Senin, 14 Juni 2021

MTs Ummusshabri Gelar PAT Berbasis CBT Dengan Menerapkan Prokes

  • Senin, 07 Juni 2021 19:16 WIB
Foto Saat Berlangsungnya PAT berbasis CBT

Kendari, (Humas Sultra) --- Pelaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) MTs Ummusshabri Kendari Tahun Pelajaran 2020-2021 yang dilaksanakan mulai hari ini senin, 4 Juni 2021 dan akan berlangsung sampai 14 Juni 2021 mendatang, digelar berbasis Computer Based Test  (CBT) menggunakan Computer, Laptop dan Android.

Terkait dengan pelaksanaan PAT ini Kepala MTs Ummusshabri Kendari Imanul Muttaqin, S.Pd.I menuturkan bahwa ujian yang digelar ini mengoptimalkan pemanfaatan teknologi berbasis CBT yang mana aplikasi ini merupakan pengembangan dan disain sendiri oleh guru guru MTs Ummusshabri Kendari.

Ia juga mengungkapkan PAT ini dikuti oleh seluruh siswa kelas VII dan VIII dan dilaksanakan secara daring atau online. 

"Walaupun dilaksanakan secara daring atau online namun siswa program pondok pesantren yang tinggal di asrama tetap mengikuti ujian di madrasah, sedangkan siswa yang menetap di rumah atau non asrama mengikuti ujian dari rumah masing masing, dengan ujian sistem ini diharapkan mampu mendukung upaya pemerintah dalam meminimalisir potensi penyebaran Covid 19 di lingkungan pendidikan,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Panitia PAT Shaiful Anwaruddin, S.Si mengatakan PAT tahun ini sistemnya masih sama dengan ujian akhir semester yang lalu yang menggunakan aplikasi CBT.

"yang berbeda adalah PAT sebelumnya dilaksanakan dengan 2 sesi sedangkan PAT 2021 hanya dilaksanakan 1 sesi saja. mulai jam yaitu 8.00 - 11.00 dengan mengujikan 2 mata pelajaraan tiap harinya,” ucapnya.

lebih lanjut iya mengatakan Penggunaan aplikasi CBT untuk ujian dan penggunaan aplikasi Zoom Meeting untuk mengawasi siswa yang ujian online di rumah, sementara guru yang mengawasi siswa yang ujian online di rumah ini berada di ruangan khusus, sekaligus untuk memantau dan sebagai media komunakasi jika terjadi masalah yang dihadapi siswa.

“Siswa Pondok yang tinggal di asrama mereka mengikuti ujian yang tersebar di 5 bilik ujian dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat untuk menghindari penyebaran virus Covid 19,” tegasnya (IK).

Sumber : Ismail Kadir
Penulis : Ismail Kadir, M.Ag/MTs Pesri Kendari
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 154 kali