Minggu, 09 Mei 2021

Kakankemenag Koltim Imbau Segera Tunaikan Zakat Fitrah

  • Rabu, 14 April 2021 10:21 WIB
Kakankemenag Koltim saat memberikan Penyampain terkait penetapan besaran zakat fitrah tahun 1442 H / 2021 M

Tirawuta ( Humas Sultra ) --- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) kabupaten Kolaka Timur, Bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pemda Koltim melaksanakan Rapat terkait Penetapan Besaran Zakat Fitrah tahun 1442 H / 2021 M, Bertempat di Aula MTsN I Kolaka Timur, Senin 12/04.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala kantor Kemenag kabupaten Kolaka Timur, H. Ahmad Lita Rendelangi, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kolaka Timur beserta Pengurus, Kabag Kesra dalam hal ini mewakili Pemda Kab. Kolaka Timur, Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag koltim Kepala KUA Se-Kabupaten Kolaka timur, Pimpinan Baznas Kolaka timur dan para tokoh masyarakat.

Kepala kantor Kemenag Koltim diawal Penyampaiannya mengungkapkan bahwa dibandingkan tahun kemarin, Ramadhan tahun ini bisa ada kelonggaran untuk menunaikan Ibadah tarwih dimasjid walaupaun masih dibatasi dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Lebih lanjut disampaikan pentingnya peran ormas Islam dalam menyampaikan syiar agama dibulan suci ramadhan.

“Bahwa Berbagai Faham-Faham Keagamaan yang dapat  Memecah belah Persatuan, maka Majelis Ulama Indonesia (MUI) hadir dapat menyatukan, menyejukkan supaya kita tentram dan damai, bagaimana Moderasi Beragama bisa diangkat. dengan adanya ormas-ormas Keagamaan  Kegiatan-Kegiatan Keagamaan bisa hidup.memberikan semangat pada anak muda terhadap ajaran agama," terangnya.

Lebih lanjut disampaikan, Komitmen Kebangsaan, Toleransi saling menghormati, Anti Kekerasan, Akumulatif terhadap budaya lokal  bagaimana memasukkan nilai-nilai agama.

Dirinya Menambahkan untuk tetap memperhatikan putusan-Putusan pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia ( MUI) singkronisasi apa yang menjadi Fatwa MUI Pusat dan Provinsi apa yang menjadi putusan, kita sosialisasikan kedaerah kita.

"Tugas kita bagaimana cara menyampaikan di bulan ramadhan ini salah satunya dengan segera menunaikan zakat jangan sampai terlambat, sehingga panitia itu bisa menyalurkan zakat yang sudah terkumpul tepat waktu kepada Fakir miskin yang berhak menerima, tidak lagi terlambat sehingga diakhir ramadhan bisa selesai," jelasnya.

Ahmad Lita berharap agar penceramah-penceramah sering mengingatkan kewajiban membayar Zakat agar segera ditunaikan.

Adapun hasil keputusan rapat tersebut bersama Kementerian Agama Kabupaten Kolaka timur, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pemda Kolaka timur Pengurus Baznaz Kolaka timur, Besaran Zakat dan Infak tahun 1442 H/ tahun 2021 M. Sebesar Rp.35,000.

 

Sumber : -
Penulis : Zuchri Malazuhan/Kemenag Kab. Koltim
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 121 kali