Senin, 27 September 2021

Kasi Bimas Islam Kemenag Muna, Pimpin Rapat Persiapan Pelantikan/Pengukuhan Pengurus APRI Kab. Muna

  • Jum'at, 23 Juli 2021 23:49 WIB
Rapat Persiapan Pelantikan/Pengukuhan Pengurus APRI Cabang Kab. Muna, di Aula Kantor Kemenag Kab. Muna, Jumat, 23 Juli 2021.

Raha (Humas Sultra) --- Pengurus Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Cabang Kabupaten (Kab) Muna, hari Jum'at (23/7/2021) laksanakan Rapat Persiapan Pelantikan/Pengukuhan Pengurus APRI Cabang Kab. Muna Periode 2021-2025, dipimpin Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten (Kab) Muna, H. Muhammad Yusuf Panay, S.Ag, M.Pd, selaku Ketua Panitia, didampingi Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan (Kec) Tongkuno, Zailuddin, S.Ag, selaku Ketua APRI Cabang Kab. Muna terpilih, di Aula Kantor Kemenag Kab. Muna.

Mengawali rapat, Zailuddin mengatakan bahwa, kehadiran kita disini, adalah dalam rangka persiapan Pelantikan/Pengukuhan Pengurus APRI Cabang Kab. Muna, Periode 2021-2025.

"Selanjutnya kami akan membacakan personil yang akan bertugas  pada pelantikan nanti, yang pertama yang akan membacakan Ayat-ayat suci Al Qur'an adalah Kepala KUA Kec. Parigi, Drs. La Hani. Yang akan memimpin Lagu Indonesia Raya dan Mars APRI, kami percayakan kepada Kepala KUA Kec. Lasalepa, Drs. Muhammad Idhan Halik, dan sebagai Pembaca Do'a adalah Kepala KUA Kec. Napabalano, La Ode Sila, S.Ag, M.Si," ungkapnya.

"Adapun Protokol/MC, sekaligus nanti yang akan membacakan Surat Keputusan, karena kita disini ada 3 orang pengurus APRI Wilayah, tinggal berembug antara ketiganya, yaitu Kepala KUA Kec. Maligano, Sumarhadi, S.Ag,  Kepala KUA Kec. Batalaiworu, Sazral Arfa, S.Ag, dan Kepala KUA Kec. Katobu, Drs. Alimuddin," ujarnya.

Selanjutnya, selaku Ketua Panitia Pelantikan/Pengukuhan, H. Muhammad Yusuf Panay dalam arahannya, mengatakan bahwa, pada hari ini kembali kita mengadakan pertemuan dalam rangka memantapkan persiapan kita menghadapi kegiatan besar, yakni Pelantikan/Pengukuhan Pengurus APRI Cabang Kab. Muna Periode 2021-2025, yang mana bahwa kita sama menginginkan kegiatan ini berlangsung dengan sukses dalam pelaksanaannya, dan sukses dalam pelaksanaan tugas-tugasnya kedepan.

"Terkait dengan Pelantikan ini yang dulu kita telah rencanakan akan dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 26 Juli 2021, akan tetapi kemungkinan akan bergeser hari Selasa atau hari Rabu, kalau tidak ada lagi perubahan," ujarnya.

"Jadi salah satu hal yang akan kita sepakati dan kita finalkan pada hari ini adalah terkait hari H pelaksanaan pelantikan, apakah hari Selasa atau hari Rabu, mungkin akan berkembang dalam diskusi kita sebentar nanti, tentunya dengan pertimbangan-pertimbangan teknis dan rasional," lanjutnya.

Kemudian, yang kedua kata H. Muhammad Yusuf Panay, tentang petugas acara yang sudah disampaikan tadi, in syaa Allah yang bertugas sudah menerima amanah itu, karena sudah ahli, dan berpengalaman dibidangnya, dan terkait petugas ini, sangat menentukan suksesnya pelaksanaan pengukuhan nanti, karena kita ingin pengukuhan kita ini berlangsung secara formal, bukan asal-asalan, karena yang dilantik ini adalah para pejabat semua, jadi harus berkelas, harus sakral dan harus mantap.

"Oleh karena itu menjadi suatu keharusan bahwa sebaiknya sehari sebelum hari H, diadakan gladi, sehingga pada saat acara pelantikan, berlangsung dengan baik, tidak canggung lagi, masing-masing sudah mengetahui perannya dan posisinya dimana, sehingga pelantikan kita berjalan baik, mulus, lancar dan sukses," harapnya.

"Selanjutnya, yang ketiga, bahwa kegiatan pengukuhan ini, kita akan rangkaikan dengan kegiatan yang ada di Seksi Bimas Islam, yaitu kegiatan Pembinaan Penghulu yang ada RKA-KLnya Bimas Islam, yang pesertanya 26 orang, sehingga sangat tepat dirangkaikan dengan kegiatan Pelantikan/Pengukuhan APRI. 
Jadi setingannya,  Pembukaan kegiatan Pembinaan Penghulu itu diawali dengan Pelantikan/Pengukuhan Pengurus APRI Cabang Kab Muna, kemudian setelah selesai ceremony Pelantikan/Pengukuhan, dilanjutkan dengan Pembukaan Pembinaan Penghulu, maka langsung masuk materi.  Mudah-mudahan Kepala Bidang bisa hadir untuk memberikan pembinaan dan penguatan-penguatan terhadap tugas dan kinerja Penghulu di lapangan," ungkapnya.

"Terkait rangkaian kegiatan ini, maka sebagaimana lazimnya suatu kegiatan Pembinaan maka peserta yang hadir harus membawa Mandat atau Surat Tugas dari masing masing KUA Kec. Jadi bapak-bapak bersama Penghulunya, hadir membawa Surat Tugas sebagai kelengkapan Administrasi atau dokumen kegiatan Pembinaan Penghulu yang kita laksanakan serangkaian dengan Pelantikan/Pengukuhan Pengurus APRI Cabang Kab. Muna Periode 2021-2025," tambahnya.

"Saya juga  menyampaikan bahwa, dalam rangka suksesnya kegiatan ini, yang sangat diperlukan adalah kerja sama yang baik dan keterlibatan kita semua dalam setiap tahapan-tahapan persiapan dan pelaksanaan Pelantikan/Pengukuhan Pengurus APRI Cabang Kab. Muna Periode 2021-2025

Kegiatan ini, dihadiri para Kepala KUA Kec./Penghulu dan para Penghulu se Kab. Muna.

Sumber : -
Penulis : Drs. La Ode Yadi/Kemenag Kab. Muna
Editor : Syech
Dibaca : 83 kali