Senin, 14 Juni 2021

MTsN 1 Kendari Gelar Penamatan Secara Virtual

  • Senin, 31 Mei 2021 19:04 WIB
Foto saat berlangsungnya Penamatan secara Virtual

Kendari, (Humas Sultra) --- Mewabahnya COVID-19 yang mengharuskan pembatasan sosial sehingga Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kendari menggelar penamatan secara virtual untuk 357 siswa kelas IX tahun pelajaran 2020/2021 pada Senin 31 Juni 2021.

Meski digelar secara Virtual, penamatan siswa MTsN 1Kendari berlangsung Khidmat dan lancar.

Penamatan kali ini menghadirkan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari,  H. Zainal Mustamin, M.A. 

Dalam sambutannya ia mengapresiasi atas terselenggaranya penamatan ini secara virtual yang merupakan bagian dari komitmen kita dalam mencegah wabah Covid 19.

”Pertama saya mengapresiasi atas terselenggaranya penamatan ini secara virtual yang merupakan bagian dari komitmen kita dalam mencegah wabah Covid 19,” ungkapnya.

”saya juga mengapresiasi kepada pengurus komite MTsN 1 Kendari yang telah bersinergi dengan madrasah, yang terus merespon dan mendukung kegiatan madrasah sehingga bisa berjalan dengan baik,” sambungnya.

Kakankemenag  juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada orang tua yang telah menitipkan anak anaknya di MTsN 1 Kendari yang merupakan pilihan yang sangat tepat.

Selanjutnya beliau juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada guru guru yang terus melakukan pembinaan dengan berbagai pendekatan  dalam proses pembelajaran sehingga anak anak kita sampai pada tahap akhir.

Selain itu, Kakankemenag mengucapkan selamat kepada 357 siswa MTsN 1 Kendari yang tamat pada tahun ini, dan beliau menitip 3 pesan penting kepada para siswa.

”Ada 3 pesan penting yang anak anakku harus catat baik baik setelah menjadi alumni MTsN 1 Kendari. Pertama, jadilah pembelajar sejati yang haus ilmu, lapar ahlak. Lulus itu hanya sarat dapat ijazah tetapi yang paling penting adalah mendapatkan pengetahuan.

Kedua jadilah pelajar yang merdeka, sederhanakan sikap kalian, hebatkan prestasi dan manfaatkan diri kalian terhadap orang lain.

Ketiga Jadilah pribadi yang BERSAHAJA  yang itu juga menjadi motto kementrian agama kota Kendari. Bersahaja yang dimaksud adalah (Bersih, Religius, Santun, Harmonis Hijau Asri). Anak anak  bersih jiwanya diharapkan bersih hatinya, sehingga anak anak yg bersih hatinya akan selalu  patuh pada orang tua dan guru, serta memiliki sifat religius yaitu hablumminallah.

selanjutnya santun dan harmonis yakni santun pada yang lebih tua dan sayang pada yang lebih muda, karna itu adalah pembelajaran adab yang telah diajarkan dan hijau yang berarti anak anak dimana saja berada harus selalu menjaga lingkungan kita tidak membuang sampah sembarangan sehingga akan tercipta lingkungan yang asri.

Semoga dengan mengamalkan 3 pesan ini anak anakku akan menjadi pemimpin pemimpin yang hebat dimasa depan," tegasnya.

Sementara itu Kepala MTsN 1 Kendari Mappataliang,S.Pd.,M.Pd.,M.A  saat mengawali sambutannya memberikan laporan singkat jumlah siswa yang mengikuti rangkaian proses ujian hingga selesai tahap akhir.

”Jumlah siswa yang mengikuti rangkaian proses ujian sebanyak 357 orang. Kita berharap ini yang pertama dan yang terahir dalam  menamatkan siswa secara virtual,” harapnya.

namun nilai nilai penamatan tidak akan berkurang, inilah tantangan kita diera digital. Sambungnya.

Saya berharap kepada anak anakku setelah menjadi alumni, agar ciri has madrasah yaitu memiliki imtaq dan ahlak harus menjadi landasan dan modal  utama dalam melanjutkan studinya di jenjang yang baru. selamat melanjutkan pendidikannya dijenjang berikutnya,” terangnya.

Mengakhiri arahannya Mappataliang mengucapkan terimakasih kepada para orang tua yang telah memberikan amanah kepada MTsN 1 Kendari.

”Kami ucapkan terimakasih kepada orang tua yang telah memberikan amanah anaknya untuk dibina dan dididik, apa yang telah kami berikan itulah kemampuan kami, semoga ilmu yang diberikan bisa menjadi berkah. selanjutnya sebanyak 357 siswa hari ini resmi kami serahkan kepada orang tua," ujarnya. 

Dalam Kesempatan ini, Ketua Komite yang diwakili oleh wakil Komite MTsN 1 Kendari Drs H.Abdul Latif Makka,M.Si., turut memberikan sambutan. Dalam sambutannya ia berharap kepada para siswa agar memilih sekolah jenjang berikutnya, yang mampu meningkatkan prestasi karna ananda semua akan menjadi calon calon penerus bangsa 15 tahun yang akan datang. Tak lupa beliau mendoakan agar para siswa meraih cita citanya dengan ridha Allah Subehanahu wataala.

Diahir acara penamatan, Wakamad Kurikulum sekaligus menjadi Host pada acara ini Faisal Pribadi S.Pd.,M.Pd., mengumumkan 5 siswa terbaik yang memiliki jumlah nilai tertinggi yaitu

 Peringkat 1 diraih oleh Waode Amerwangi Kelas IX.1

Peringkat 2  diraih oleh Andi Mutiah Khansa Al Ismul Azam Kelas IX .2

Peringkat 3 diraih oleh Nuraida Syahraini kelas IX.1

Peringkat 4 diraih oleh Rasyid Wahab kelas IX.2

Peringkat 5 diraih oleh Ahmad Angga Pratama kelas IX.1

Sebagai bentuk penghargaan, Madrasah memberikan reward kepada para siswa berprestasi berupa sertifikat dan sejumlah uang tunai.

Turut hadir dalam penamatan ini, segenap guru dan staf  MTsN 1 Kendari,serta para siswa yang didampingi oleh orang tua masing masing secara virtual. (UCI)

Sumber : Butsiani
Penulis : Butsiani. S.Pd.I / MTsN 1 Kendari
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 103 kali