Sabtu, 04 Desember 2021

Kemenag Kolaka Sosialisasikan Kembali KMA No. 660 Tahun 2021

  • Kamis, 12 Agustus 2021 18:17 WIB
Dari kiri : Kasi PHU, Ketua DPRD Kab. Kolaka, Asisten I Setda Kolaka, Kepala Kemenag Kolaka

Kolaka (Humas Sultra) --- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Kolaka melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) melaksanakan sosialisasi Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 660 Tahun 2021 tentang pembatalan keberangkatan jemaah haji  pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 H/2021 M, Kamis, (12/08/2021) di aula PLHUT Kemenag Kolaka.

Hadir, Asisten I Setda Kolaka, Drs. H. Muh. Bakri, SH. MH. dan Ketua DPRD Kolaka, Ir. Syaifullah Halik sebagai narasumber mewakili eksekutif dan legislatif, serta Kepala Kemenag Kolaka Drs. H. Baharuddin, M.Si.

Kepala Kemenag Kolaka pada pembukaan sosialisasi, mengatakan bahwa Pemerintah melalui Kementerian Agama telah mengeluarkan KMA Nomor 660 tahun 2021 tentang pembatalan keberangkatan jemaah haji tahun 1442 H/2021 M. KMA ini disosialisasikan kepada Jemaah haji yang batal berangkat tahun ini dan tahun sebelumnya. Ia juga menambahkan bahwa jemaah haji yang batal berangkat tahun 2020 dan tahun 2021 otomatis menjadi prioritas berangkat haji pada tahun 2022.

“Tujuan sosialisasi ini supaya masyarakat dapat mengetahui serta memahami secara utuh keputusan pembatalan pemberangkatan haji tahun ini, sehingga masyarakat memiliki pemahaman yang sama serta dapat saling menguatkan satu sama lainnya dan yakinlah dibalik keputusan pembatalan pemberangkatan ini ada hikmahnya bagi kita semua”, jelasnya.

Menurut narasumber dari pemerintah daerah dalam hal ini diwakili oleh Asisten I Setda Kolaka, Drs. H. Muh. Bakri, SH. MH bahwa keluarnya Keputusan Menteri Agama tentang pembatalan pemberangkatan jemaah haji tahun ini sudah melalui kajian dan pertimbangan yang komprehensif dengan melibatkan seluruh stakeholder yang ada. 

“Keputusan ini diambil demi mengutamakan keamanan dan menjaga kesehatan serta keselamatan para jemaah haji. Pasalnya hingga saat ini pandemi Covid -19 belum berakhir dan dan terus terjadi penambahan sehingga alasan utama pembatalan tak lain karena pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Seiring hal itu, Ketua DPRD Kolaka, Ir. Syaifullah Halik mengajak kepada seluruh Jemaah haji kabupaten Kolaka untuk ikhlas dan sabar serta menerima dengan lapang dada terkait dengan keputusan pembatalan keberangkatan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 H/2021 M serta tidak mempercayai berita hoaks terkait pembatalan keberangkatan jemaah haji, karena pemerintah mengeluarkan KMA 660 tentang pembatalan keberangkatan haji tahun 2021 hanya diperuntukkan demi keselamatan dan kesehatan seluruh jemaah haji.

"Saya meminta kepada kita semua untuk tidak berburuk sangka kepada Allah SWT maupun pemerintah, semua ini pasti ada hikmahnya dan merupakan ujian untuk senantiasa terus bersabar dan berdoa kepada Allah," harapnya.

Sebelumnya, Kepala Seksi Penyelenggara Haji Dan Umrah, Alimuddin, S.Ag melaporkan kegiatan Sosialisasi KMA ini menghadirkan 20 orang jemaah haji yang semuanya adalah Jemaah Haji Tahun 2021 serta Kepala KUA Kecamatan dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19. (Sahwan)

Sumber : Humas Kemenag Kolaka
Penulis : Adil, S.Kom/Kemenag Kab. Kolaka
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 177 kali