Senin, 27 September 2021

MTsN 1 Bombana, Gelar pemilihan Ketua Komite Baru

  • Sabtu, 24 Juli 2021 11:27 WIB
Suasana Rapat Komite MTsN 1 Bombana Sabtu (24/7/2021)

Rumbia (Inmas Sultra) --- Masrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Bombana gelar rapat orang tua siswa dengan agenda utama pemilihan Ketua Komite. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruan Aula MTsN 1 Bombana yang dihadiri seluruh orang tua siswa Sabtu (24/7).

Kepala MTsN 1 Bombana Asraf Nurdin, S.Ag dalam sambutannya diawali dengan perkenalan kepada orang tua siswa bahwa pertenggal 29 Juli 2021 pimpinan telah mengamanahkan kepada kami selaku penaggungjawab di madrasah ini.

“Pertanggal 29 Juli 2021 pimpinan telah mengamanahkan kepada kami untuk memimpin madrasah ini, tentu sebagai Alumni dimadrasah ini tidak asing lagi, oleh karenannya kami mengharapkan kepada kita semua orang tua siswa untuk merasa memiliki Madtsah ini”. Uraninya.

Selanjutnya dalam acara ini juga menegaskan kalau ketua komite yang sudah ada, telah tiba masanya untuk dilakukan penyegaran, karena telah melewati ambang batas masa jabatan sesuai regulasi yang mengatur tentang komite madrasah.

Ada dua aturan yang mengatur tentang komite yaitu peratutan mentri pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 75 tahun 2016 yang mengatur komite sekolah umum. Dan yang kedua permenag Nomor 16 tahun 2020 mengatur masalah komite di Madrasah dan Pondok pesantren.

Asyraf Nurdin mengatakan Komite sekolah ini sangat penting karena ketika Covit-19 melanda dunia maka satu hal yang perlu diketahui adalah proses pembelajaran harus tetap dilaksanakan.

“Komite sekolah sangat penting karena ketika Covit-19 melanda dunia termasuk Indonesia, satu hal yang perlu diketahui bersama yaitu proses pembelajaran harus tetap dilaksanahan. Yang membendakan adalah dimasa normal Proses pembelajaran dilaksanakan di sekolah, sedangkan dimasa Pandemi dilaksanakan dirumah. Oleh karena selama pembelajaran dirumah kontrolnya ada di orang tua, sddang guru hanya memonitoring saja”. Urainya.

Lanjut dikatakannya dengan demikian karena ini proses pembelajaran dilakukan dalam masa pandemic maka perlua ada kolaborasi antara Madrasah dan komite dalam hal ini orang tua.

“Karena proses pembelajaran selama pandemic Covid-19 ini selalu berubah, tatap mukan di Madrasah dan belajara dirumah, maka perlu ada kolaborasi antara Madrasah dan Komite dalam hal ini orang tua siswa. Jadi janganlah ada dibenak kita kalau selama pandemi ini tidak ada belajar. Saya tekankan sekali lagi belajar tetap ada baik tatap muka atau belajar dari rumah”. Pungkasnya.

Pada tahap pemilihan ketua komite tahun ini periode 2021 s/d 2023, Ketua: Muhammad Ikhsan, SH, Sekertaris: Nuim, S.Si, Bendahara: Hj. Marlia Salam, S.Pd. Untuk bidang pengurus, Sarana-prasarana: Hamsah Ure, Bidang Pengembangan kualitas pendidikan: Rudi Hartono, S.Pd, Bidang Jaringan Kerjasama: Muh. Darsat, Bidang pengelolaan dana Masyarakat: Fauzan dan Bidang Pengelolaan SUmber daya Sekolah: Arman.

Sementata itu, Ketua Komite terpilih, Muhamad  Ikhsan, SH, mengungkapkan harapannya bahwa Komite bisa menjadi supporting sistem sekolah yang lebih baik ke depan.

“Saya Selaku ketua komite terpilih hari ini,  saya percaya bahwa ketua komite tidak ada artinya, jika orangtua siswa tidak mendukung, olehnya itu mari kita membantu kepala sekolah mewujudkan delapan standar nasional pendidikan,” ungkap Arsyad.

Hadir dalam acara pertemuan tersebut para wakil kepala Madrasah, dewan guru dan staf.(AA).

Sumber : Agus AKmal, S.Ag.,M.Pd
Penulis : AGUS AKMAL, S.Ag/MTsN 1 Bombana
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 146 kali