Senin, 14 Juni 2021

Kemenag Bangun Pusat Layanan Haji di Baubau

  • Sabtu, 05 Juni 2021 13:02 WIB

Baubau (Humas Sultra) --- Kementerian Agama membangun Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) di Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara. 

Hal ini ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan PLHUT oleh Wali Kota Baubau, AS. Tamrin, Kepala Biro Keuangan dan BMN Kemenag RI, Mohamad Ali Irfan, Kepala Biro Perencanaan Kemenag RI, Ali Rokhmad dan Kakanwil Kemenag Sultra, Fesal Musaad. Sabtu (5/6).

Walikota Baubau, AS. Tamrin mengatakan pembangunan pusat layanan haji di Kota Baubau merupakan bentuk tanggungjawab dan sinergitas pemerintah pusat dan daerah dalam upaya memberikan pelayanan haji dan umrah yang prima kepada masyarakat. 

"Kita berkumpul disini ada pemerintah daerah dan ada pula pejabat pusat dan yang lainnya, semoga pembangunan pusat layanan haji dapat memberikan peningkatan layanan haji dan umrah sekaligus menjadi amal ibadah bagi kita semua, " Ucapnya sebelum meletakkan batu pertama. 

Sementara itu, Kepala Biro Perencanaan Kemenag RI, Ali Rokhmad mengatakan dengan dibangunnya infrastruktur PLHUT diharapakan seluruh layanan ibadah haji dan umrah dapat dilakukan di gedung yang akan dibangun yang bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ini. 

"Dengan dibangunnya pusat layanan diharapkan mulai dari pendaftaran,  pembatalan, dan manasik haji sampai rekomendasi umrah bagi jemaah di tingkat Kabupaten/Kota semuanya akan dilakukan di gedung ini, dan layanan ini bisa terus ditingkatkan di masa yang akan datang" Terangnya. 

Ali Rokhmad menambahkan nantinya PLHUT akan dilengkapi dengan fasilitas pelayanan pendaftaran berbasis online (Siskohat), ketersediaan bank penerima setoran dan gedung manasik haji. 

"Siskohat nanti disitu, orang mendaftar, pembayaran BPIH,  berfoto,  ada counter bank disediakan. Nah Dilantai dua disediakan untuk kegiatan manasik haji, "sebutnya. 

Kegiatan manasik haji penting dan prioritas dilaksanakan, karena menurutnya haji dan umrah merupakan ibadah yang diharapkan sesuai dengan ketentuan dan syariat agama Islam. 

"Kalau manasiknya bagus dan terstandar diharapkan mereka yang berhaji akan menjadi haji yang mabrur,  indikatornya ada perubahan baik kesalehan individu maupun kesalehan sosial yang peka terhadap kebutuhan masyarakat dan amal ma'ruf nahi mungkarnya meningkat, "tandasnya.

Turut menghadiri peletakan batu pertama PLHUT Kemenag Kota Baubau, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sultra, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah serta para Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota se Sultra. 

Diketahui, pada tahun 2021 Kemenag membangun 3 gedung PLHUT di Provinsi Sultra yang bersumber dari SBSN, yakni Kota Baubau, Kabupaten Bombana dan Wakatobi, Sebelumnya Kemenag Sultra juga telah memiliki Gedung PLHUT di 2 Kabupaten, Konawe dan Kolaka.

Sumber : -
Penulis : Rio Tufail Ramadhan. SH
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 96 kali