Minggu, 09 Mei 2021

Kakan Kemenag Mubar Sebut Puasa Sebagai Ajang Latihan Diri

  • Kamis, 15 April 2021 08:36 WIB

Laworo, (Humas Sultra)--- Kantor Kementerian Agama (Kemenag)
Muna Barat gelar Apel Pagi rutin bersama seluruh ASN dan PTT lingkup Kantor Kemenag Muna Barat 
dipimpin langsung oleh KaKan Kemenag Muna Barat,
Bapak H.Adnan Saufi, di halaman Kantor Kemenag Muna Barat, Kamis (15/04).

Pada kesempatan ini Kakan Kemenag Muna Barat memberi ucapan selamat Hari Raya Galungan melalui Penyelenggara Hindu sebagai perwakilan Umat Hindu di Muna Barat.  

Selain itu, beliau juga menyampaikan ucapan selamat berpuasa kepada Umat Islam yang tengah menjalankan ibadah puasa.

Dalam amanatnya, beliau berharap ibadah puasa tahun ini dapat menjadi tarbiyah yakni pelajaran yang dapat melatih diri untuk semakin lebih baik dalam menjalankan setiap aspek kehidupan. 

Adapun pelajaran yang dapat diambil dalam menjalankan puasa di Bulan Ramadhan ini adalah:

1. Kedisiplinan yang berarti bahwa puasa menjadi momentum perbaikan diri untuk bisa menjadi lebih disiplin waktu. Berbuka puasa, tarawih, makan sahur, imsak dan segala ibadah wajib di dalamnya hendaknya mampu membuat kita menjadi terlatih untuk disiplin. Sehingga, setelah berpuasa selama sebulan kita terlatih menjadi pribadi yang lebih baik dalam memanajemen waktu.

2. Mengahdirkan Tuhan dalam setiap aktifitas. Ibadah puasa mengajarkan kita menjadi lebih takut kepada Allah. Dalam keadaan sendiri bahkan di dalam ruang tertutup sekalipun, kita tidak berani untuk makan dan minum meskipun dalam kondisi lapar dan dahaga. Hal ini seyogyanya bisa menjadikan diri kita lebih jujur dalam menjalankan lini kehidupan. Contoh kecil yang dapat kita ambil dalam pekerjaan yang kita geluti ini adalah tidak menerima suap dan pungli dalam mengemban amanah ini.

Terakhir, pemotongan jam kerja dalam bulan Ramadhan ini hendaknya tidak membuat diri kita kemudian menjadi malas. Puasa harus bisa menjadikan kita lebih giat lagi dalam bekerja, bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan. "mari kita jadikan puasa ini untuk lebih rajin lagi dalam bekerja"tutupnya.

Sumber : -
Penulis : Herlina Ado/Kemenag Kab. Muna Barat
Editor : Syech
Dibaca : 116 kali