Sabtu, 24 Juli 2021

Kemenag Wakatobi dan Dinkes Koordinasi Pelaksanaan Vaksinasi Jamaah Haji

  • Senin, 22 Maret 2021 15:36 WIB
Kepala Kemenag Wakatobi bersama Kasi PHU melakukan Koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Wakatobi

Wangi-Wangi (Humas Sultra) --- Berdasarkan Kalender Hijriyah dan asumsi normal, pemberangkatan jamaah haji Indonesia tahun 1442H/2021M untuk kloter pertama diperkirakan akan dilaksanakan pada tanggal 4 Dzulqa’dah atau 15 Juni 2021. Kendati belum ada penetapan resmi dari Pemerintah Arab Saudi, Pemerintah melalui Kementerian Agama terus melaksanakan persiapan terkait pelaksanaan Ibadah haji.

Senin (22/03) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wakatobi Muchtar, S.Ag.,M.A.  didampingi Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, La Ode Hasnan Karya, SE melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Wakatobi terkait persiapan Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 pada Jamaah Haji Kategori Lansia di Kabupaten Wakatobi.

Muchtar menyampaikan bahwa vaksinasi merupakan salah satu kriteria yang harus dipenuhi jamaah sebelum diberangkatkan. Ia juga mengatakan bahwa pihaknya akan terus melaksanakan persiapan sambil menunggu pengumuman resmi dari Pemerintah Arab Saudi.

“Dari 88 Jamaah Haji kita tahun ini, terdapat 28 Jamaah yang masuk kategori Lansia dan pelaksanaan vaksinasi untuk kategori tersebut diwajibkan harus selesai di bulan ini” ungkap Muchtar

“Vaksinasi COVID-19 merupakan syarat yang diwajibkan oleh Pemerintah Arab Saudi". jelasnya.

"Persiapan akan terus kita lakukan sambil menunggu perkembangan situasi dan pengumuman resmi dari Pemerintah Arab Saudi”. sambungnya.

“Kita berharap, seandainya ada pengumuman keberangkatan dari pemerintah Arab Saudi, maka jamaah kita telah siap untuk diberangkatkan” pungkasnya

Senada dengan ha itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Wakatobi melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Nurhida, SKM, mengatakan bahwa persiapan pelaksaan Ibadah Haji tahun 2021 akan terus berjalan sembari menunggu pengumuman resmi dari Pemerintah Arab Saudi.

“Sambil menunggu informasi dari Arab Saudi terkait pelaksaan haji, persiapan tetap akan kita lakukan, mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga pelaksanaan vaksiniasi” ungkap Nurhida

“Pelaksanaan Vaksinasi pada kategori lansia (60 tahun keatas) akan dilaksanakan pada bulan ini, sementara untuk jamaah yang berusia antara 18 s/d 59 tahun akan dilaksanakan pada April mendatang”. terangnya.

Sumber : -
Penulis : Arjun, S.Pd/Kemenag Kab. Wakatobi
Editor : Syech
Dibaca : 252 kali