Minggu, 09 Mei 2021

H. Zainal Mustamin Sebut tiga tingkatan keberagamaan dalam islam

  • Selasa, 13 April 2021 17:04 WIB
H. Zainal Mustamin saat memberikan kultum

Kendari (Humas Sultra) --- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari dalam mengisi kegiatan amaliyah ramadhan rutin dilakukan kultum setelah shalat dzuhur di masjid Al Ikhlas Kemenag kota kendari, selasa, (13/4).

Pada awal ramadhan ini sebagai pengisi kultum adalah Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari H. Zainal Mustamin dalam kultumnya menyampaikan bahwa kegiatan kultum ini sebagai pembinaan bagi ASN lingkup Kemenag Kota Kendari.

Pada kultumnya ini Zainal Mustamin mengatakan bahwa ada 3 tingkat keberagaman dalam islam.

Pertama keberagamaan seseorang berada pada tingkat keyakinan dimana keyakinan pula terbagi dalam tiga tingkatan yang terdiri dari Ilmul yaqiin, 'ainun yaqiin dan haqqul yaqiin. Apabila seseorang yang telah sampai tahap haqqul yaqiin maka segala keyakinannya tidak ada yang dapat merubahnya.

Kedua keberagamaan seseorang berada pada tahap tingkat taqwa. Tingkatan ini hanya dapat di raih dengan jalan amal atau perbuatan yang baik. Salah satu perbuatan yang dapat meningkatkan ketaqwaan seseorang yaitu dengan berpuasa.

Selain dengan berpuasa ketaqwaan seseorang dapat meningkat pada tingkat muttaqin yang di tandai dengan kedermawanan seseorang terang Zainal Mustamin.

Ketiga keberagamaan seseorang berada pada tingkat kepasrahan diri seorang hamba atas apa yang menjadi takdir Allah. Sebagai contoh kepasrahannya untuk tidak melakukan pelanggaran, keterpangilan dalam melaksanakan ibadah dan bahkan keterpanggilan dalam melaksanakan tugas tugas yang diembanya pun menjadi salah satu bentuk kwalitas kebersarahan diri seorang, pungkas Zainal Mustamin
 

Sumber : -
Penulis : Arman Tri Wahyuono/Kemenag Kota Kendari
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 41 kali