Sabtu, 24 Juli 2021

DWP Kanwil Kemenag Sultra Lakukan Pembinaan Pada DWP Kantor Kemenag Muna

  • Senin, 21 Juni 2021 07:57 WIB
Foto Bersama Ibu Ketua, Wakil Ketua, dan Sekretaris DWP Kanwil Kemenag Sultra, dan DWP Kemenag Muna, Usai Pembinaan DWP Kantor Kemenag Kab. Muna, 20 J

Raha (Humas Sultra) --- Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi (Prov) Sulawesi Tenggara (Sultra), hari Ahad (20/6/2021), Laksanakan Pembinaan terhadap Pengurus, dan Anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kemenag Kab. Muna, di Aula Kantor Kemenag Kab. Muna, dengan Tema: "Peran Dharma Wanita Persatuan Dalam Pemberdayaan Perempuan di Era Digital Untuk Mendukung Terwujudnya Ketahanan Keluarga Menuju Indonesia Maju".

Kegiatan ini dipimpin Ketua DWP Kanwil Kemenag Prov Sultra, Ny. Djenabun Fesal Musaad, didampingi Wakil Ketua, Ny. Hj. Muliati Basri, Sekretaris, Ny. Fauziah Rahman Jaya, dan Ketua DWP Kantor Kemeng Muna, Ny.Hijran Kammarudin, diikuti Pengurus dan Anggota DWP Kantor Kemenag Kab. Muna.

Dalam sambutan dan materinya, Ny. Djenabun Fesal Musaad mengatakan bahwa, DWP, adalah organisasi kemasyarakatan yang menghimpun dan membina isteri Pegawai Negeri Sipil (PNS), dengan kegiatan dalam bidang Pendidikan, Ekonomi, dan Sosial Budaya. 
DWP adalah Organisasi mandiri yang tidak terikat pada Partai Politik manapun. 

"Tujuan organisasi DWP adalah terwujudnya kesejahteraan anggota dan keluarganya melalui peningkatan kualitas sumber daya anggota, untuk mendukung tercapainya tujuan nasional, berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945," ujarnya.

"DWP memiliki tugas pokok, yaitu membina anggota dalam memperkukuh rasa persatuan dan kesatuan, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak, serta meningkatkan kepedulian sosial, dan melakukan pembinaan mental dan spiritual anggota agar menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkepribadian, serta berbudi pekerti yang luhur," ungkapnya.

"Adapun Fungsi DWP, adalah sebagai wadah untuk melakukan pembinaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas pokok organisasi," lanjutnya.

Lebih lanjut, Ny. Djenabun Fesal Musaad mengatakan bahwa Dharma Wanita merupakan sarana silaturrahim bagi ibu-ibu, oleh karena itu, saya mengharapkan kepada  ibu-ibu sekalian, agar merutinkan kegiatan silaturrahim ini sekali dalam sebulan.

"Kalau kita membaca tema yang terpampang dihadapan kita, maka ibu-ibu harus bangga dan harus tahu, bahwa dunia sekarang ini adalah dunia IT, kita sekarang ini harus mengetahui dan memahami IT, dan maju mundurnya organisasi ini, tergantung dari ibu-ibu sekalian, dan disini kita sebagai isteri, kita harus mendukung suami, untuk mewujudkan ketahanan keluarga," sambungnya.

"Adapun susunan pengurus DWP, terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris dan Bendahara, serta Bidang-Bidang, yaitu Bidang Pendidikan, Bidang Ekonomi, dan Bidang Sosial Budaya," tambahnya.

"Saya sangat mengharapkan dukungan ibu-ibu dalam Organisasi ini, dan bisa menunjukkan yang terbaik kemasyarakat bahwa, "Inilah Organisasi kita, DWP Kemenag Muna", imbuhnya.

"Oleh sebab itu, saya mengajak kepada kita semua Pengurus dan Anggota DWP Kantor Kemenag Kab. Muna, marilah kita senantiasa meningkatkan organisasi ini, dengan melaksanakan program-program kerja ibu-ibu yang sudah dibuat. Program-program yang dibuat itu, cukup yang sederhana saja yang kira-kira bisa dijangkau, yang penting dapat kita laksanakan dan mendukung program Pemerintah," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua DWP Kantor Kemenag Kab. Muna, Ny. Hijran Kammarudin, dalam sambutan dan laporannya, mengatakan bahwa, saya atas nama Pengurus dan anggota DWP Kantor Kemenag Kab. Muna, mengucapkan selamat datang kepada ibu Ketua DWP Kanwil Kemenag Sultra bersama rombongan, semoga senantiasa dalam lindungan Allah SWT.

"Jumlah Pengurus dan anggota DWP Kantor Kemenag Kab. Muna, kurang lebih 100 orang, dan setiap minggu pertama bulan berjalan, kami melaksanakan pertemuan rutin, dengan agenda penyampaian laporan dari ketua-ketua bidang , yaitu Bidang Pendidikan, Ekonomi, dan Sosial Budaya," ungkapnya.

"Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Majelis Taklim,  Shalawat dan ceramah Agama," ujarnya.

"Selanjutnya, kami mohon kepada ibu Ketua DWP, Kanwil Kemenag Sultra, untuk memberikan arahan, bimbingan dan petunjuk kepada kami Pengurus DWP Kantor Kemenag Kab. Muna, sebagai dasar dan  pedoman kami dalam melaksanakan tugas pokok," tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan penyajian materi, yang disampaikan Wakil Ketua dan Sekretaris DWP Kanwil Kemenag Prov Sultra, Ny. Hj. Muliati Basri, dan Ny. Fauziah Rahman Jaya, dengan materi Sejarah Dharma Wanita dan Petunjuk Pelaksanaan Tata Surat dan Tata Arsip Dharma Wanita Persatuan.

Bertindak sebagai Pembaca Do'a, Ny. Karnia Boge, Pembaca Ayat-ayat Suci Al Qur'an, Ny. Wa Murliana Alimuddin, Protokol/MC, Ny. Wa Ode Anawiyah Irhan Wuga, dan Dirigen Ny. Wa Ode Haderia Idhan.

Sumber : -
Penulis : Drs. La Ode Yadi/Kemenag Kab. Muna
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 122 kali