Senin, 14 Juni 2021

Kepala Kemenag Muna, Lepas Siswa-siswi Prakerin

  • Kamis, 06 Mei 2021 21:54 WIB
Foto Bersama Usai Acara Pelepasan Siswa-siswi Prakerin, Kamis, 6 Mei 2021.

Raha (Humas Sultra) --- Setelah kurang lebih tiga (3) bulan melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin), pada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten (Kab) Muna, tujuh (7) orang siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yang terdiri dari tiga (3) orang dari SMKS Permata Bangsa, Kecamatan (Kec) Lohia, Kabupaten (Kab) Muna, dan empat (4) orang dari SMKN 1 Tiworo Selatan, Kec. Tiworo Selatan, Kab. Muna Barat (Mubar), hari ini Kamis (6/5/2021) dilaksanakan Pelepasan  Peserta untuk kembali melaksanakan aktifitas di sekolah masing-masing.

Acara pelepasan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kepala Kemenag Muna, dihadiri Kepala Kemenag Muna, Drs. H. Kammarudin, M.Si, Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU), para Kepala Seksi, Guru Pembimbing dan Siswa-siswi dari dua SMK.

Dalam sambutannya, H. Kammarudin mengatakan bahwa, saya sebagai Kepala Kemenag Muna, mengucapkan terima kasih kepada guru-guru pembimbing yang mewakili Kepala Sekolah, untuk melaksanakan penarikan kembali siswa-siswi yang dititip kepada kami untuk melaksanakan Prakerin, sebagai syarat mutlak untuk melaksanakan ujian akhir.

"Oleh karena itu, saya sampaikan kepada anak-anak Prakerin dari dua sekolah, baik dari SMKS Permata Bangsa, maupun SMKN 1 Tiworo Selatan, agar bisa mengaplikasikan pengalamannya di sekolahnya masing-masing," ujarnya.

"Kami merasa terharu dengan acara pelepasan ini. Sebenarnya kami juga tidak mau melepas tetapi karena mereka sudah harus dilepas. Oleh karena itu sebagai tumbalnya, tahun depan kami berharap bisa mendapatkan kembali siswa-siswi prakerin lagi," tutupnya.

Sebelumnya, Guru Pembimbing SMKS Permata Bangsa, Eman Rubianto, S.Pd, Gr, mengatakan bahwa, saya selaku guru yang mewakili Kepala Sekolah,  mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kemenag Muna, yang telah dan mau menerima siswa kami disini. Pada awalnya, kami dimintai tujuh, tetapi yang datang cuma empat, namun yang bisa bertahan tinggal 3 orang. Oleh karena itu kiranya, saya mohon dimaafkan

"Pihak sekolah juga mengucapkan terima kasih banyak atas pelayanan dan atensinya. Kami dihargai disini, oleh karena itu, sekali lagi kami sangat berterima kasih kepada Kemenag Muna yang telah menerima anak-anak dari Sekolah kami," ujarnya.

Selanjutnya, saya selaku guru, ingin mengucapkan juga banyak-banyak terima kasih, karena disini sudah berkenan mau memberikan ilmu yang tidak pernah didapatkan disekolah kami yaitu berupa ilmu didalam dunia kerja, atau dunia industri yang mungkin di sekolah anak-anak ini tidak memperolehnya," lanjutnya.

"Kemudian bicara mengenai sikap, saya pikir disini lebih digembleng masalah sikap, Kalau masalah ilmu-ilmu yang lain itu, masalah tehnis, mungkin hampir setiap hari, kami ajarkan, tapi yang utama sikap-sikapnya itu," sambungnya.

"Mudah-mudahan anak-anak kami yang tadinya disekolah kurang perhatian terhadap guru, mudah-mudahan setelah mengikuti Prakerin mungkin lebih perhatian lagi terhadap guru, orang tua, dan bisa tahu bahwa ternyata kerja dikantoran itu seperti ini, masuk jam begini, pulang jam begini, dan lain sebagainya," pungkasnya.

Sementara itu, Guru Pembimbing dari SMKN 1 Tiworo Selatan, Lian Jannahtunnaim, S.Pd, mengatakan bahwa, ucapan terima kasih saya kepada Kepala Kemenag Muna yang telah menerima anak-anak kami dengan begitu baik di kantor ini.

"Kemudian, terima kasih banyak kepada Kasubbag TU, para Kepala Seksi dan seluruh staf yang telah membimbing anak-anak kami. Begitu banyak ilmu yang telah mereka dapatkan selama proses Prakerin, bahkan telah membentuk karakter dan mental mereka, menjadi lebih baik, serta merubah pola pikir mereka tentang pentingnya pendidikan bagi dunia kerja," pungkasnya.

Sumber : -
Penulis : Drs. La Ode Yadi/Kemenag Kab. Muna
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 54 kali