Sabtu, 24 Juli 2021

MAN IC Kota Kendari Gelar Matsama Tahun Pelajaran 2021/2022

  • Sabtu, 17 Juli 2021 06:36 WIB
Foto saat Acara Pembukaan Pelaksanaan Matsama MAN Insan Cendekia Kota Kendari Tahun 2021 secara Virtual

Kendari (Humas Sultra) --- MAN Insan Cendekia Kota Kendari laksanakan Matsama Tahun Pelajaran 2021/2022 secara daring.

Mengawali kegiatan pembelajaran bagi siswa kelas X, MAN Insan Cendekia Kota Kendari melaksanakan kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) tahun pelajaran 2021/2022 yang dilaksanakan pada Selasa, 13 Juli 2021 secara Daring dan dipusatkan di Aula MAN Insan Cendekia Kota Kendari. Kegiatan yang berlangsung hingga tanggal 15 Juli 2021 tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Madrasah, H. Muhammad Naim dan diikuti oleh seluruh siswa kelas X bersama seluruh panitia pelaksana secara Virtual melalui aplikasi meeting zoom.

Matsama merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru sebagai bentuk pengenalan aktivitas rutin madrasah, fasilitas madrasah serta karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah kepada peserta didik baru.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan Matsama adalah sebagai berikut:

1.Mengenalkan lingkungan, nilai dan karakter khusus madrasah kepada para peserta didik baru, agar selama proses pembelajaran dapat tercipta rasa aman dan nyaman bagi mereka untuk mengembangkan seluruh potensi diri dan kemampuannya.

2. Menumbuhkan kultur dan jiwa bangga kepada para peserta didik baru untuk belajar bersama dan mencintai serta menjaga nama baik almaternya;

3. Menanamkan dan memperkuat nilai-nilai moderasi beragama dan karakter ke-Indonesia-an kepada para peserta didik baru.

Melalui sambutannya, Kepala Madrasah, H. Muhammad Naim menyampaikan tentang sejarah dan penjabaran Visi serta Misi MAN Insan Cendekia Kota Kendari. Bahwa keberadaan MAN Insan Cendekia Kota Kendari saat ini telah memasuki usia yang ke- 6 tahun. Selama 5 tahun berdiri MAN IC Kota Kendari telah menorehkan berbagai prestasi baik di tingkat Nasional maupun Internasional. Ha ini sesuai dengan Visi MAN Insan Cendekia Kota Kendari yaitu terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam keimanan dan ketakwaan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, dan mampu mengaktualisasikan dalam masyarakat. Dan untuk mewujudkan Visi tersebut, maka MAN Insan Cendekia Kota Kendari harus menjalankan program berdasarkan Misinya antara lain:

1.  Menyiapkan calon pemimpin masa depan yang mempunyai landasan iman dan takwa yang kuat, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mandiri, kreatif, inovatif, dan mempunyai daya juang tinggi.

2. Menumbuhkembangkan minat, bakat, dan potensi peserta didik untuk meraih prestasi pada tingkat nasional sampai internasional.

3. Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan profesional pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan.

4.  Menjadikan MAN Insan Cendikia Kota Kendari sebagai lembaga pendidikan mandiri yang bertata kelola baik dan berwawasan lingkungan.

5.  Menjadikan MAN Insan Cendikia Kota Kendari sebagai madrasah model dalam pengembangan pengajaran IMTAK dan IPTEK bagi lembaga pendidikan lainnya.

6. Mewujudkan Madrasah Adiwiyata yang mampu memanfaatkan sampah bekas menjadi lebih berguna untuk kelestarian lingkungan.

Kepala madrasah juga menyampaikan bahwa peserta didik diharapkan dapat mengikuti semua kegiatan Matsama walaupun dilakukan secara daring dengan ketentuan bahwa orang tua harus menjamin tersedianya jaringan internet bagi peserta didik. Hal ini karena kondisi yang masih berada pada masa pandemi Covid- 19 sehingg para peserta didik tetap dapat mengikuti seluruh tahapan dan proses Matsama secara online.

Setelah acara pembukaan Matsama, kegiatan dilanjutkan dengan paparan materi sesuai dengan rundown Matsama yang telah dijadwalkan oleh panitia. Adapun materi yang pertama adalah tentang Pengenalan Kurikulum dan pembelajaran di MAN Insan Cendekia Kota Kendari yang disampaikan oleh Wakamad Kurikulum, Tini Kaimudin.

Sumber : Humas MAN IC Kendari
Penulis : Asni. S. Sos., M. Pd/MAN IC Kota Kendari
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 50 kali