Sabtu, 24 Juli 2021

OSIM MA Pesantren Ummusshabri Dikukuhkan Oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari

  • Sabtu, 19 Juni 2021 10:21 WIB
Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari H. Zainal Mustamin Saat Mengukuhkan Pengurus OSIM MA Pesri

Kendari, (Humas Sultra)---Sebagai organisasi kesiswaan, OSIM (Organisasi Siswa Intra Madrasah) MA Pesri Kendari memiliki peran yang penting dalam membantu tugas-tugas madrasah terutama yang bersentuhan dengan kegiatan-kegiatan kesiswaan. Sehingga menjaga kesinambungan dan memberikan penguatan struktur kelembagaan OSIM MA Pesri melalui regenerasi kepemimpinan menjadi penting. Untuk itu dengan berakhirnya kepengurusan OSIM MA Pesri Kendari masa khidmah 2020/2021 maka dilaksanakan pergantian kepengurusan melalui meknisme yang telah ditetapkan. Dan setelah terbentuk kepengurusan masa khidmah 2021/2022 dilaksanakan acara pelantikan/pengukuhan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kendari yang juga sebagai Direktur Pendidikan Yayasan Ummusshabri H. Zainal Mustamin, S.Ag., MA pada hari jum’at, 18 Juni 2021 bertempat di halaman Ummusshabri dengan penerapan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya beliau mengatakan “Pengurus OSIM harus bisa menjadi pioner inovasi dan inspirasi bagi siswa lainnya, harus berani menggali ide gagasan serta merancang program yang luarbiasa, bukan program kerja yang biasa-biasa saja. Menentukan skala prioritas dari banyaknya program yang telah direncanakan, jika memungkinkan, bisa saja melakukan sinergitas dengan banyak pihak sampai lingkup internasional. Sehingga di masa mendatang, melalui OSIM dapat tercetak insan pemimpin yang mampu mengisi ruang-ruang publik, dengan potensi keahlian yang kompetitif dan berdaya saing tinggi. Dan sebagai representasi siswa-siswi pilihan, menjadi pengurus OSIM haruslah memiliki sikap atau perilaku yang mencerminkan sosok yang visioner, dan berani berkompetisi dalam kebaikan dan kemajuan. Setiap tutur kata dan tindakannya harus mampu menjadi inspirasi bagi teman-teman sejawatnya, “pesannya.

Terhadap raihan prestasi siswa-siswi MA Pesantren Ummusshabri Kendari dalam kurun 3 tahun terakhir ini, beliau mengapresiasi dan berharap agar tidak cepat berpuas diri.

“Capaian prestasi siswa-siswi MA Pesri harus mendorong masdrasah agar semakin memperkuat strategi bimbingan dan penguatan, mulai menentukan target prestasi ke level dan ruang yang lebih tinggi. Peningkatan kualitas prestasi harus memiliki target yang dapat diukur dan dievaluasi prosesnya, supaya jika terdapat kesalahan dalam prosesnya, dapat segera diperbaiki dan ditingkatkan. Menurut beliau, prestasi itu harus dipersiapkan, karena jika gagal mempersiapkannya, maka sejatinya kita telah mempersiapkan kegagalan itu sendiri, “harapnya.

Di akhir sambutannya, untuk memberikan penguatan kepada pengurus OSIM yang dilantik H. Zainal Mustamin menyampaikan sebuah ilustrasi unik melalui perumpamaan perbedaan antara sebutir telur, wortel dan kopi jika bertemu dengan air mendidih.

“Telur sebagai benda cair, akan berubah menjadi benda padat jika disiram air mendidih. Sementara wortel yang awalnya merupakan benda padat, akan berubah menjadi lembek jika disiram air mendidih. Namun berbeda dengan kopi, dia mampu bersatu dengan air mendidih, bahkan air mendidihlah yang berubah mengikuti warna kopi. Hikmah dari filosofi kopi ini adalah, jadilah insan yang memiliki karakter kuat, yang tidak mudah terpengaruh dan terombang-ambing oleh perubahan buruk lingkungan, justru sebaliknya harus mampu memberikan warna kebaikan bagi lingkungan sekitarnya, “pungkasnya.

Kepengurusan OSIM MA Pesri Kendari masa khidmah 2021/2022 yang telah dikukuhkan, dinahkodai oleh Ketua Muhammad Nasar dan wakilnya Sandra Artika Rere dan dilengkapi dengan 28 pengurus lainnya, dan dihadiri oleh segenap tenaga pendidik dan kependidikan serta santri mukim MA Pesri Kendari.

Sumber : Moh. Anwar / MA Pesri Kendari
Penulis : Mohamad Anwar, S.Ag., M.Si / MA Pesri Kendari
Editor : Nisa Nurhayati. S. IK
Dibaca : 61 kali