Sabtu, 24 Juli 2021

Pembinaan ASN di Kab Muna Barat, Kakanwil Titip Sejumlah Pesan

  • Minggu, 20 Juni 2021 14:38 WIB

Tiworo Tengah, (Humas Sultra) --- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara, Fesal Musaad berkesempatan melakukan silaturrahmi dan bertatap muka langsung dengan jajaran ASN se Kab. Muna Barat, minggu, (20/6/2021).

Dalam sambutannya, Kakanwil yang didampingi Kepala Kantor Kemenag Muna Barat, Adnan Saufi, meminta untuk senantiasa semakin masif mensosialisasikan gerakan 5M, mengingat Pandemi covid 19 belum berakhir.

"Saya juga meminta kepada para kepala kemenag agar baliho prokes 5 M, dipampang besar, agar setiap masyarakat membaca dan memahami tentang protokol kesehatan Covid 19, sebagai bagian edukasi kepada masyarakat mengingat jumlah kasus yang semakin meningkat dan adanya varian baru yang telah bertranformasi menjadi virus delta," terangnya.

Lebih lanjut Kakanwil berpesan untuk melaksanakan Upacara setiap tanggal 17 bulan berjalan sesuai Instruksi Menteri Agama Nomor 2 tahun 2021. Upacara Membangkitkan semangat Cinta tanah air dan nasionalisme dan dengan menggunakan latar baliho prokes 5 M disatker masing-masing.

Sementara itu, sambung Kakanwil, pelaksanaan Upacara Bendera setiap tanggal 17 sesuai Surat Edaran Menag nomor 12 tahun 2021 yang dijelaskan Kakanwil pada pembinaan ASN tersebut menjadi hal penting untuk dipublikasikan guna membuktikan bahwa ASN Kemenag merupakan aparatur pemerintah yang cinta tanah air.

Dirinya menegaskan bahwa sebagai ASN Kemenag, patuh terhadap peraturan merupakan tanggungjawab seorang ASN yang harus selalu dijaga dan ditingkatkan.

Kakanwil juga meminta untuk membangun branding image guna mendeklarasikan bahwa ASN kemenag cinta tanah air. Bahwa ASN Kemenag Cinta NKRI. 

Kakanwil juga mengingatkan pesan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, terkait tiga Program Unggulan Kemenag yang menjadi kunci dan semangat baru kemenag.

Pertama, ungkap Kakanwil, peningkatan manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang lebih baik, termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan.

Program Kedua lanjut Kakanwil yaitu penguatan Moderasi Beragama. Salah satu penekanannya adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan.

"Program ketiga yaitu mengokohkan persaudaraan yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan," tandasnya.

Kegiatan yang dipusatkan di aula Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kec. Tiworo Tengah ini turut dihadiri, Kabag Tata Usaha, Muhammad Basri, Kabid Pendidikan Madrasah, Muhammad Saleh, Kabid Pakis, Mardawiyah Kasim, Kepala Kantor Kemenag Muna, Kammarudin, Kepala Seksi dan Penyelenggara, Kepala KUA, Penghulu,  Kepala Madrasah, Ketua MGMP, Ketua KKG, penyuluh Agama Islam Fungsional, serta karyawan dan Karyawati lingkup Kantor Kementerian Agama Kab. Muna barat.

Sumber : -
Penulis : Waliullah. S. IP
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 56 kali