Minggu, 09 Mei 2021

MTs Pesri Kendari Raih Medali Emas Sejuta Kreasi Biologi Tingkat Sulawesi Tenggara

  • Rabu, 14 April 2021 07:12 WIB

Kendari, (Humas-Kanwil)---Tiada Henti Meraih Prestasi, kata yang tepat disandangkan pada Madrasah Tsanawiyah Pesantren Ummusshabri (MTs Pesri). Hal itu cukup beralasan karena MTs Pesri terus menorehkan prestasinya di berbagai ajang kompetisi, baik tingkat lokal, regional maupun tingkat nasional. Baru baru ini MTs Pesri Kendari menyumbangkan medali emas pada ajang Biology Season Part IX tingkat Sulawesi Tenggara yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Haluoleo Kendari pada tanggal 5 s/d 10 April 2021.

Pada kegiatan yang diselenggarakan secara online ini dengan mengangkat tema Genetik Generasi Biology Unggul, Berprestasi, Inovatif dan Kreatif, MTs Pesri Kendari menjadi yang terbaik / juara 1 pada  lomba Sejuta Kreasi (Sekresi) Biologi yang dipersembahkan oleh Nur Amini Marwah, Fairuz Khairah Arisandi dan Rafika Naisya Hamlin.

Pembimbing Lomba, Syaiful, menerangkan bahwa lomba “Sekresi ini adalah lomba yang menuntut pesertanya membuat kreasi sendiri dalam pembelajaran mata pelajaran Biologi, sehingga kurang lebih 2 pekan kami mempersiapkan diri dan menentukan ide yang tepat yang akan kami sajikan pada saat lomba, kemudian pilihan kami jatuh pada pemanfaatan limbah plastik seperti botol minuman berbahan plastik dan kantung/pembungkus plastik lainnya sebagai bahan media pembelajaran Sistem Ekskresi pada Ginjal, kemudian kami latih siswa untuk presentasi dari karya media pembelajaran yang sudah kami buat ini, “terangnya.

“Syukur alhamdulillah, anak-anak kami cepat menguasai bagaimana memanfaatkan media pembelajaran dari limbah ini untuk dipresentasikan di hadapan dewan juri, sehingga mereka meraih juara 1, “tambahnya.

Kepala MTs Pesri Kendari, Imanul Muttaqin, bersyukur atas prestasi siswanya ini “Alhamdulillah, prestasi tidak berhenti diraih oleh peserta didik MTs Ummusshabri, yang kali ini bisa menjuarai event Biologi Season Part IX yang diselenggarakan oleh Universitas Halu Oleo. Hasil baik ini patut untuk disyukuri terlebih lagi seluruh peserta lomba berasal dari kelas 7 yang hampir 1 tahun mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model Hybrid Learning. “Olehnya itu, kesuksesan dalam event ini menjadi cerminan efektivitas penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di MTs Ummusshabri khususnya pada masa pandemi Covid-19, “tambahnya.

“Selamat buat siswa yang telah meraih prestasi dan ucapan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah mempersiapkan segalanya dengan baik untuk mengikuti kompetisi ini, teruslah berkreasi dan berprestasi, “harapnya.

Dewan Pembina bidang Pendidikan Yayasan Ummusshabri, H. Alimuddin K mengapresiasi capaian prestasi ini, “selamat buat MTs Ummusshabri atas prestasi yang dipersembahkan oleh siswa-siswinya, semoga prestasi ini menjadi pemicu dan pemacu untuk lebih baik lagi di masa mendatang, melalui inovasi program yang lebih terarah dan terukur.

“semoga prestasi demi prestasi yang terus dipersembahkan oleh MTs Ummusshabri tetap dipertahankan sebagai jawaban atas kepercayaan dari masyarakat terhadap lembaga ini, “harapnya.

Sumber : -
Penulis : Mohamad Anwar, S.Ag., M.Si / MA Pesri Kendari
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 52 kali