Minggu, 09 Mei 2021

Rahman Ngkaali Lantik Penghulu, Apresiasi KUA Wolio Piloting Revitalisasi

  • Rabu, 14 April 2021 20:05 WIB
Pengambilan Sumpah Jabatan Fungsional Penghulu sekaligus Penyerahan SK Jabatan Pelaksana dan Penandatanganan Pakta Integritas Pegawai di Lingk. Kan Ke

Baubau (Humas Sultra) --- Semangat dan tekad Menteri Agama Republik Indonesia untuk mewujudkan Kemenag baru yaitu perbaikan manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi, penguatan moderasi beragama serta mengukuhkan persaudaraan perlu melakukan transformasi pelayanan publik melalui revitalisasi Kantor Urusan Agama yang mencakup perbaikan dukungan sarana dan prasarana perbaikan tata kelola serta pengembangan jenis layanan dan bimbingan peningkatan kapasitas SDM dan integrasi sistem data dan informasi

Hal itu dijelaskan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Baubau, H. Rahman Ngkaali, S.Pd., M.Pd, saat memimpin upacara pengambilan sumpah jabatan fungsional Penghulu sekaligus penyerahan Surat Keputusan (SK) Jabatan Pelaksana dan penandatanganan pakta integritas Pegawai di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Baubau, Auditorium Muirun Awi, Baubau, Rabu, (14/4/2021).

Menurut, (H. Rahman Ngkaali), semangat Menteri Agama RI perlu di tranformasi dalam kerja. Saya ingatkan untuk memberikan layanan terbaik pada umat yang membutuhkan jasa kita, terangnya.

Terkait ini, Saya menyampaikan apresiasi pada jajaran Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Wolio di lingkungan Kantor Kemenag Kota Baubau yang dipilih Dirjen Bimas Islam Kemenag RI sebagai salah satu KUA dari 100 Kantor Urusan Agama Kecamatan yang memenuhi kriteria menjadi model piloting revitalisasi di 34 provinsi di Indonesia sebagai prioritas memenuhi kriteria kondisi bangunan representative gedung SBSN, secara berurutan memenuhi tipologi, a, b dan c dan telah mendapat bimtek pusaka sakinah, kata, Rahman Ngkaali.

Lebih lanjut, tambah, Ka Kan Kemenag Kota Baubau, kita semua ASN Kemenag Baubau, perlu memperhatikan dan memperdalam wawasan Akselerasi layanan digital sebagai bentuk penyederhanaan layan untuk satu data Kemenag dengan penguatan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

"Untuk mewujudkan itu, perlu menyusun program prioritas penguatan moderasi beragama, transformasi digital dan revitalisasi Kantor Urusan Agama Kecamatan, terangnya.

Agar tercapai target yang diprioritaskan sebagaimana penyederhanaan birokrasi dan transformasi organisasi, mengikuti transformasi jabatan dan mekanisme kerja dengan distribusi kerja yang sesuai pendelegasian kewenangan di semua lingkungan Kantor Kemenag Baubau, baik di Madrasah, RA dan KUA Kecamatan, Imbuh Mantan Kasubbag Organisasi, Tata Laksana dan Kepegawaian Kanwil Kemenag Prov. Sultra.

Diketahui, Penghulu yang diambil sumpah dan dilantik atas nama Muhammad Adam, S. Pd.I sebelumnya yang bersangkutan bertugas sebagai JFU Pengadministrasi pada Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kantor Kemenag Kota Baubau.

Pantauan kami, kegiatan dihadiri pejabat fungsional dan struktural di lingkungan kantor Kemenag Baubau serta para ASN Jabatan Fungsional Umum dan Fungsional tertentu lingkup Kantor Kemenag Baubau. Bertindak sebagai komandan upacara, Plt. Kasubbag TU Kantor Kemenag Kota Baubau, Khairiyati Rahmah, S.Hi., M.Hi.

Sumber : Juma, Yumardin Kedang
Penulis : Yumardin Kedang, S.Sos.I/Kemenag Kota Baubau
Editor : Syech
Dibaca : 114 kali