Senin, 14 Juni 2021

Kemenag Muna Gelar Sosialisasi Penyelenggaraan Ibadah Haji Di Musim Pandemi

  • Jum'at, 07 Mei 2021 21:57 WIB
Sosialisasi Penyelenggaraan Ibadah Haji Di Musim Pandemi, Jum'at, 7 Mei 2021, di Aula Kantor Kemenag Kab. Muna.

Raha (Humas Sultra) --- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten (Kab) Muna, hari Jum'at, (7/5/2021), melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), gelar Sosialisasi Penyelenggaraan Ibadah Haji Di Musim Pandemi.

Sosialisasi yang dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Kab. Muna, dibuka Kepala Kemenag Muna, Drs. H. Kammarudin, M.Si, didampingi Analis Pengelola Keuangan APBN pada Kasi Administrasi Dana Haji dan Umrah pada Bidang PHU Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi (Prov) Sulawesi Tenggara (Sultra), La Mpane, S.Ag, M.Si, selaku Pemateri, dan Kepala Seksi (Kasi) PHU Kantor Kemenag Kab. Muna, Drs. Jamri Sakuna, M.Pd.

Sebagai Peserta sosialisasi, Kepala Seksi PHU Kantor Kemenag Kab. Muna dan Muna Barat (Mubar), para Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan se Kab. Muna dan Mubar, serta Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) lingkup Kantor Kemenag Kab. Muna.

Dalam sambutannya, H. Kammarudin mengatakan bahwa, kita sama ketahui pelaksanaan Ibadah Haji musim Haji tahun 2020 tertunda, disebabkan pandemi Covid-19, dan untuk musim Haji tahun 2021 ini, Pemerintah belum juga memastikan apakah jemaah Haji bisa diberangkatkan, atau ditunda lagi. Hal ini tergantung kebijakan Pemerintah Arab Saudi, karena sampai saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir.

"Oleh karenanya, hari ini Bidang PHU Kanwil Kemenag  Prov Sultra, akan melakukan Sosialisasi tentang teknis Penyelenggaraan Ibadah Haji di musim Pandemi tahun 2021 ini, agar kita semua peserta Sosialisasi tidak gagal paham," ujarnya.

"Yang berikut, saya sampaikan bahwa, kenapa para Kepala KUA Kecamatan, para Penyuluh Agama Islam Fungsional yang diundang untuk mengikuti Sosialisasi ini? Karena merekalah yang menjadi garda terdepan, corong di masyarakat, pemberi informasi di masyarakat, yang nantinya kalau ada masyarakat yang bertanya tentang pelaksanaan ibadah Haji tahun ini, mereka bisa memberikan jawaban yang bisa dipahami," lanjutnya.

"Oleh karena itu, saya sangat mengharapkan kepada kita semua peserta Sosialisasi, setelah mengikuti Sosialisasi ini, bisa satu bahasa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan di masyarakat, tentang pelaksanaan ibadah Haji, musim Haji 2021 ini, agar tidak menimbulkan kesan yang tidak kita inginkan," ungkapnya.

"Sebagai Kepala Kemenag Muna saya mengapresiasi kegiatan Sosialisasi ini. Oleh sebab itu saya minta kepada para Peserta Sosialisasi, agar apa yang disampaikan nanti, bisa dipahami, sehingga kalau ada pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat tentang pelaksanaan ibadah Haji tahun ini, bisa memberikan jawaban yang tepat, sesuai dengan ketentuan yang berlaku," pungkasnya.

Usai membawakan sambutan, H. Kammarudin, membuka secara resmi Sosialisasi Penyelenggaraan Ibadah Haji di Musim Pandemi, tahun 2021.

Selanjutnya, La Mpane dalam sambutan dan arahannya, sekaligus menyampaikan Materi, mengatakan bahwa, kami dari Bidang PHU Kanwil Kemenag Prov Sultra, kami turun di Kabupaten/Kota, khususnya di Kantor Kemenag Kab. Muna, untuk memberikan Sosialisasi terkait alur pergerakan jemaah Haji Tahun 1442 H/2021 M di masa pandemi Covid-19, bila Penyelenggaraan ibadah Haji dilaksanakan.

"Kegiatan ini sangat penting kami laksanakan, agar teman-teman Kepala Seksi PHU, dan Kepala KUA Kecamatan se Kab. Muna dan Mubar, serta Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) se Kab. Muna, bisa memberikan informasi secara utuh tentang pergerakan pelaksanaan ibadah Haji di musim pandemi, yang tentunya ini, untuk disampaikan kepada para jemaah Haji yang ada di setiap Kecamatan di wilayah tugas para Kepala KUA dan para PAIF, dimana mereka berada," ujarnya.

"Mengingat karena keterbatasan waktu yang kami tidak mungkin jangkau, khususnya wilayah-wilayah terpencil, sehingga perlu kami memanggil teman-teman Kepala KUA dan PAIF, terutama para Kasi sebagai pelaksana teknis di Kab/Kota, untuk memberikan informasi kepada jemaah Haji yang ada di wilayahnya, karena di musim pandemi ini, tentunya beda pelaksanaan Haji diluar masa pandemi atau masa normal, sehingga sasaran kami supaya kegiatan ini bisa sampai kepada jemaah untuk menjadi perhatian, utamanya dalam menjaga pola makan, menjaga kesehatan, dan lain sebagainya, supaya ketika Arab Saudi selaku Otorisasi pelaksanaan ibadah Haji, jemaah Haji itu tidak gagal paham, sehingga informasi ini merupakan langkah strategis yang kami sampaikan kepada teman-teman KUA, PAIF, sebagai ujung tombak, atau garda terdepan dilapangan untuk memberikan informasi-informasi ini," terangnya.

"Terkait dengan waktu, kapan ada jemaah Haji yang bertanya, kapan pelaksanaan ibadah Haji tahun 2021 M, tentunya ini adalah kita menunggu pengumuman resmi dari Pemerintah Arab Saudi. Namun dari Pemerintah Republik Indonesia (RI), dalam hal ini Dirjen PHU Kemenag RI, khususnya di Kanwil Kemenag Prov Sultra, dokumen-dokumen itu telah siap, tinggal menunggu informasi resmi dari Arab Saudi," lanjutnya.

"In syaa Allah tanggal 13 Mei 2021, ada informasi-informasi tentang pelaksanaan ibadah Haji," imbuhnya.

"Oleh karena itu, kegiatan hari ini sangat penting kami laksanakan sebagai langkah awal, supaya jemaah itu bisa menerima secara utuh, karena terkadang kalau kami tidak turun memberikan sosialisasi di lapangan, boleh jadi ada pihak-pihak lain yang memberikan informasi ke jemaah Haji, yang tidak sesuai dengan informasi dari Pemerintah," pungkasnya.

Sebelumnya, Kasi PHU Kemenag Muna, Drs. Jamri Sakuna dalam pengantarnya mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasi atas kehadiran bapak dan ibu peserta Sosialisasi, karena telah memenuhi undangan hari ini.

Ia juga mengatakan bahwa, kegiatan Sosialisasi hari ini seharusnya diikuti tiga (3) Kabupaten, yaitu Muna, Mubar, dan Buton Utara (Butur). Namun setelah kami konfirmasi dengan Kepala Seksinya, kemungkinan mereka tidak bisa hadir, karena satu dan lain hal.

"Oleh karena itu yang sempat hadir pada kegiatan Sosialisasi hari ini, hanya dua (2) Kabupaten, yaitu Kab. Muna dan Muna Barat," ujarnya.

""Saya juga berharap kepada Peserta, agar pelaksanaan kegiatan Sosialisasi ini, bisa berjalan dengan lancar, sukses dan dapat dipahami, sehingga nantinya dapat diaplikasikan di wilayah tugasnya masing-masing," pungkasnya.

Sumber : -
Penulis : Drs. La Ode Yadi/Kemenag Kab. Muna
Editor : Syech
Dibaca : 115 kali