Rabu, 20 Oktober 2021

Sekda Busel Tutup STQH, Kankemenag: Pemerintah dan Masyarakat Kompak Tingkatkan Kualitas Qori-qoriah Buton Selatan

  • Senin, 08 Maret 2021 13:21 WIB

Batauga,  (Humas Sultra) --- Bupati Kab. Buton Selatan (Busel) yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. La Siambo resmi menutup Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadist (STQH) ke-III tingkat Kabupaten Buton Selatan tahun 2021.

Penutupan STQH ke-III Tingkat Kabupaten Buton Selatan berlangsung di Gedung Lamaindo, Batauga, Minggu, 7 Maret 2021.

Turut hadir unsur Forkopimda, Kakan Kemenag Buton Selatan, beberapa Kepala OPD, Kabag, Dewan Hakim, para Camat, Kepala KUA, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Official dan peserta STQH ke-III Tingkat Kabupaten Buton Selatan.

Hal yang ditunggu-tunggu oleh seluruh Peserta dan Official adalah pengumuman keputusan dewan hakim tentang para pemenang disetiap kategori yang dilombakan. Berdasarkan Surat Keputusan Dewan Hakim Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadist (STQH) ke-III tingkat Kabupaten Buton Selatan ditetapkan juara umum I diraih oleh Kecamatan Sampolawa disusul Kecamatan Batauga dan Kecamatan Lapandewa.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, La Ode Muh. Yusuf Hibali, S.Sos., M.Si yang menjabat ketua Panitia dalam pelaksanaan STQH ke-III dalam laporannya menyampaikan Bahwa pelaksanaan STQH kali ini telah berlangsung dengan hikmat dan berjalan dengan baik serta seluruh sarana dan prasarana telah terpenuhi Serta tingkat partisipasi peserta yang mengikuti lomba STQ ke-III ini cukup tinggi, hal ini ditandai dengan cabang lomba yang hampir semua terisi kecuali cabang Tafsir Al Qur’an Golongan Bahasa Arab.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buton Selatan, Drs. H. Mukhtar, S.Pd.i dalam sambutannya bersyukur atas suksesnya pelaksanaan STQH ke-III tingkat Kab. Buton Selatan. Selain itu, H. Mukhtar juga memberikan ucapan selamat kepada para juara STQH serta juga memberikan semangat kepada peserta yang belum mendapat juara dengan mengharapkan tidak berkecil hati, tetapi teruslah belajar untuk mendapat hasil yang baik kedepannya.

Lebih lanjut H. Mukhtar mengingatkan pemerintah dan masyarakat agar kompak menjaga kebersamaan dalam menjaga kualitas dan keberlangsungan Qori-Qoriah di Kab. Busel.

"Untuk mempertahankan ataupun meningkatkan kualitas anak-anak kita, tidak cukup hanya bergantung pada TPA/TPQ saja, pemerintah dan masyarakat harus bersama-sama membentuk Pondok-pondok pesantren atau paling tidak membentuk rumah-rumah tahfidz yang nantinya bisa menjadi markas lahirnya Qori-qoriah, Hafiz-hafizah dan mufassir-mufassirah terbaik dari Kab. Buton Selatan dengan menghadirkn guru-guru terbaik. Ini juga nantinya akan menjadi salah satu bentuk ikhtiar Pemkab Busel dalam meningkatkan SDM Buton Selatan," terang H. Mukhtar.

Di akhir sambutanya H. Mukhtar mengapresiasi kepada pihak-pihak yang turut berpartisipasi dalam pelaksanaan STQH ke-III tingkat Kab. Buton Selatan.

"ucapan terima kasih, apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bupati Buton Selatan, Sekda dan seluruh unsur pimpinan Forkompinda, Dewan Hakim serta peran Kabagkesra dan jajarannya, Kepada para camat dan Kepala KUA, Official serta peserta dalam partisipasinya sehingga seluruh rangkaian pelaksanaan lomba seleksi Tilawatil Quran dan Hadis ini dapat berjalan dengan sukses. Terkhusus, ucapan terima kasih kepada Dinas Kesehatan yang selalu menjaga kesehatan khafilah dan menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan STQH, muda-mudahan kebersamaan kita dalam kegiatan seperti ini terus terjaga dan InsyaAllah Keberadaan kita dalam menyukseskan kegiatan ini menjadi nilai Ibadah disisi Allah SWT," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Buton Selatan, La Ode Arusani dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Busel juga menjabat sebagai Ketua LPTQ, Drs. La Siambo menyampaikan apresiasi kepada Dewan Hakim, panitia, official serta peserta terselenggaranya Seleksi Tilawah dan Hadist (STQH) ke-III tingkat Kabupaten Buton Selatan Tahun 2021. La Siambo juga menitip pesan kepada peserta yang berhasil keluar sebagai juara dan akan mewakili Buton Selatan pada tingkat Provinsi agar lebih giat lagi berlatih.

"Pada kesempatan ini saya berpesan kepada para qari-qariah, hafizh-hafizhah, mufassir-mufassirah yang meraih prestasi pada STQH ini agar jangan berbangga diri, karena prestasi yang telah kalian raih memiliki konsekuensi dalam rangka mempersiapkan diri untuk tetap berlatih, sehingga pada gilirannya bisa membawa nama baik daerah kita Kabupaten Buton Selatan pada pelaksanaan STQH ke III tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara pada bulan April yang akan datang. Dan kepada yang belum meraih prestasi pada penyelenggaraan STQH kali ini, agar jangan berkecil hati, teruslah berlatih dan memacu diri untuk bisa mewujudkan prestasi pada pelaksanaan STQH maupun MTQ ditahun-tahun mendatang," jelas La Siambo.

Sumber : -
Penulis : Abdusshidiq Fahimuddin / Kemenag Busel
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 376 kali