Sabtu, 04 Desember 2021

Tim Pokja ZI Kanwil Kemenag Sultra Studi Banding di Kanwil Kemenag D.I Yogyakarta

  • Selasa, 23 Maret 2021 12:28 WIB

Kabag TU Kanwil Yogyakarta Berbagi Tips Pembangunan ZI Menuju WBK dan WBBM

Yogyakata, (Humas Sultra) --- Tim Kelompok Kerja Zona Integritas (ZI) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Prov. Sulawesi Tenggara, hari ini melakukan kunjungan dan studi banding di Kanwil Kemenag D.I Yogyakarta, Selasa (23/3) di Ruang Aula lantai 3. 

Studi banding tim ZI Kanwil Kemenag Sultra di Kanwil Kemenag D.I Yogyakarta ini, terkait Percepatan implementasi Reformasi Birokrasi melalui pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bebas dan Melayani (WBBM) tahun 2021. 

Kepala Bagian Tata Usaha (TU) Kanwil Kemenag Sultra H. Muhammad Basri yang bertindak sebagai Koordinator Kelompok Kerja (Pokja) ZI Kanwil Kemenag Sultra, dalam sambutannya mengatakan, jika kunjungan tersebut dalam rangka mempelajari bentuk layanan Kanwil D.I Yogyakarta, sehingga sarat prestasi dan bisa meraih predikat ZI WBK dan WBBM. 

"Kami merasa patut untuk belajar dan berguru di Kanwil Kemenag Yogyakarta. Kami akan mengoptimalkan waktu yang sedikit ini, untuk mengulik informasi, menggali persoalan dan belajar dari tim ZI Kemenag Yogyakarta," ungkap Muhammad Basri 

M. Basri lantas memberikan gambaran seputar Kanwil Kemenag Sultra. Dikatakannya, Kanwil Kemenag Sultra baru akan melaksanakan pembangunan ZI, yang kebetulan tahun ini mendapat alokasi dana rehabilitasi Kanwil, sehingga ingin melihat secara langsung sarana pelayanan. Sehingga dengan rehabilitasi itu, dapat meningkatkan layanan demi mewujudkan WBK dam WBBM. 

Diakuinya, perlunya perubahan mindset karena di Sultra masih ditemukan kejanggalan dalam pelayanan. Muhammad Basri lantas mengucapkan terimakasih atas sambutan hangat yang diberikan Kanwil Kemenag D.I Yogyakarta dengan harapan, apa yang diraih Kanwil Kemenag D.I Yogyakarta bisa diterapkan di Sultra. 

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag D.I Yogyakarta, M. Wahib mengatakan, untuk Kanwil Kemenag D.I Yogyakarta sendiri, dalam perjalanan Reformasi Birokrasi terus dilakukan secara berkesinambungan, dimulai tahun 2014 dengan menetapkan pilot project ZI WBK di Kemenag Kulon Progo dan Kemenag Kab. Bantul. 

"Kemudian di 2015 disemua Kemenag kab/kota, dan juga Kanwil Yogyakarta bersama memproklamirkan diri untuk menjadi ZI WBK. Perjalanan ini menuai beberapa hasil, diantaranya tahun 2017 menginisiasi dan melakukan inovasi pertamakali adanya PTSP," jelasnya. 

Bersamaan itu, lanjutnya, PTSP Kanwil Kemenag DI Yogyakarta ditetapkan sebagai percontohan untuk pembangunan PTSP yang ada di seluruh Kanwil Kemenag. 

"Kanwil Kemenag DI Yogyakarta juga telah melewati uji publik, dengan hasil nilai RB mengalami kenaikan menjadi 70 persen. Ditahun 2018, memperoleh predikat ZI WBK dari Menpan dan menjadi agen penggerak perubahan. Tahun 2019, Kemenag Bantul memperoleh predikat ZI WBK. Ditahun yang sama, terpilih salah satu KUA Kecamatan di dengan predikat pelayanan prima dari Menpan RB dengan inovasinya yang sederhana, yakni penggunaan WA untuk pelayanan nikah," urainya. 

Salah satu Kemenag juga dinobatkan menjadi WBBM dan mewakili satuan kerja yang meakukan pelayanan publik, dan mendapatkan penghargaan pelayanan Prima dengan nilai A. 

"Semua ini diperoleh dengan membangun kebersamaan terkait perubahan mindset. Tidak hanya berbasis dokumen, namun lebih mengarah pada bagaimana menggerakkan anggota dan warganya," imbuhnya. 

Ditambahkannya, Pelayanan KUA juga sudah melakukan beberapa penanganan gratifikasi dan semacamnya. Salah satu strategi, pelayanan KUA hanya sesuai peraturan pemerintah. Tidak boleh menerima imbalan dalam bentuk apapun. 

Studi banding di Kanwil Kemenag D.I Yogyakarta ini, rencananya akan berlangsung hingga 24 Maret besok. 

Acara di akhiri dengan penyerahan cinderamata dan foto bersama jajaran pimpinan Kanwil Kemenag DIY dengan Provinsi Sultra. 

Turut hadir menyambut, Kabag TU, Kakankemenag Kota Yogyakarta, Kabid, Kasubbag di lingkungan Kanwil Kemenag DIY. 

Selain itu Tim ZI Kemenag Sultra juga bertandang di Kemenag Kota Yogyakarta yang diterima langsung kepala sub bagian Tata Usaha Kemenag Kota Yogyakarta, Dra. Hj. Noor Imanah, M. Si.

Sumber : Tim ZI Kanwil Kemenag Sultra
Penulis : Wa Ode Asnani. S. IP
Editor : Syech
Dibaca : 202 kali