Senin, 14 Juni 2021

Kabid Penmad Kanwil Kemenag Sultra Launching Program Literasi dan Program Go Green Madrasah MAN 1 Baubau

  • Kamis, 18 Maret 2021 17:29 WIB
Foto sesaat setelahlauncing Galampa Literasi dan Launcing Program Go Geen Madrasah MAN 1 Baubau (dari kiri ke kanan Kepala MAN 1 Baubau, La Marihi, M.

Baubau-SalamSahabat Religi# (Humas-Sultra)--- Kamis, 17/03/21   Kepala Kantor Wilayah (Kanwil)  Kemneterian Agama (Kemenag)  Provinsi Sulawesi Tenggara yang diwakili oleh Kabid (Kepala Bidang) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kanwil Kemenag Prov. Sultra melauncing  dua program kegiatan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Baubau, Kamis, 18 Maret 2021. Program  yang pertama adalah  Galampa Literasi Madrasah atau Teras Literasi  Sekolah sebagai tempat kegiatan menumbuhkan bakat dan minat baca serta sebagai tempat  meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa. Program kegiatan yang kedua dilaunching adalah Program Go Green Madrasah atau gerakan membangun madrasah atau sekolah hijau.

 

Kegiatan Launching Galampa Literasi Madrasah dikemas dalam acara Cofee Moorning Madrasah. Kegiatan inipula  ditandai  dengan  penyerahan Buku Kumpulan Puisi karya siswa yang berjudul Bingkai Peradaban dan buku Kumpulan Puisi Karya Guru MAN 1 Baubau (Nurmin,  S.Pd.) dari Kepala  MAN  1 Baubau, La Marihi kepada Kabid Penmad Kanwil Kemenag Prov. Sultra, H. Muh. Saleh. 

 

Kegiatan Launching Program Go Green Madrasah  ditandai dengan penanaman pohon secara simbolis yaitu dua pohon alpukat dan dua pohon jambu. Keempat pohon tersebut masing-masing ditanam oleh  yang ditamnam oleh Kabid Mapenda Kanwal Kemenag Prov. Sultra dan Kepala Kantor kemenag kota Baubau (H. Rahman Ngkaali) untuk dua pohon Alpukat; serta dua pohon jambu yang ditanam oleh Kepala Kantor Kemenag Butur (La  Rija) dan Kepala Kantor  Kemenag Buton selatan (H. Muhtar).

 

Dalam sambutannya, H. Muh. Saleh mengajak segenap Dewan Guru MAN  1 Baubau   agar bersinergi untuk membangun madrasah karena membangun madrasah itu merupakan bentuk  syiar agama kepada masyarakat.  lebih lanjut, Kabid Penmad mengajak kepada Guru Madrasah , “Untuk membangun madrasah, mari kita aplikasikan empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu kompetensi paedagogis, kompetensi sosial, kompetensi profesional, dan kompetensi kepribadian,” Ajak  H. Muh. Saleh penuh harap.

 

Untuk program literasi, H.Muh.Saleh mengharapkan agar  guru menjadi penggerak kegiatan literasi di madrasah, minimal menanamkan budaya baca kepada siswa. Hal ini dikarenakan gerakan lierasi ini merupakan upaya yang melibatkan seluruh civitas akademika  madrasah baik guru, peserta didik, orang tua atau wali murid dan masyarakat. Oleh karena itu, melalui sambutannya pula, H.Muh. Saleh menjanjikan satu hal yang menggembirakan bagi  para kepala madrasah. “Berkaitan dengan upaya membangun madrasah,   setelah lebaran nantii, saya mengajak kepada seluruh kepala madrasah di Sultra untuk melihat kerjasama antara pihak madrasah, orang tua siswa atau komite madrasah dalm membangun madrasah di MAN  2  Malang,”, Ungkapnya yang disambut dengan tepuk tangan meriah dari segenap hadirin. (Win)

Sumber : -
Penulis : Dra. Wine Mulhamah, S.Pd/MAN 1 Bau Bau
Editor : Wa Ode Asnani. S. IP
Dibaca : 115 kali