Minggu, 09 Mei 2021

Tiga aspek ibadah puasa bagi Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Kota Kendari

  • Rabu, 14 April 2021 15:33 WIB
KAsi Bimas Islam (Marwijid) Saat membawakan kultum

Kendari (Humas Sultra) --- Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Kendari Marwijid, S. Sos.I., M.Pd. memberikan kultum di hadapan ASN Kemenag Kota Kendari pada hari kedua Ramadhan, rabu (14/4).

Pada materi kultumnya Marwijid menggangkat tetang dasar pelaksanaan ibadah puasa, dimana ibadah puasa dibagi dalam tiga aspek yaitu panggilan, perintah dan tujuan dari ibadah puasa bagi ummat islam terang Marwijid.

Aspek pertama berupa panggilan, panggilan disini adalah orang-orang yang dipanggil untuk melaksanakan puasa yaitu khusus orang-orang yang beriman.

Orang yang beriman itu memiliki 5 ciri menurut surah Al Anfal, yang pertama apabila disebutkan nama Allah maka terpanggilah hatinya untuk melaksanakan panggilan itu seperti panggilan adzan pada waktu sholat, ciri kedua apabila dia membaca ayat – ayat Al-Quran maka akan semakin bertambah keimanannya dengan menjalankan atau pun meninggalkan apa yang di perintahkan dalam Al Quran, ciri yang ketiga yaitu senantiasa bertawakkal hanya kepada Allah segala aktifitasnya, ciri keempat yaitu menegakkan sholat secara istiqomah, sedangkan ciri kelima adalah membayar zakat. Sehingga orang yang melaksanakan ibdaha puasa harusnya menerapkan 5 ciri orang yang beriman dalam kehidupanya, jelas Marwijid.

Aspek kedua dalam ibadah puasa adalah aspek perintah, dalam melaksanakan perintah ibadah puasa hendaknya kita dapat menghindari segala perbuatan yang berdampak pada hilangnya nilai amalan ibadah puasa kita.

Aspek tiga dalam ibadah puasa adalah tujuan, tujuan dari ibadah puasa adalah agar mencapai predikat taqwa.

Taqwa mempunyai 4 ciri. Ciri pertama tawaddu yaitu senantiasa merendahkan diri karena bagi orang yang bertaqwa menyadari bahwa tidak ada yang dapat disombongkan karena kita berasal dari satu sumber yang sama. Ciri kedua adalah qonaah (merasa cukup) orang yang taqwa akan selau merasa cukup dengan apa yang dimiliki dan sadar bahwa semua itu dari pemberian Allah SWT, sehingga orang dengan sifat qonaah tidak ada rasa iri dan dengki pada orang lain. Ciri yang ketiga bagi orang yang bertqwa adalah sifat wara yaitu sifat menghindarkan diri dari perbuatan dosa baik itu kecil apalagi besar. Ciri yang empat yaitu memiliki keyakinan yang mantap kepada Allah SWT, terang Marwijid.

Dari ketiga aspek ibadah puasa diatas orang yang menjalankan ibadah puasa akan semakin mantap keimanan seseorang serta akan membentuk pribadi-pribadi yang positif dalam lingkungannya.

Kegiatan kultum ini dilaksnakan di masjid Al Ikhlas Kemenag kota Kendari setelah Sholat Dzuhur dan di ikuti oleh seluruh ASN Lingkup Kemenag Kota Kendari.

Sumber : -
Penulis : Arman Tri Wahyuono/Kemenag Kota Kendari
Editor : Syech
Dibaca : 47 kali