Senin, 14 Juni 2021

MTs Ummusshabri Kendari Dinobatkan Sebagai 5 Madrasah Terbaik di Indonesia

  • Jum'at, 07 Mei 2021 09:29 WIB
Kepala MTs Ummusshabri Imanul Muttaqin dan Piagam Pengharagaan Madrasah Terbaik Nasional

Kendari, (Humas-Sultra)---Di penghujung Bulan suci Ramadhan 1442 H membawa berkah tersendiri bagi MTs Ummusshabri Kendari, karena telah dinobatkan sebagai peringkat ke - 5  Madrasah Terbaik di Indonesia versi SNPDB tahun 2021 oleh Kementerian Agama RI,

Hal itu tertuang pada piagam Penghargaan yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Muhammad Ali Ramdhani.

Penghargaan ini diberikan oleh Direktur KSKK Dirjen Pendis A. Umar, MA pada acara Penganugerahan 15 Nominasi Madrasah Terbaik di Indonesia versi SNPDB yang dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting pada tanggal 6 Mei 2021.

Dalam sambutannya Direktur KSKK menjelaskan bahwa sejak ditiadakannya Ujian Nasional maka Kementerian Agama menjadikan hasil dari SNPDB ini sebagai tolok ukur prestasi dan penetapan madrasah terbaik di Indonesia, dengan cara melihat hasil kelulusan siswanya yang mengikuti Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) tahun 2021, penetapan ini bisa dipertanggungjawbkan karena diperoleh dari hasil seleksi yang ketat dengan menggunakan aplikasi test yang valid dan terukur.

Pada tahun 2021, SNPDB diikuti oleh 8.610 madrasah dan 848 Madrasah yang dinyatakan memperoleh sertifikat, kemudian dipilih 15 Madrasah yang terbaik, dan MTs Ummusshabri menempati peringkat ke - 5  dengan meloloskan 21 siswanya pada tes SNPDB.

Kepala MTs Ummusshabri Kendari Imanul Muttaqin, tidak dapat menyembunyikan kegembiraannya, sembari bersyukur “Alhamdulillah, MTs Ummusshabri Kendari meraih peringkat V dalam acara Penganugerahan Madrasah Terbaik Versi SNPDB tahun 2021. Apresiasi ini diberikan oleh Kementerian Agama RI melalui Direktur Jenderal Pendidikan Islam ini merupakan buah dari kesuksesan MTs Ummusshabri dalam Seleksi Nasional Penerimaan Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Unggulan Kemenag tahun 2021 yang diikuti oleh 8610 madrasah dan sekolah umum dari berbagai wilayah di Indonesia, dan MTs Ummusshabri mampu meloloskan 21 siswa dari 32 siswa MTs Ummusshabri yang ikut SNPDB tahun ini.

“poses yang dilalui oleh siswa kita mulai dari proses pendaftaran secara on-line, kemudian mereka mengikuti rangkaian tes hingga pengumuman yang penyelenggaraannya dilaksanakan secara terpusat oleh Kementerian Agama RI pada tanggal 27-28 Februari 2021. Mengingat ketatnya prosedur dan tingginya tingkat kompetisi dalam SNPDB, maka kegiatan ini dapat dijadikan sebagai salah satu indikator dalam menilai mutu lulusan dan proses pembelajaran di madrasah, “terangnya.

“Prestasi ini tidak terlepas dari kerja keras dan dedikasi guru dan tenaga kependidikan dalam memberikan layanan pendidikan yang bermutu di MTs Ummusshabri. Selain itu dukungan dari wali murid atas berbagai program madrasah juga memiliki andil besar dalam pencapaian ini. Semoga di tahun berikutnya semakin banyak peserta didik MTs Ummusshabri Kendari yang mampu bersaing dan lulus SNPDB Kementerian Agama RI sehingga prestasi ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan, “harapnya.

Prestasi ini mendapatkan apresiasi dari Ketua Yayasan Ummusshabri Supriyanto. Ia beliau menuturkan pengakuan Kementerian Agama RI terhadap kualitas MTs Ummusshabri ini pasti setelah melalui proses yang panjang dengan melibatkan tim penilai secara nasional, yang didasarkan pada beberapa indikator, dan tidak serta merta ditetapkan begitu saja. 

“sebagai Ketua Yayasan Ummusshabri, saya patut berbangga diri dan mengapresiasi atas capaian prestasi ini. Menurut saya secara kelembagaan ini merupakan prestasi tertinggi sebagai bentuk pengakuan pemerintah dan masyarakat atas kualitas pengelolaan madrasah. Tapi ini bukan yang terakhir karena setelah dinobatkan sebagai peringkat ke-5 MTs terbaik pasti semakin tertantang lagi untuk menjadi yang terbaik di semua aspek, “pesannya.

“saya juga tidak henti-hentinya mengingatkan kepala madrasah dan seluruh tenaga pendidik dan kependidikan lingkup yayasan Ummusshabri agar selalu meningkatkan diri, berkreasi dan berinovasi serta memiliki daya kompetitif yang tinggi untuk sebuah prestasi, “pungkasnya.

Sumber : Moh. Anwar / MA Pesri Kendari
Penulis : Mohamad Anwar, S.Ag., M.Si / MA Pesri Kendari
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 82 kali