Sabtu, 24 Juli 2021

Kemenag Visitasi Lomba Penyuluh Agama Islam (PAI) Teladan di Kolaka Timur

  • Senin, 21 Juni 2021 08:59 WIB

Tirawuta (Humas Sultra)---Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kolaka Timur dalam rangka melanjutkan program kerja Direktorat Bimbingan Masyarakat Islam dalam hal ini Penerangan Agama Islam Melalui Bidang Penais Zawa Kanwil Kemenag Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Kemenag Koltim melaksanakan Pelaksanaan Kegiatan Visitasi pada peserta Lomba Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS pada Kantor Kementerian Agama Kab. Kolaka Timur, Minggu (20/06)

Kegiatan yang digelar di Aula Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Poli-polia, dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Kolaka Timur diwakili Kasubbag TU Junaidin, Kabid Penais Zakat dan Wakaf Kemenag Prov.Sultra Jumaing dan juga sebagai Ketua TIM Visitasi Lomba PAI Teladan tahun 2021 bersama TIM, Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Koltim Ahmadin, dan Kepala KUA Kecamatan Poli-polia.

Adapun Rangkaian Kegiatan Visitasi Lomba Penyuluh Agama Islam Teladan tahun 2021 tingkat Provinsi Sultra yaitu Presentasi Karya Tulis Ilmiah didepan TIM Visitasi dilanjutkan dengan Kunjungan ke Kelompok Binaan.

Dasar pelaksanaan Kegiatan sementara Merujuk Kepada keputusan Dirjen Bimas Islam Nomor 403 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Pemilhan Penyuluh Agama Islam (PAI) Teladan.

Pelaksanaan ini bertujuan sebagai acuan dalam penyelenggaraan Pemilihan Penyuluh Agama Islam teladan Tahun 2021 di Tingkat Nasional,Provinsi dan Kabupaten Kota, salah satu tujuannya: Menumbuhkan kreatifitas penyuluh dan inovasi penyuluh Agama Islam dalam pelaksanaan tugas bimbingan atau penyuluhan dimasa pandemi covid-19

Penyuluh Agama Islam pada hakekatnya adalah pelaku dakwah yang menyampaikan pesan agama dan pembangunan melalui bahasa agama,merupakan garda terdepan serta benteng dalam pertahanan NKRI dan menjaga kerukunan umat beragama.

Penyuluh Agama Islam dituntut tidak hanya memiliki kemampuan keilmuan dan keahlian dalam bertutur kata tetapi juga menjadi teladan bagi umat.

Adapun dua nama Penyuluh Agama Islam (PAI) Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Non Pegawai Negeri Sipil Lingkup Kantor kementerian Agama kab. Kolaka Timur yang mengikuti Visitasi Kegiatan lomba Penyuluh Agama Islam teladan tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara yakni: Musrina sebagai Penyuluh Agama Islam Fungsional KUA Kec Poli-Polia dengan materi Pembinaan Muallaf serta Aris sebagai Penyuluh Agama Islam Non PNS KUA Kec. Poli-Polia dengan materi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba.

Sumber : -
Penulis : Zuchri Malazuhan/Kemenag Kab. Koltim
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 115 kali