Senin, 27 September 2021

MAN IC Kendari Sosialisasi Program dan Pembukaan Pelaksanaan Pembelajaran Tahun Pelajaran 2021/2022

  • Selasa, 13 Juli 2021 19:24 WIB
Foto saat Acara Pembukaan Pelaksanaan Sosialisasi Program MAN Insan Cendekia Kota Kendari Tahun 2021

Kendari (Humas Sultra) --- MAN Insan Cendekia Kota Kendari laksanakan sosialisasi program dan pembukaan pelaksanaan pembelajaran tahun pelajaran 2021/2022.

Mengawali tahun pembelajaran baru, MAN Insan Cendekia Kota Kendari melaksanakan kegiatan sosialisasi program dan pembukaan pelaksanaan pembelajaran tahun pelajaran 2021/2022 yang dilaksanakan pada Senin, 12 Juli 2021 di Aula MAN Insan Cendekia Kota Kendari bersama seluruh pendidik dan tenaga kependidikan MAN Insan Cendekia Kota Kendari. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa kelas X, XI, XII, orang tua siswa kelas X, dan Pengurus Komite melalui aplikasi meeting zoom.

Melalui sambutannya, Ketua Komite yang diwakili oleh Sekretaris Komite, Supryanto mengungkapkan bahwa komite memberikan apresiasi kepada MAN Insan Cendekia Kota Kendari yang tetap konsisten menjaga aktivitas proses pembelajaran walaupun dilakukan secara daring karena situasi yang belum normal sehingga perlu menciptakan situasi yang tidak normal menjadi situasi yang normal dan semaksimal mungkin. 

Orang tua siswa diharapkan agar sedapat mungkin mampu mendampingi putra-putrinya dalam melaksanakan proses pembelajaran daring termasuk mempersiapkan perangkat pendukung pelaksanaan pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Komite senantiasa memberikan suport kepada MAN Insan Cendekia Kota Kendari dalam melakukan pembelajaran di masa pandemi Covis- 19 karena MAN Insan Cendekia Kota Kendari tetap konsisten melaksanakan pembelajaran walaupun di tengah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, komite memberikan ucapan selamat kepada anak-anak yang telah berhasil lolos dan bergabung di MAN IC Kota Kendari, sehingga anak-anak perlu perkuat motivasi untuk belajar dan  meraih cita-cita,  ungkapnya.

Sementara itu, Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari, H. Muhammad Naim dalam sambutannya menyampaikan suatu slogan bahwa “PERUBAHAN adalah Keniscayaan”. Jika hari ini PIKIRAN anda tidak mengikuti perkembangan zaman, maka anda akan segera tersingkir. MERUBAH diri sendiri = tumbuh dan berkembang. Sementara, DIUBAH orang lain = tersingkir.

Melalui paparan program, H. Muhammad Naim menyampaikan beberapa program unggulan MAN Insan Cendekia Kota Kendari antara lain:

Pertama, Peningkatan Mutu Akademik Siswa yang dilaksanakan pada sore hari di luar jam kerja madrasah. Peningkatan mutu akademik siswa secara informal dan bersifat individual atau kelompok kecil sangat diperlukan bagi siswa, mengingat keberhasilan siswa tidak hanya dapat dituntaskan dengan belajar formal, namun membutuhkan bimbingan, motivasi dan perhatian yang optimal dalam menciptakan komunikasi belajar yang kondusif antara guru dan siswa.

Kedua, Pembinaan Klub Bidang Sains yang diperuntukkan bagi siswa yang memiliki kecerdasan istimewa serta minat yang tinggi untuk mengikuti ajang lomba/kompetisi di bidang sains. Pembinaan dilakukan secara terprogram sejak peserta didik berada di kelas X, agar peserta didik selalu siap dan memperoleh hasil yang baik.

Ketiga, Bimbingan Penulisan Karya Ilmiah Siswa yang dilakukan untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam menyelesaikan pendidikan di MAN Insan Cendekia Kota Kendari yang penyusunannya dibimbing oleh guru pembimbing. Setelah menyelesaikan KI, siswa diharapkan mampu menuangkan hasil penelitian, pengamatan ataupun kegiatan ilmiah lainnya dalam bentuk tulisan yang memenuhi kaidah penulisan ilmiah.

Keempat, Peningkatan Keterampilan Berbahasa Asing untuk mengembangkan kemampuan berbahasa asing peserta didik khususnya Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, serta memberi bekal ketrampilan berbahasa asing peserta didik untuk bisa bergaul di dunia internasional.

Kelima, Bimbingan Ekstrakurikuler untuk memfasilitasi pengembangan potensi dan kreativitas siswa melalui pengembangan keterampilan tata boga, tata busana, keterampilan desain dan bekerja sama dengan orang lain.

Keenam, Program Guru Asuh-Siswa Asuh. Program ini diharapkan agar peserta didik mempunyai budaya yang baik dalam pengelolaan dan manajemen diri. Kegiatan Guru asuh berupa; 1) Pertemuan rutin yang berupaya mengarahkan para peserta didik dalam kehidupan berasrama; 2) Sharing permasalahan yang dihadapi peserta didik dalam kehidupan berasrama, baik masalah pembelajaran maupun kehidupan sosial; 3) Peserta didik diajak berpikir dewasa dalam penyelesaian masalah pribadi dan sosial.

MAN Insan Cendekia Kota Kendari melalui kepala madrasah memberikan apresiasi kepada orang tua siswa dalam memberikan pendampingan pembelajaran kepada putra-putrinya terutama di masa pandemi covid- 19, tutupnya.

Di akhir acara, dilakukan penyerahan siswa baru secara simbolis dari orang tua siswa yang diwakili oleh bapak Muhidin kepada pihak madrasah melalui Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari sebagai simbol bahwa mulai tangga 12 Juli 2021 seluruh siswa baru yang berjumlah 96 orang telah resmi menjadi siswa kelas X MAN Insaan Cendekia Kota Kendari tahun pelajaran 2021/2022.

Sumber : Humas MAN IC Kendari
Penulis : Asni. S. Sos., M. Pd/MAN IC Kota Kendari
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 201 kali