Senin, 14 Juni 2021

Buka Workshop PPG Tingkat MA dan MTs Lingkup Kemenag Buteng, Ka Kanwil Kemenag Sultra Tekankan Madrasah Hebat Berprestasi

  • Selasa, 01 Juni 2021 23:05 WIB
Ka Kanwil Kemenag Sultra, Fesal Musaad saat memberikan sambutan

Labungkari (Humas Sultra) --- Kepala Kantor Wilayah (Ka Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Fesal Musaad yang didampingi Kepala Kemenag Buteng, Khalifah dan Kepala Bidang Penmad Kanwil Kemenag Sultra, H. Muh. Saleh membuka secara resmi Kegiatan Workshop Pengembangan Profesi Guru (PPG) Tingkat MA dan MTs Lingkup Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Buton tengah (Buteng) di Aula Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Buton Tengah,  Selasa (1/6/2021).

Di awal acara, Kepala Kemenag Buteng, Khalifah dalam pengantar katanya mengharapkan penguatan – penguatan terkait regualasi dan wacana - wacana pengembangan sumber daya manusia diantaranya Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan Pengembangan Profesi Guru (PPG) yang semuanya mengarah pada kualitas diri kita sebagai seorang guru sehingga meenjadi guru yang professional, betul-betul bisa mencerahkan yang dibuktikan dengan keberhasilan anak-anak didik melanjutkan Pendidikan di tempat tempat yang terakreditasi.

Selanjutnya, Fesal Musaad mengaku rindu dengan madrasah-madrasah yang ada di Buteng.  Hal tersebut disampaikan di awal sambutannya.

“Sebenarnya tidak ada niat ke Buteng, tetapi karena ada undangan dan saya rindu ingin melihat madrasah-madrasah di sini karena di setiap kesempatan, Saya selalu sampaikan bahwa untuk membangun madrasah tidak perlu ke Jogya, tidak perlu ke Jakarta, terlalu jauh,  ke Buton tengah saja. Misalnya bagaimana penataan lingkungan Pendidikannya, kemudian ruang ruang kelas ditata, kalau mau belajar tentang performa Madrasah ke Buteng saja.  Kemudian tidak kalah penting semangat Bapak Ibu tidak kendor sama sekali meskipun di tengah tantangan Pandemi Covid 19.”  Ungkapnya.

Kemudian menyambung yang disampaikan Khalifah, Fesal Musaad mengingatkan lagi pentingnya Sumber Daya Manusia (SDM).  Dengan mengutip pendapat Ahli, Peter Ferdinand Drucker, Bapak Management dan Ekologi Dunia, Fesal menjelaskan pentingnya SDM Kepala Madrasah dan guru sebagai eksekutor sehingga melahirkan dan menciptakan madrasah-madrasah yang hebat dan berprestasi.

“Mengutip pendapat Ahli, Peter Ferdinand Drucker Bapak Management dan Ekologi Dunia yang menyatakan bahwa Sumber Daya Manusia  pada akhirnya yang menentukan hasil.  Tidak peduli seberapa hebat strategi dibuat, secanggih apa teknologi disiapkan, segigih apa rencana dilakukan tetapi ujungnya eksekusi yang dilakukan oleh manusia.  Dengan demikian, maka kepala madrasah dan guru-guru di Buteng merupakan pelaku-pelaku  eksekutor dalam konteks menghasilkan kualitas SDM yang mumpuni, yang mempunya karakter, kompetensi dan literasi," imbuhnya.

Karena itu, lanjut Kakanwil tugas kita adalah mendongkrak bagaimana kompetensi SDM.  Misalnya Madrasah Ibtidaiyah (MI), bagaimana lulusan Ibtidaiyah masuk di MTs  pasti unggul.  Lulusan Madrasah Tsanawiyah (MTs) masuk ke MA dan SMA tetap unggul, dan lulusan Madrasah Aliyah (MA) yang ada di Buteng bisa terserap di Perguruan Tinggi favorit. 

"Sebagai contoh Lulusan MA bisa lulus di IPDN, di Fakultas Kedokteran, kepolisian, IPB, UGM, UI  dan lain sebagainya.  Maka  Inilah yang disebut dengan madrasah hebat dan berprestasi.  Bukan dilihat dari Gedung yang mewah atau sarana dan prasarana yang lengkap karena itu hanya sebagai instrumen," jelasnya.

Masih mengenai SDM, Fesal menyatakan bahwa tantangan terberat dunia Pendidikan adalah guru. Saat ini, terdapat 465 guru madrasah mengikuti tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).  Dirinya berharap dan berdoa penilaian PPPK ini dikembalikan di Kementerian agama agar sejumlah 465 guru madrasah ini dapat terserap.

Kegiatan Workshop juga diisi dengan materi oleh KH. Jakri Napu tentang Penguatan Wawasan Kebangsaan dan Moderasi Beragama pada Madrasah serta Kabid Penmad Kanwil Kemenag Sultra H. Muh. Saleh tentang Pengembangan Madrasah berbasis Garda Kagum (Gerakan Pemberdayan Komunitas Guru Madrasah)

Sumber : -
Penulis : Ermawati, S.Pd/MAN 1 Buton Tengah
Editor : Wa Ode Asnani. S. IP
Dibaca : 95 kali