Sabtu, 04 Desember 2021

Sikapi Surat Pernyatakan Kesiapan Jemaah Haji 1442 H/2021 M, Kemenag Muna Gelar Rapat

  • Kamis, 29 April 2021 09:54 WIB
Kepala Kemenag Muna, Drs. H. Kammarudin, M.Si, Pimpin Rapat Penandatangan Surat Pernyataan Kesiapan Jemaah Haji Tahun 1442 H/2021 M.

Raha (Humas Sultra) --- Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten (Kab) Muna, melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), hari Rabu, (28/4/2021), menggelar Rapat menyikapi Surat Pernyataan Kesiapan Jemaah Haji Tahun 1442 H/2021 M.

Rapat yang dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Kab. Muna, dipimpin Kepala Kemenag Muna, Drs. H. Kammarudin, M.Si, didampingi Kepala Seksi PHU Kantor Kemenag Kab. Muna, Drs. Jamri Sakuna, M.Pd, diikuti Jemaah Calon Haji (JCH) Kab. Muna musim Haji 1442 H/2021 M.

H. Kammarudin, dalam sambutannya mengatakan bahwa, maksud dan tujuan kami mengundang bapak dan ibu Jemaah Calon Haji Tahun 2021 ini, antara lain yang pertama, kami akan menyampaikan informasi terkini tentang pelaksanaan Haji tahun 2021.

"Pelaksanaan Haji tahun 2021 ini, belum ada kepastian dari Pemerintah Arab Saudi, namun Pemerintah Republik Indonesia (RI) telah berupaya untuk melakukan negosiasi, berupaya untuk mempertanyakan bagaimana dengan pelaksanaan  Ibadah Haji  tahun 2021 ini, tetapi tidak berarti kita tidak menyiapkan persyaratan yang patut kita penuhi saat ini, karena kemungkinan besar kita akan diberangkatkan, in syaa Allah, sambil menunggu penetapan dari Pemerintah Arab Saudi," ungkapnya.

"Yang kedua, saya harapkan bapak dan ibu, jangan terprovokasi dengan berita-berita di Media Sosial (Medsos) yang tidak jelas sumbernya. Pemerintah tidak ada niat sedikitpun untuk menunda keberangkatan  Jemaah Haji tahun ini, tetapi  karena pandemi Covid-19 masih mewabah, maka Pemerintah masih berupaya terus menerus, melakukan negosiasi dengan pemerintah Arab Saudi, tentang Pemberangkatan Jema'ah Haji Indonesia," ujarnya.

"Yang ketiga, semua persyaratan-persyaratan yang disyaratkan oleh Pemerintah kepada Jemaah Calon Haji kita tahun 2021 ini, agar dilaksanakan dengan sebaik baiknya, termasuk Manasik Haji nanti," lanjutnya.

"Kemudian, ini ada Surat Pernyataan Kesiapan Jemaah Haji Tahun 1442 H/2021 H, saya berharap bapak dan ibu bisa mengisi dan menandatangani Surat Pernyataan ini, tanpa paksaan pihak manapun. Maksudnya kesiapan kita kalau terjadi apa-apa, karena kita disini sudah siap, apapun yang terjadi, semuanya itu kehendak Allah SWT," tambahnya.

"Kita berdo'a kepada Allah SWT, mudah-mudahan Jemaah Haji kita bisa berangkat semua, kembali dengan selamat, dan bisa mendapatkan gelar Haji yang Mabrur," pungkasnya.

Sebelumnya Kasi PHU Kemenag Muna, Jamri Sakuna mengatakan bahwa, hari ini kami mengundang bapak dan ibu JCH Kab. Muna, melalui Group WhatsApp, untuk menyampaikan beberapa hal, yang pertama, tentang penandatanganan Surat Pernyataan Kesiapan Jemaah Haji Tahun 1442 H/2021 M.

Kemudian, ia juga mengatakan bahwa, yang perlu kami sampaikan juga adalah tentang hal-hal yang berhubungan dengan Pemberangkatan Jemaah Haji, yang sebentar nanti secara tehnis akan kita bahas, sesuai dengan slide yang disampaikan Kemenag RI.

Sumber : -
Penulis : Drs. La Ode Yadi/Kemenag Kab. Muna
Editor : Syech
Dibaca : 169 kali