Sabtu, 24 Juli 2021

Tingkatkan Kompetensi Pegawai, Pusdiklat Kemenag RI Bersama Kanwil Kemenag Sultra Gelar FGD

  • Rabu, 23 Juni 2021 11:56 WIB

Kendari, (Humas Sultra)---Dalam rangka peningkatan kompetensi Pegawai Lingkup Kementerian Agama (Kemenag), Kanwil Kemenag Prov. Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama dengan  Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI menggelar Focus Group Discussion (FGD) terkait Validasi Hasil Sinkronisasi Data dan Analisis Kebutuhan Pelatihan, bertempat di Aula Mini Kanwil Kemenag Sultra, Rabu (23/06/2021). 

Mewakili Kakanwil, Kabag TU Kanwil Kemenag Sultra, Muhammad Basri menyampaikan FGD yang dilakukan bersama dengan Pusdiklat Kemenag RI merupakan kegiatan diskusi guna  melihat berbagai kebutuhan para pegawai  dalam rangka meningkatkan kompetensi para pegawai khususnya di lingkup Kanwil Kemenag Sultra.

"Kegiatan  ini dilakukan untuk saling berdiskusi dan melihat tentang jenis dan materi diklat apa saja yang cocok untuk dilakukan para pegawai dalam meningkatkan kompetensinya lebih baik," ungkap Kabag TU.

Ia juga berharap bahwa para pejabat administrator yang hadir bisa memberikan masukan tentang jenis diklat yang dibutuhkan para pegawai di lingkup Kanwil Kemenag Sultra. 

Demikian pula halnya disampaikan Pusdiklat Kemenag RI oleh Kepala Subbidang Pengendalian Mutu Diklat Kemenag, Muhtadin didampingi Roni Sa'Roni, menjelaskan bahwa FGD dilakukan untuk mendapatkan masukan tentang jenis dan konten pelatihan yang bisa dilakukan. 

Dirinya juga menjelaskan bahwa untuk memberikan pelatihan berdasarkan pada 4 latar belakang yang harus dipenuhi.

"Empat latar belakang yang dimaksud yaitu Analisis kebutuhan pelatihan, Assesmen, ketiga Mandatori, dan keempat yaitu berdasarkan pada Tusi para pegawai,"jelasnya. 

Dilanjutkan Muhtadin bahwa analisis kebutuhan pelatihan dilakukan seperti pada kegiatan yang dilaksanakan saat ini untuk mengakomodir jenis kebutuhan dengan diskusi tersebut. 

Ia berharap dengan kegiatan ini, menjadi ikhtiar bersama Kanwil Kemenag Sultra dan Pusdiklat Kemenag untuk mendapatkan masukan dan solusi dalam memberikan berbagai jenis pelatihan yang sangat dibutuhkan para pegawai di lingkup Kanwil Kemenag Sultra.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para pejabat administrator, para Pengelola Data,  serta para pengurus Organisasi Profesi Kanwil Kemenag Sultra. 

Sumber : -
Penulis : Nisa Nurhayati. S. IK
Editor : Wa Ode Asnani. S. IP
Dibaca : 65 kali