Minggu, 09 Mei 2021

Kasubbag TU Pantau Pelaksanaan Vaksinasi Jamaah Haji Lansia

  • Senin, 29 Maret 2021 15:04 WIB
Pelaksanaan Vaksinasi Jamaah Haji Lansia di UPTD Puskesmas Wangi-Wangi

Wangi-Wangi (Humas Sultra) --- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wakatobi yang diwakili oleh Kepala Subbagian Tata Usaha, La Ode Alimaris, didampingi Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, La Ode Hasnan Karya, memantau pelaksanaan Vaksinasi Jamaah Haji Lansia di UPTD Puskesmas Wangi-Wangi (29/03).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian Persiapan pemberangkatan jamaah haji pada tahun 2021. Dari 88 Jamaah Haji yang rencananya akan diberangkatkan tahun ini, terdapat 28 Jamaah yang masuk kategori Lansia.

“Sambil menunggu, kita melaksanakan persiapan, salah satunya adalah vaksinasi Covid-19 sebagaimana yang disyaratkan oleh Pemerintah Arab Saudi” ungkap La Ode Alimaris.

“Kelompok lanjut usia (lansia) menjadi prioritas terlebih dahulu, sebab masyarakat dengan usia di atas 60 tahun memiliki potensi yang lebih berat jika terkena Covid-19, dibandingkan yang lebih muda” La Ode Alimaris menambahkan.

La Ode Alimaris menegasakan bahwa kendati telah mendapat vaksinasi, Jamaah harus tetap menerapkan protokol Kesehatan 5M demi menekan laju penyebaran Covid-19.

“Bukan berarti setelah mendapat vaksinasi jamaah boleh abai dengan protokol Kesehatan. Tetap kita terapkan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi demi menekan laju penyebaran Covid-19” pungkasnya.

Pelaksanaan vaksinasi pada empat kecamatan telah dilaksanakan terlebih dahulu. Jamaah Haji Kecamatan Binongko dan Togo Binongko mendapat kesempatan pertama melakukan Vaksinasi Covid-19 yakni pada 27 Maret kemarin. Selanjutnya disusul Kecamatan Tomia dan Tomia Timur yang di laksanakan pada hari berikutnya di Puskesmas Usuku.

Pada hari ini (29/03), pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan pada tiga kecamatan, yakni Kecamatan Kaledupa, Kecamatan Kaledupa Selatan, dan Kecamatan Wangi-Wangi, sementara pelaksanaan vaksinasi untuk Kecamatan Wangi-Wangi Selatan akan dilaksanakan pada esok hari (30/03).

Sumber : -
Penulis : Arjun, S.Pd/Kemenag Kab. Wakatobi
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 102 kali