Senin, 14 Juni 2021

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Baubau Terima Kunjungan Tim Penilai Lomba Perpustakaan

  • Rabu, 05 Mei 2021 15:01 WIB
Kepala MAN 1 Baubau Foto bersama Tim Penilai Lomba Perpustakaan antar-SMA/SMK/MA Tingkat Provinsi Sultra

Baubau (Humas Sultra)--- Tim Lomba Perpustakaan antar-SMA/MA Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara  Tahun 2021 tiba di MAN 1 Baubau tepat pukul 09.00 WITA hari ini Rabu, 05 April 2021.

Rombongan penilai  yang berjumlah empat orang  dan diketuai  oleh Sekretatis Dinas Perpustakaan  dan Kearsipan Provinsi Sultra, Nurlena Harahap,  didampingi oleh  Kepala Bidang Layanan  Pengembangan Koleksi  dan Konservasi Bahan Pustaka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Dareh Kota Baubau, Raida,. bersama staf melaksanakan proses penilaian selama lebih kurang dua jam.

Kepala MAN 1 Baubau, La Marihi menyampaikan bahwa dalam persiapan  kegiatan  lomba ini tidak semata-mata untuk mengejar juara, namun lebih dari itu,  yang kami harapkan dalam kegiatan lomba ini adalah pembinaan terhadap petugas di perpustakaan kami dan pembenahan perpustakaan sehingga perpustakaan Al –Istqamah MAN 1 Baubau menjadi lebih baik.

Selanjutnya, Nurlena Harahap sebagai Ketua Tim Penilai menyampaikan sambutannya dengan menguatkan  penyampaian Kepala MAN 1 Baubau.

“Memang sebenarnya kegiatan lomba ini, menang itu bukanlah merupakan tujuan utama. Namun, penilaian ini merupakan bagian dari pembinaan kami baik dari Provinsi maupun Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Tingkat Kota/Kabupaten untuk mengubah wajah perpustakaan menjadi ruangan yang nyaman, dan menarik bagi siapa saja pemustaka yang berkunjung  ke perpustakaan ini,” jelas Nurlena Harahap dalam sambutannya.

Berdasarkan hasil pantauannya di perpustakaan Al-Istiqomah MAN 1 Baubau Nurlena  juga menyampaiakan  bahwa secara kasat mata Perpustakaan MAN 1 Baubau masih ada beberapa sarana  yang belum terpenuhi  dan perlu pembenahan seperti ruang sirkulasi dan ruangpemustaka yang berkebutuhan khusus.

Akan tetapi, menurut Nurlena hal ini dapat dibenahi kemudian karena  semua sekolah yang pernah mengikuti lomba perpustakaan belum ada yang langsung lengkap atau memenhi semua instrumen penilaian, sehingga sekolah bisa berbenah dan beberapa kali mengikuti kegiatan lomba sampai perpustakaan sekolah itu lebih baik dan bisa mendapatkan juara.

Kegiatan Lomba dilanjutkan dengan penilaian berdasarkan  instrumen penialaian oleh Sekretaris Tim Penilai, Abd. Manan, Penilaian instrumen ini dilaksanakan dengan cara mencocokkan  keadaan kelengkapan perpustakaan dengan instrumen /Quesioner yang telah diisi oleh Pustakawan MAN 1 Baubau, Abidin Wabula, bersama Kepala Perpustakaan  Al –Istiqomah, Hj. Inda Amsadi.

Satu per satu daftar instrumen yang ada  pada Sekretaris Tim Penilai  dicocokkan dengan keberadaan kelengkapan administrasi dan sarana yangada di perpustakaan MAN 1 Baubau. Alhasil, dari sejumlah poin instrumen yang ada,  95% instrumen itu dapat terpenuhi.  Di akhir penilaiannya,  Abdul Manan yang juga sebagai Pustakawan Madya di Dinas Perpustakaan dan Kersipan Provinsi Sulawesi Tenggara  itu menyampaikan bahwa peserta lomba tahun 2021 ini berjumlah sembilan sekolah/madrasah. Namun, dua sekolah di antaranya sudah mengundurkan diri.

“Dari tujuh sekolah yang menjadi peserta lomba, maka satu sekolah yang akan didiskualifikasi karena akan ditetapkan juara I,II, III, IV, V, VI. Yang mendapatkan juara I akan menwakili Sulawesi tenggara untuk Lomba perpustakaan Tingkat Nasional. Sekolah yang mewakili Provinsi akan kembali dibina oleh Tim dari Provinsi dan Tim dari Kota/ Kabupaten, “  papar Abdul Manan di akhir penilaiannya.

Di akhir kegiatan Penilaian, Tim Penilai meninjau gedung perpuskaan Al – Istiqomah yang baru dan sementara belum digunakan karena masih dalam proses  pembenahan dan persiapan.  Menurut para Tim Penilaian dari Tingkat Prv. Sultra bahwa gedungperpustakaan yang baru sangat memenuhi standar.

“Gedung ini sangat memenuhi standar. Bahkan sudah memenuhi standar perpustakaan nasional. Ruangan-ruangannya  bisa memenuhi semua sarana yang dibutuhkan sebagai kelengkapan perpustakaan. Begitu pula perlengkapan lainnya seperti rak buku, tempat koran dan majalah, dan lain-lain, “ Ujar  Abdul Manan dengan kagum.

Pernyataan Abdul Manan dikuatkan oleh pernyataan Kepala MAN 1 Baubau.

“Memang gedung perpustakaan seperti ini baru ada dua di Sultra yaitu  di MAN 1 Baubau dan MAN Insan Cendekia Kendari. Ini akan dimanfaatkan dalam waktu dekat . Direncanakan penggunaannya,  setelah diresmikan oleh Menteri Agama RI,”  Tegas La Marihi  dengan bangga.  (Win)

 

 

 

 

Sumber : -
Penulis : Dra. Wine Mulhamah, S.Pd/MAN 1 Bau Bau
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 248 kali