Senin, 14 Juni 2021

PAUD Ummusshabri Kendari Laksanakan Pesantren Cilik

  • Selasa, 04 Mei 2021 07:49 WIB
Susana Kegiatan Pesantren Cilik Santri PAUD Ummusshabri Kendari

Kendari, (Humas-Sultra)---Pandemi covid 19 yang masih melanda negeri ini telah berimbas pada semua sektor kehidupan manusia, tidak terkecuali lembaga pendidikan, sehingga menuntut setiap lembaga pendidikan bisa lebih kreatif di tengah ancaman covid 19 dan keterbatasan yang ada. Penyelenggaraan pendidikan dimasa pandemi ini banyak mengalami penyesuaian cara belajar, sebagian besar sekolah melaksanakan pembelajarannya berbasis online (daring) dan ada juga yang secara ofline/tatap muka (luring) bahkan ada sekolah yang bisa menggabungkan sistem pembelajaran antara online dan ofline secara bersamaan (hybrid sistem).

Bagi PAUD Ummusshabri kondisi ini tidak menyebabkan hilangnya kreatifitas untuk tetap menyajikan program pendidikan yang terbaik bagi anak didiknya, salah satu programnya adalah melaksanakan kegiatan Pesantren Cilik di bulan suci Ramadhan dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat dan kecintaan anak didik terhadap Al-Qur’an serta keterampilan dan pembiasaan melakukan berbagai ibadah, dengan mengangkat tema “Merajut Generasi Islami, Cinta Al-Qur’an dan Berkarakter Melalui Pesantren Cilik” diikuti oleh 120 santri dan dilaksanakan dari tanggal 14 – 30 April 2021, dan ditutup dengan pemberian hadiah atau penghargaan kepada santri yang berprestasi selama kegiatan pesantren cilik yang dirangkai dengan acara Buka Puasa bersama Guru PAUD, Pengurus Yayasan Ummusshabri dan Orang Tua/Wali santri.

Ketua Panitia kegiatan, Wildanianti menuturkan “kegiatan Pesantren Cilik ini merupakan kegiatan rutin tahunan setiap memasuki bulan suci ramadhan, kendatipun ramadhan kali ini masih berada dalam bayang-bayang pandemi covid 19 namun hal ini tidak menyurutkan semangat kami untuk berkreasi dan berinovasi, bahkan pesantren cilik pada ramadhan kali ini lebih special karena menjadi momentum dan kesempatan bagi kami untuk memberikan banyak hal termasuk pemahaman tentang sikap kita terhadap wabah covid ini, “terangnya.

“adapun materi selama pesantren cilik meliputi baca tulis al-Qur’an, hafalan surah-surah pendek, dzikir, do’a, hadits, sholat, puasa, sedekah, keutamaan malam lailatul qadr, sholat hari raya idul fitri, dan beberapa keterampilan mental lainnya, “tambahnya.

Sementara Kepala PAUD Ummusshabri, St. Salma, menjelaskan "kegiatan Pesantren Cilik merupakan agenda tahunan bagi PAUD Ummusshabri yang selalu dilaksanakan di bulan suci Ramadhan, walaupun tahun ini pelaksanaannya masih berada dalam suasana wabah pandemi covid 19, namun semua ini tidak menghalangi kami untuk selalu menumbuhkan produktifitas dan kreatifitas.

"walaupun demikian saya menilai kegiatan sukses dilaksanakan, indikator nya antusias santri cilik dalam mengikuti kegiatan ini dan juga partisipasi dari orang tua/wali santri juga cukup tinggi, mulai sejak dimulainya hingga di tutup.

"Untuk itu saya ucapkan terima kasih kepada seluruh Guru dan Staf di PAUD karena telah melaksanakan kegiatan Pesantren Cilik dengan baik, demikian juga kepada orang tua/wali santri yang telah banyak berpartisipasi dan memberikan dukungan selama kegiatan dan juga atas partisipasinya beramal soleh, bersedekah, dan terlibat dalam pengumpulan donasi serta sembako, semoga semuanya bernilaikan ibadah disisi Allah SWT, “tandasnya.

Sumber : Moh. Anwar / MA Pesri Kendari
Penulis : Mohamad Anwar, S.Ag., M.Si / MA Pesri Kendari
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 198 kali