Minggu, 09 Mei 2021

La Ode Abdul Syukur: Puasa Membentuk Pribadi Muslim

  • Rabu, 14 April 2021 14:48 WIB
Kegiatan Shalat Jama'ah Zuhur dan Kultum Ramadhan, Rabu, 14 April 2021, di Aula Kantor Kemenag Kab. Muna.

Raha (Humas Sultra) --- Hari ini, hari kedua pelaksanaan Shalat Zuhur berjama'ah dan Kuliah tujuh menit (Kultum) bulan Ramadhan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Kabupaten (Kab) Muna, Rabu (14/4/2021) di Aula Kantor Kemenag Kab. Muna.

Bertindak sebagai pembawa Kultum, Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU), La Ode Abdul Syukur, S.Ag.

Mengawali Kultumnya, La Ode Abdul Syukur mengatakan bahwa, Puasa bukan sekedar untuk menggugurkan kewajiban, tetapi bagaimana menjadikan ibadah Puasa itu membentuk pribadi Muslim yang berkarakter, beriman dan bertakwa, dan memiliki kesalehan sosial dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, dengan keragaman suku, budaya, bahasa, dan adat istiadat.

"Kaitannya dengan ASN, bentukan kepribadian tersebut, melalui penempahan selama Ramadhan, akan muncul energi baru dan terbarukan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai ASN," ungkapnya.

"Puasa sebetulnya bukan semata untuk menggugurkan kewajiban dan menahan lapar dan dahaga saja, tetapi kita harus menjalaninya dengan penuh keikhlasan, dan semata mata mengharapkan ridha Allah SWT," tambahnya.

"Tidak ada satupun Ibadah atau pekerjaan yang tidak diorientasikan selain Allah, semuanya harus berorientasi kepada Allah SWT, sebagai bentuk pengabdian atau penghambaan kita kepada Allah SWT," pungkasnya.

Sumber : -
Penulis : Drs. La Ode Yadi/Kemenag Kab. Muna
Editor : Syech
Dibaca : 88 kali