Sabtu, 24 Juli 2021

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Tim Adiwiyata MTsN 1Kendari Lakukan Aksi Peduli Lingkungan

  • Jum'at, 18 Juni 2021 19:52 WIB
Kegiatan Aksi Peduli Lingkungan Tim Adiwiyata MTsN 1Kendari

Kendari, (Humas Sultra) --- Sebagai bentuk partisipasi dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2021 lalu, Tim Adiwiyata Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN)1 Kendari  melakukan aksi peduli lingkungan. Tema yang diusung “Ayo Berperan dalam Restorasi Ekosistem”.

Dalam kegiatan ini, Tim Adiwiyata menggandeng pengurus OSIS dan santri Ma’had Thalabul Ilmi MTsN 1Kendari sebagai kader Adiwiyata. Kegiatan diawali dengan pemberian breefing oleh ketua tim Adiwiyata, Hidayati Fauziah terkait maksud dan tujuan serta teknik kegiatan aksi peduli lingkungan. Usai mendapatkan arahan, seluruh peserta mengawali aksinya dengan membersihkan lingkungan madrasah terlebih dahulu. Berbekal kaos tangan plastik dan karung beras bekas, peserta aksi memunngut sampah dan mengelompokkannya ke dalam sampah organik dan anorganik.

Usai membersihkan lingkungan madrasah para peserta aksi bergerak menuju ruas Jalan Supu Yusuf hingga lapangan eksMTQ sebagai pusat kegiatan. Para peserta aksi mengumpulkan sampah yang berserakan, bahkan tak segan masuk kedalam selokan untuk mengambil  sampah.

Kepala MTsN 1Kendari, Mappataliang mengapresiasi kegiatan ini dan  mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi MTsN 1 kendari dalam rangka peringatan HLHS. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu  program dalam rangka persiapan Adiwiyata Mandiri.

Ketua Tim Adiwiyata, Hidayati Fauziah saat diwawancarai oleh salah satu TV lokal Sultra mengungkapkan bahwa MTsN 1 Kendari telah berperan dalam restorasi ekosistem melalui  pembiasaan membawa botol minum sendiri, membawa kotak makan sendiri, serta membawa tas belanja sendiri.

Kami telah menerapkan kepada seluruh stakeholder MTsN 1 Kendari khususnya para siswa  untuk membawa botol minum dari rumah begitu pun dengan kotak makannya agar membawa sendiri dari rumah. Dan kami juga telah menghimbau kepada para rekan guru untuk berbelanja dengan menyiapkan tas belanja sendiri," ungkapnya.

"Jika aksi kecil tersebut telah kita lakukan maka kita telah berperan aktif dalam  restorasi ekosistem,” tegasnya.

Setelah Kegiatan Aksi  peduli lingkungan  MTsN 1 Kendari  berakhir dilapangan Eks MTQ, selanjutnya para siswa membagikan pamflet  yang berisi ajakan untuk berperan dalam restorasi ekosistem kepada para pengguna jalan di sekitar lapngan Eks MTQ.

Sumber : Butsiani
Penulis : Butsiani. S.Pd.I / MTsN 1 Kendari
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 119 kali