Senin, 27 September 2021

MAN IC Kota Kendari Laksanakan Kegiatan Penyembelihan Hewan Qurban pada Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M.

  • Sabtu, 24 Juli 2021 12:07 WIB
Foto Kepala Madrasah saat memantau Pelaksanaan Pembagian Daging Qurban Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi

Kendari (Humas Sultra) --- Keluarga Besar MAN Insan Cendekia Kota Kendari laksanakan kegiatan penyembelihan hewan Qurban dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah tahun 2021 Masehi.

Sehari setelah pelaksanaan Sholat Idul Adha 1442 H (21/7/2021), bertepatan dengan 11 Dzulhijjah 1442 H, Keluarga Besar MAN Insan Cendekia Kota Kendari melaksanakan penyembelihan hewan qurban.

Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban berlangsung di lingkungan kampus MAN Insan Cendekia Kota Kendari dengan mematuhi dan melakukan protokol kesehatan. Sebanyak 4 ekor sapi qurban yang berasal dari guru dan pegawai, orang tua siswa, alumni dan juga dari pengurus OSIS MAN Insan Cendekia Kota Kendari. Daging qurban tersebut dibagikan kepada keluarga/kerabat pihak yang berqurban, Keluarga besar MAN Insan Cendekia Kota Kendari, warga sekitar, dan juga kepada anak yatim yang ada di pondok pesantren Al Askar di Kelurahan Baruga Kota Kendari.

Penyembelihan hewan qurban dihadiri oleh perwakilan anggota keluarga yang berqurban, perwakilan alumni dan pengurus OSIS, serta panitia qurban yang diketuai oleh Kepala Laboratorium Keagamaan, Ustadz Badrul Kamal. Sementara Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari, H. Muhammad Naim turut menyaksikan secara langsung kegiatan penyembelihan dan pembagian hewan qurban tersebut.

Badrul Kamal selaku ketua panitia menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada orangtua siswa, simpatisan, dermawan dan keluarga besar MAN Insan Cendekia Kota Kendari yang telah berpartisipasi dan berkontribusi dalam pelaksanaan Qurban yang dilaksanakan pada hari Rabu, 11 Zulhijjah 1442 H./21 Juli 2021 M.

Semoga pelaksanaan Qurban ini menjadi salah satu bentuk kesyukuran kepada Allah SWT yang telah memberikan rizki dan juga sebagai upaya mentauladani Syari'at Islam yang telah dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS dan putranya Ismail AS. Insyaa Allah semoga pelaksanaan Qurban berikutnya akan lebih baik lagi.

Sementara itu, menurut Kepala Madrasah, H. Muhammad Naim bahwa kegiatan seperti ini merupakan salah bentuk kegiatan yang patut di apresiasi. Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang telah digagas oleh panitia dan berharap agar pelaksanaan Qurban dilakukan sesuai dengan ketentuan Syari’at Islam mulai dari pelaksanaan penyembelihan sampai kepada pelaksanaan distribusi daging Qurban.

Selaku kepala madrasah, saya sangat berterima kasih dan memberikan dukungan kepada panitia karena walaupun di tengah kondisi cuaca yang kurang mendukung (di guyur hujan), panitia tetap konsisten dalam melaksanakan amanah dan tanggung jawabnya untuk melaksanakan penyembelihan hewan qurban. Saya juga mengapresiasi atas partisipasi dari alumni dan pengurus OSIS MAN Insan Cendekia Kota Kendari, baik dalam hal ikut berpartisipasi melaksanakan qurban maupun dalam pelaksanaan penyembelihan dan pembagian hewan qurban kepada yang berhak menerimanya.

"Semoga apa yang kami lakukan hanyalah semata-mata karena Allah SWT dan semoga bernilai ibadah," pungkasnya.

Sumber : Humas MAN IC Kendari
Penulis : Asni. S. Sos., M. Pd/MAN IC Kota Kendari
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 180 kali