Senin, 14 Juni 2021

Tutup MTQ XV Kolut 2021, Wakil Bupati Kolut Harapkan Syiar Islam Terus Berkembang

  • Jum'at, 19 Februari 2021 09:40 WIB
Wakil Bupati Kolut H. Abbas saat memberikan sambutan pada Penutupan MTQ XV Kolaka Utara Tahun 2021

LASUSUA (Humas, Sultra) - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XV Tingkat Kolaka Utara Tahun 2021 yang diselenggarakan selama empat hari 15 hingga 18 Februari 2021 telah ditutup secara resmi oleh H. Abbas Wakil Bupati Kolaka Utara.

Pada kesempatan ini, Asisten III Ashar juga selaku ketua panitia penyelenggara MTQ XV Kolut menyampaikan laporan panitia pelaksana. Ia menuturkan bahwa pelaksanaan MTQ ke-15 ini berjalan dengan baik, aman, tertib dan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Tak lupa, ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu dalam pelaksanaan MTQ ini baik secara moril maupun materiil.

Sementara itu, Kepala Kankemenag Kolut H. Muhamad Kadir Azis dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan MTQ merupakan wahana dalam memacu perkembangan tilawah, hafalan, serta pendalaman terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam kitab suci Al-Quran dan Al-Hadits. Harapannya, dengan diselenggarakannya MTQ ini dapat menjadi sarana untuk menambah wawasan, penghayatan, serta cinta terhadap kitab suci Al-Quran yang merupakan tuntutan hidup umat muslim.

Kadir Azis juga berpesan kepada seluruh pemenang yang nantinya akan melanjutkan kompetisi ke tahap-tahap selanjutnya agar mempersiapkan diri dan terus mengasah kemampuan dalam persiapan menghadapi STQ yang akan dilaksanakan di Kota Kendari pada April mendatang.

Selanjutnya H. Abbas dalam sambutannya menyampaikan walaupun pelaksanaan MTQ telah berakhir namun semangat menyebarkan nilai-nilai Islam tidak berakhir.

“Kendati kegiatan MTQ telah berakhir, kita semua tentu berharap agar hikmah dan tujuan pelaksanaan MTQ tidak ikut berakhir. Kita berharap agar syiar Islam tetap berkembang dan terus berkembang, demikian juga dengan tekad kita untuk membumikan Al-Quran di Kolaka Utara mudah-mudahan tidak redup hanya karena berakhirnya pelaksanaan MTQ ini.” Tuturnya

Ia juga menyampaikan kepada para peserta yang belum berkesempatan untuk menang agar tidak berputus asa dan terus mengasah kemampuan untuk dapat berkompetisi pada kesempatan yang lain.   

Menutup sambutannya, ia berharap agar kualitas MTQ semakin meningkat dari sisi jumlah peserta maupun kualitas pesertanya melalui usaha dari semua pihak yang terkait.

Penutupan MTQ ini diakhiri dengan pengumuman juara dan pembagian piala bagi para pemenang dalam MTQ XV Kolut. Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kolaka Utara, Forkopimda Kab. Kolaka Utara, pimpinan OPD, Camat dan Kepala KUA se-Kolut, serta perwakilan kafilah 15 kecamatan.

Pelaksanaan acara ini tetap memperhatikan protokol kesehatan COVID-19 dengan mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Sumber : Annisa Dwiana Putri
Penulis : Sabri, SE/Kemenag Kab. Kolut
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 180 kali