Senin, 14 Juni 2021

Peringatan Nuzulul Qur'an 1442 H, H. Mukhtar: Mempedomani Alquran dalam menjalankan seluruh tatanan kehidupan

  • Jum'at, 30 April 2021 06:39 WIB
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buton Selatan, Drs. H. Mukhtar, S.Pd.I menyampaikan sambutan dalam peringatan Nuzulul Qur'an tingkat Kab. Bu

Batauga (Inmas Sultra) --- Peringatan Nuzulul Quran tingkat Kab. Buton Selatan yang dipusatkan di Kecamatan Kadatua berjalan sederhana, hal itu karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

 

Peristiwa Nuzulul Qur’an dimaknai sebagai hari peringatan waktu diturunkannya Alquran ke bumi yang diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan. Pengertian Nuzulul Qur’an secara terminolog merupakan peristiwa diturunkannya wahyu Allah SWT (Al-Qur’an) kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril AS secara berangsur-angsur.

 

Al-Qur'an merupakan mukjizat yang diturunkan kepada seluruh umat manusia yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW melalaui Malaikat Jibril, dimana melalui Surah Al Alaq, Allah memerintahkan dalam ayat pertama Bacalah, yang dalam makna eksplisit bahwa kita di perintahkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, karena dengan ilmu pengetahuan dapat memperbaiki kualitas hidup dan peradaban manusia.

 

Tetap dalam perkembangannya, Ilmu pengetahuan juga harus tetap dikontrol, maka dalam ayat kedua Surah Alaq , Iqra bismirabbilaladzi Khalaq, yang memiliki makna bahwa perkembangan ilmu pengetahuan harus seiring dan bersambut dengan pengawasan dan kontrol diri agar tidak melahirkan cendekiawan yang menghancurkan bumi dengan ilmu yang miliki.

 

Melalu peringatan Nuzulul Qur'an, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Buton Selatan, Drs. H. Mukhtar, S.Pd.I dalam sambutannya menghimbau masyarakat agar mempedomani Al Qur'an dalam menjalankan seluruh tatanan kehidupan tanpa terkecuali dalam sistem pemerintahan. 

 

Lebih lanjut, H. Mukhtar juga mengajak masyarakat khususnya pemerintah agar aktif dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan untuk mewujudkan masyarakat religius sehingga menciptakan generasi Qurani,yang menjadi syarat mutlak dalam menyongsong masa depan yang penuh dengan kompetisi dan persaingan..

 

Diakhir sambutannya H. Mukhtar mengucapkan terimakasih atas dukungan pemerintah daerah Buton Selatan atas terselenggaranya Nuzul Qur'an di Kecamatan Kadatua sebagai wujud nyata perhatian pemerintah terhadap kegiatan² keagamaan di Buton Selatan.

 

Sementara itu, Pembawa Hikmah Nuzulul Qur'an, ustaz Saniru menyampaikan bawah diturunkannya Al-Qur'an bukan hanya sebagai petunjuk bagi Umat Islam saja tetapi Rahmat bagi Alam dan seluruh umat manusia, karena Al Qur'an diturunkan sebagai penyempurna dari kitab-Kitab sebelumnya. 

 

Lebih lanjut Ustaz Saniru mengajak masyarakat agar mengisi bulan Ramadhan ini dengan hal-hal positif yang bernilai Ibadah.

"Al Qur'an di turunkannya Pada malam 17 Ramdhan, sebagai pertanda bahwa Al Qur'an merupakan hadiah bagi umat Islam di Bulan Ramadhan, sebagai bulan penuh berkah, olehnya itu mari manfaatkan bulan penuh berkah ini, mari membumikan Al-Quran dengan selalu membaca Alquran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari"

 

Sebelum mengakhiri Hikmah Nuzulul Qur'an denagn Doa bersama, Ustaz Saniru menyampaikan pesan Bupati Buton Selatan agar selalu menjaga tali persaudaraan, mempererat ukhawah islamiyah dalam membangun Buton Selatan Beradat yang baldhatun,toyyibatun wa Rabbun ghafur.

Sumber : -
Penulis : Abdusshidiq Fahimuddin / Kemenag Busel
Editor : Wa Ode Asnani. S. IP
Dibaca : 3 kali