyfa Berkah yang telah memenuhi syarat dan layak diberikan pengesahan pendirian kantor cabang di Kabupaten Kolaka dan menjadi pertama dan kedua sebagai travel umrah yang resmi memiliki izin operasional.

 

Kepala Kemenag Kolaka dalam arahannya, mengimbau agar pihak travel selalu menaati peraturan yang berlaku. Peraturan yang harus ditaati oleh Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) adalah: 

1. Memberikan pelayanan terhadap jemaah/masyarakat sesuai dengan kewenangan yang diberikan sebagai Kantor Cabang;

2. Berkoordinasi  dengan  Kementerian  Agama  dalam  penyelenggaraan  perjalanan  ibadah umrah;

3. Bersedia   memberikan   keterangan   dan   akses   kepada   Kementerian   Agama   terkait penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah apabila diperlukan;

4. Bersikap amanah dan transparan kepada jemaah;

5. Melakukan pendidikan kepada masyarakat tentang peraturan-peraturan penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah yang berlaku;

6. Tidak membebankan biaya lain selain Biaya Perjalanan Ibadah Umrah yang ditetapkan, kecuali dengan persetujuan PPIU;

7. Menyampaikan Laporan Kegiatan Tahunan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi setempat;

8. Melaporkan perubahan domisili dan/atau perubahan kepengurusan.

 

"Aturan ini sesuai surat pernyataan yang ditandatangani pada saat pengajuan rekomendasi, untuk itu, kembali saya ingatkan untuk berhati-hati jika ada PPIU atau travel umroh yang menawarkan paket umroh murah. Murah di sini yaitu harganya di bawah harga referensi yang ditetapkan Kementerian Agama," imbau Baharuddin.

 

Untuk melindungi diri dari penipuan tersebut, masyarakat harus memastikan informasi dan melakukan pengecekan dengan benar. Selain itu, Gerakan 5 Pasti Umrah juga harus diingat, yakni pastikan travelnya berizin, pastikan jadwalnya, pastikan penerbangannya, pastikan hotelnya, serta pastikan visanya.

 

Selanjutnya, Hj. Sulaena Sima, SP. selaku pimpinan PT. Nur Rahma Aljami dan Hj. Suriani selaku Pimpinan PT Nur Assyfa Berkah secara bersama mengaku puas dengan pelayanan PTSP Kabupaten Kolaka, dimana proses pengurusan penerbitan SK tersebut tepat waktu.

 

Menurut Hj. Sulaena Sima, SP., "Pelayanan Kemenag cepat karena jika ada kekurangan berkas kami langsung dihubungi untuk dilengkapi”. Sedangkan menurut Hj. Suriani, "Pelayanan Kemenag sangat bagus, sejak pertama memasukkan berkas pengajuan, sudah diinformasikan bahwa akan dihubungi dan ternyata benar prosesnya cepat dan mudah," ucap keduanya.

 

Dengan adanya Kantor Cabang PT. Nur Rahma Aljami dan Kantor Cabang PT. Nur Assyfa Berkah ini diharapkan bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang ingin melakukan ibadah umrah dan juga memudahkan masyarakat sehingga tidak perlu mencari agen travel yang lebih jauh. (Sahwan)

Sumber : Humas Kemenag Kolaka
Penulis : Adil, S.Kom/Kemenag Kab. Kolaka
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 200 kali